Ini Pentingnya Sunblock Badan untuk ke Pantai, Cegah Sunburn


  • Ini Pentingnya Sunblock Badan untuk ke Pantai, Cegah Sunburn
    Pentingnya sunblock untuk ke pantai. (Photo by Freepik)

    Sunblock badan merupakan salah satu barang penting yang perlu dibawa saat berlibur ke pantai. Mengaplikasikan sunblock bisa memberikan perlindungan maksimal pada kulit seluruh tubuh dari paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama saat kamu menghabiskan aktivitas liburan sepanjang hari di pantai, baik itu hanya bermain air, water sports, ataupun berjemur sambil ditemani suara ombak. Seperti yang diketahui, paparan sinar ultraviolet bisa sangat berbahaya untuk kulit, termasuk bisa menyebabkan sunburn, photoaging, melasma, mempercepat penuaan dini, warna kulit tidak merata, dan bahkan bisa meningkatkan risiko kanker kulit. 


    Berikut ini alasan pentingnya memakai sunblock badan untuk pantai, termasuk cara memilih sunblock badan yang tepat dan cara mengaplikasiannya. Simak!




    Apa itu sunblock? Dan mengapa penting memakai sunblock?


    (Sunblock badan untuk pantai. Photo by freepic.diller on Freepik)


    Sunblock adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunblock bekerja dengan cara memblokir atau menghalangi paparan sina UVA dan UVB—bertindak seperti skin barrier—sehingga tidak bisa menembus lapisan kulit, membuatnya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara maksimal. Sunblock umumnya mengandung bahan-bahan seperti zinc oxide atau titanium dioxide, yang menjadi penghalang fisik antara kulit dan sinar matahari yang berbahaya. 


    Beraktivitas sepanjang hari di pantai tanpa adanya perlindungan maksimal untuk kulit, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk sunburn, photoaging, melasma, mempercepat penuaan dini, warna kulit tidak merata, dan bahkan bisa meningkatkan risiko kanker kulit. 


    Jika dibandingkan dengan sunscreen, sunblock biasanya lebih terasa tebal atau thick di kulit. Itu karena bahan-bahan di dalamnya yang menciptakan formula kental untuk memberikan penghalang fisik yang bisa melindungi kulit secara optimal. Sunblock juga seringkali memiliki Sun Protection Factor (SPF) yang menunjukkan sejauh mana produk tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. SPF 30 atau lebih tinggi cenderung lebih disarankan untuk memberi perlindungan yang efektif pada kulit. 


    Sebelum beraktivitas di pantai, aplikasikan sunblock secara merata pada kulit. Lalu, aplikasikan kembali sunblock setelah dua atau tiga jam pemakaian, atau setelah berenang, berkeringat, dan melakukan aktivitas lainnya yang memungkinkan sunblock luntur. Itu dilakukan untuk menjaga efektivitas perlindungan sunblock pada kulit. 

    Selain menggunakan sunblock badan saat beraktivitas di pantai, kamu juga disarankan untuk menggunakan pakaian pelindung UV, topi, dan kacamata hitam sebagai perlindungan tambahan sehingga bisa mencegah paparan sinar matahari langsung ke kulit. 


    Memilih Sunblock Badan untuk Pantai yang Tepat


    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih sunblock badan untuk pantai yang tepat, antara lain: 


    1. Memiliki SPF (Sun Protection Factor)

    (Sunblock badan untuk pantai. Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


    Sebelum memilih atau membeli sunblock badan, pastikan produk memiliki SPF (Sun Protection Factor) yang menunjukkan sejauh mana sunblock dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Disarankan untuk memilih sunblock yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi untuk memberi perlindungan yang efektif pada kulit. 


    2. Memiliki kandungan pelembap


    Selain memiliki kandungan Sun Protection Factor, pastikan juga sunblock untuk badan mengandung pelembap yang bisa melindungi kulit dari paparan matahari sekaligus membantu menjaga kelembapan kulitmu di bawah matahari. 


    3. Sesuaikan dengan jenis kulit


    Pastikan sunblock yang kamu pilih dan gunakan sesuai dengan jenis kulit, untuk menghindari timbulnya reaksi seperti alergi dan gatal-gatal.


    4. Tahan air


    Jika kamu berencana untuk berenang atau melakukan aktivitas air lainnya, pilih dan gunakan sunblock untuk badan yang tahan air. Itu akan membantu menjaga efektivitas perlindungan sunblock pada kulit, meskipun terkena air


    5. Perhatikan kandungan di dalam sunblock


    Sebelum membeli sunblock untuk badan, perhatikan kandungan di dalamnya. Pastikan sunblock mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang bisa menjadi penghalang fisik antara kulit dan sinar matahari yang berbahaya, untuk melindungi kulit secara maksimal. Perhatikan juga kandungan lain di dalam sunblock untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan reaksi alergi, masalah kulit, atau pun merusak kulit kamu. 



    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Tabir Surya untuk Kulit Sensitif)


    Cara Mengaplikasikan Sunblock yang Benar


    Supaya sunblock untuk badan bisa bekerja secara optimal, pastikan kamu mengaplikasikan sunblock dengan benar, meliputi: 


    1. Gunakan dengan jumlah yang cukup


    (Sunblock badan untuk pantai. Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


    Aplikasikan sunblock dalam jumlah yang cukup untuk seluruh tubuh. Banyak orang yang sering kali menggunakan sunblock dalam jumlah yang terlalu sedikit, yang dapat mengurangi efektivitas perlindungannya. Sebagai panduan, kamu disarankan menggunakan sekitar satu ons (sekitar satu sendok makan) sunblock untuk menutupi seluruh tubuh.


    2. Gunakan secara merata


    Aplikasikan sunblok untuk badan secara merata, agar bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara efektif. Oleskan sunblock sekitar 15-30 menit sebelum kamu beraktivitas atau berjemur di bawah sinar matahari.


    3. Gunakan pula sunblock pada bagian tubuh yang tertutup


    (Sunblock badan untuk pantai. Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


    Selain mengaplikasikan sunblock pada bagian tubuh yang terbuka, aplikasikan juga sunblock pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian. Faktanya, sinar matahari masih bisa menembus lapisan kain sehingga penting untuk tidak melewatkan pengaplikasikan sunblock pada bagian-bagian tubuh yang tertutup tersebut. 


    4. Aplikasikan kembali sunblock setiap beberapa jam


    Sama seperti sunscreen, sunblock juga perlu diaplikasikan ulang setiap dua atau tiga jam, atau bahkan lebih sering yakni setelah berenang, berkeringat, dan melakukan aktivitas lainnya yang memungkinkan sunblock luntur dan mengurangi efektivitas perlindungannya. 


    (Baca Juga: Ini Efek Memakai Sunscreen di Malam Hari, Positif & Negatif!)


    Itulah alasan pentingnya memakai sunblock badan untuk pantai, termasuk cara memilih sunblock badan yang tepat dan cara mengaplikasiannya. 





    (Penulis: Calvin)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below