Hair & beauty

Anti Luntur, Ini 6 Urutan Make Up agar Tahan Lama

By : Her World Indonesia - 2023-11-02 17:00:02 Anti Luntur, Ini 6 Urutan Make Up agar Tahan Lama

Kamu pernah enggak mengalami make up yang sangat cepat luntur? Bahkan, hanya dapat bertahan setengah hari saja. Nah, mungkin saja cara kamu menggunakan make up masih belum sesuai dengan urutan yang benar. Lalu, bagaimana urutan make up yang benar agar dapat bertahan lama? Yuk, disimak!


(Baca Juga: 7 Rekomendasi Pembersih Make-Up Untuk Kulit Berjerawat)


1. Face primer

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan face primer. Beberapa orang sering kali melupakan langkah ini padahal face primer sangat membantu untuk menutup pori-pori wajah. 


Selain itu, face primer juga berguna untuk memperhalus wajah kamu sehingga nantinya lebih siap untuk dipoles dengan produk selanjutnya. Untuk hasil yang lebih masksimal, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap dan sunscreen sebelum menggunakan face primer.  


2. Foundation


(Gunakan foundation untuk menyamarkan noda di wajah. Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

Langkah selanjutnya adalah menggunakan foundation. Foundation berguna untuk menyamarkan noda yang ada di wajah dan meratakan warna kulit wajah kamu. Jika kamu menginginkan make up yang berat, maka dapat menggunakan foundation. Akan tetapi, bila kamu menginkan base make up yang tidak teralalu berat, maka dapat memilih cushion. Cushion ini identik sebagai salah satu make up Korea yang dapat melembapkan kulit wajah.


3. Bedak

Setelah kamu menggunakan face primer dan foundation, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak. Bedak ini berguna agar beberapa produk yang tadi sudah kamu pakai dapat bertahan lebih lama. Kamu dapat memilih jenis bedak dengan ukuran yang praktis seperti compact powder


(Baca Juga: 3 Rekomendasi Alat Make-Up Natural Untuk Pemula, Penasaran?)


4. Perona pipi

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan perona pipi atau blush on. Produk satu ini akan membuat kamu terlihat lebih fresh dan merona secara alami. Jangan lupa untuk memilih perona pipi yang sesuai dengan warna kulit kamu. Terdapat beberapa jenis perona pipi yang dapat kamu pilih, mulai dari powder blush, liquid blush, cream blush, stick blush, dan blush paper


5. Pensil alis

Setiap orang mempunyai bentuk atau garis alis yang berbeda-beda. Kamu dapat menggunakan pensil alis untuk menggambar alis agar terlihat lebih natural dan rapi. 


6. Lipstik


(Sempurnakan penampilan kamu dengan lipstik atau lip tint. Foto: Dok. Sam Lion/Pexels)

Di urutan terakhir, sempurnakan penampilan kamu dengan lipstik atau lip tint. Sebelum menggunakan lipstik, pastikan bibir kamu sudah dalam keadaan lembap agar nantinya lipstik dapat bertahan lama. Lipstik ini lebih cocok digunakan bila kamu menggunakan make up bold, sedangkan untuk tampilan yang lebih ringan lip tint dapat menjadi pilihan kamu. 


(Baca Juga: Tips Penting Dapatkan Make Up Natural Ala Korea)


Itu dia urutan make up agar tahan lama yang dapat kamu ikuti. Sekarang, make up kamu bisa tetap on poin walau harus beraktivitas seharian di luar rumah. 


(Penulis: Romy Boy)


Hair & beauty