Sex & relationship

Anti Ribet! Ini 3 Cara Menghadapi Pasangan yang Egois

By : Her World Indonesia - 2023-11-08 20:00:02 Anti Ribet! Ini 3 Cara Menghadapi Pasangan yang Egois

Sifat egois dapat dikatakan sebagai hal alamiah yang sudah ada dalam diri setiap manusia. Setiap manusia pastinya memiliki pemikiran untuk mementingkan dirinya terlebih dahulu dibandingan kepetingan bersama. Sama halnya dalam sebuah hubungan, terkadang salah satu pasangan akan terlihat sangat menjengkelkan ketika bertindak semaunya saja tanpa mempertimbangkan keberadaan pasangannya. 


Tidak dapat dimungkiri, hal ini sering kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, sifat ini dapat berubah menjadi hal yang sangat negatif bila sudah berada di luar batas kewajaran. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi pasangan yang egois?



(Cara menghadapi pasangan yang egois. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pixels)

(Baca Juga: Jangan Biarkan Jadi Beban! Ini 4 Cara Menghadapi Suami Egois)


1. Mulai dengan komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalin suatu hubungan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kamu dapat menghadapi keegoisan pasangan dengan tidak banyak mengeluh. Banyak mengeluh hanya akan membuatnya semakin defensif dan susah untuk diajak berkomunikasi secara lebih mendalam. 


Jika kamu berada dalam situasi berbeda pendapat dengan pasangan, maka usahakan untuk menjelaskan pendapatmu. Tidak baik bila pasangan selalu merasa benar dan kamu hanya diam saja melihat hal ini. Diskusikan dan berikan penjelasan kamu dengan baik. Ketegasan juga dibutuhkan dalam hal ini agar pasangan tidak menjadi buta dengan keegoisan dirinya.


2. Memberi pujian

Ada saat di mana pasangan kamu mungkin terlihat sangat egois, tetapi ada satu masa di mana dia masih mau mendengarkan perkataanmu. Hal ini menandakan bahwa di dalam hatinya, masih ada ruang untuk kamu. Memberikan pujian saat dia menawarkan diri untuk membantu atau mendengarkan cerita darimu dapat membuatnya melihat keberadaanmu secara penuh dalam hubungan yang sedang kalian jalin. Pujian ini dapat kamu berikan setiap hari tanpa menunggu hal besar yang dapat dia lakukan.



(Cara menghadapi pasangan yang egois. Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

3. Cari tahu dari mana sifat ini berasal

Kamu juga dapat mencari tahu apa penyebab dari sifat egois dari pasanganmu. Mungkin saja ada pengaruh pengalaman di masa lalu, faktor lingkungan keluarga, atau terdapat permasalahan yang belum terselesaikan di antara kamu dan dia. Cari sampai ke akar permasalahan karena mungkin saja selama ini sifat egois tersebut berasal dari hal-hal tadi.


(Baca Juga: Kenali 4 Ciri-Ciri Pria Egois dalam Hubungan)


Dalam menghadapai pasangan yang egois, kesabaran memang diperlukan. Akan tetapi, ada saatnya untuk kamu berani mengambil sikap tegas bila sifat pasanganmu sudah di luar batas. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu kamu dalam membangun hubungan yang lebih baik bersama pasangan. 


(Penulis: Romy Boy)

Sex & relationship