Life & health

Berjemur di Pagi Hari, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan!

By : Her World Indonesia - 2023-11-16 15:00:01 Berjemur di Pagi Hari, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Berjemur di pagi hari bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Mendapatkan sinar matahari di pagi hari bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami dan meningkatkan kadar serotonin. Seperti yang diketahui vitamin D kaya akan antioksidan yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, sedangkan peningkatan kadar serotonin terbukti meningkatkan kualitas tidur di malam hari—juga ikut berperan penting untuk menjaga kesehatan. Dalam artikel ini, Herworld akan menjabarkan secara lengkap beberapa manfaat berjemur di pagi hari. Simak!


1. Meningkatkan Kualitas Tidur Di Malam Hari


(Manfaat berjemur di pagi hari. Photo by Ketut Subiyanto on Pexels)


Sebuah studi menurut Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari selama 10-15 menit secara teratur dapat membantu tertidur lebih cepat dan bangun dengan lebih segar—meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Selain itu, sinar matahari pagi juga berperan penting dalam mengatur dan mempertahankan ritme sirkadian alami tubuh. Dengan kata lain, secara teratur mendapatkan sinar matahari pagi dapat membantu mengatur dan mempertahankan ritme sirkadian alami tubuh agar sinkron dengan siklus alami pagi-malam. Jadi, kamu akan otomatis terbangun saat pagi hari dan tertidur di malam hari. Memiliki ritme sirkadian alami yang teratur seperti ini akan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan. 

Sebuah penelitian tahun 2009 dalam Environmental Health Journal menemukan bahwa, paparan sinar matahari di pagi hari secara singkat tetapi teratur dapat membantu orang yang menderita gangguan tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari. 


2. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Selain membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Paparan sinar matahari di sekitar waktu ini mampu mengubah energi menjadi pro-vitamin D yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit, seperti melembapkan, menenangkan kulit dari peradangan, bisa menjadi tabir surya alami untuk kulit. Berjemur di pagi hari juga bisa mencegah terjadinya glikosilasi kolagen, atau rusakanya protein kolagen pada tubuh akibat dari gula darah yang tinggi, yang bisa mempercepat proses penuaan dini. Itu artinya, berjemur di pagi hari bisa mencegah terjadinya penuaan dini secara tidak langsung pada kulit.

Ditambah, sinar matahari mampu merangsang produksi melanin alami di dalam tubuh, yang dapat memberikan perlindungan terhadap efek berbahaya sinar UV. Sinar matahari juga memiliki efek anti inflamasi pada kulit sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan, gatal, dan tanda peradangan lain yang disebabkan oleh berbagai kondisi kulit.


3. Mengurangi Risiko Depresi

(Manfaat berjemur di pagi hari. Photo by Savannah Dematteo on Pexels)


Mendapatkan sinar matahari pagi hari bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Ini karena—seperti yang diketahui—mendapatkan sinar matahari di pagi hari bisa memicu tubuh melepaskan hormon serotonin, yang tidak hanya bermanfaat meningkatkan kuaitas tidur di malam hari, tetapi juga bermanfaat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi risiko depresi. Sinar matahari juga bisa memicu tubuh melepaskan hormon dopamin dan beta endorfin, yang ikut berperan penting dalam memunculkan rasa bahagia dan mengurangi stres.


4. Mencegah Gangguan Pada Tulang


Paparan sinar matahari di pagi hari dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin D dapat bermanfaat mencegah adanya gangguan pada tulang. Ini karena vitamin D memiliki peran penting dalam proses penyerapan kalsium di tubuh, yang bisa membantu menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis atau peradangan pada sendi.


5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Penting untuk diketahui bahwa memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Itu artinya, bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit autoimun, penyakit jantung, sklerosis, hingga jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, mendapatkan sinar matahari di pagi hari secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Meskipun begitu, asupan makanan bergizi yang dipenuhi vitamin D juga diperlukan—masih memainkan peran penting—untuk menjaga kadar vitamin D di dalam tubuh, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit. 


6. Meningkatkan Fungsi Otak


Berjemur di pagi yang dilakukan secara rutin ternyata juga bisa bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif dan memicu pertumbuhan sel saraf pada hipokampus. Sel ini merupakan bagian dari otak yang bertugas dalam mengatur, membentuk, dan menyimpan memori. Jadi, mendapatkan paparan sinar matahari pagi hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. 


7. Mengurangi Gejala Alzheimer


Alzheimer merupakan salah satu penyakit pada otak yang bisa menyebabkan penurunan daya ingat yang disertai dengan menurunnya kemampuan dalam berpikir, berbicara, dan adanya perubahan perilaku. Meskipun Alzheimer umumnya dialami oleh orang usia lanjut, tetapi penting untuk menjaga kesehatan otak sejak dini untuk mengurangi risiko Alzheimer di kemudian hari. Dan, paparan sinar matahari mengaktifkan wilayah otak yang meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kinerja kognitif. Sinar matahari ini mengaktifkan sel-sel yang berperan penting untuk pembentukan memori dan daya ingat, serta sel-sel yang berperan penting untuk pengaturan suasana hati dan kesehatan otak secara keseluruhan.


8. Menurunkan Tekanan Darah


Berdasarkan sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa, berjemur di pagi hari bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian tersebut menemukan bahwa, senyawa oksida nitrat (NO) yang disimpan di lapisan atas kulit bereaksi terhadap sinar matahari dan menyebabkan pembuluh darah melebar saat senyawa NO tersebut berpindah ke aliran darah. Hal itu, pada gilirannya, dapat membantu menurunkan tekanan darah.



Itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari yang perlu kamu diketahui. Yuk, mulai rutin berjemur di pagi hari!





(Penulis: Calvin)


Life & health