Fashion

RiaMiranda x Mang Moel, Kolaborasi Fashion dengan Seni Rajut

By : Natasha Fitrand - 2023-10-16 17:00:02 RiaMiranda x Mang Moel, Kolaborasi Fashion dengan Seni Rajut

Terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk berekspresi. Bagi RiaMiranda, ia mengekspresikan koleksi terbarunya melalui sebuah karya seni istimewa sebagai hasil kolaborasi dengan seniman ternama Indonesia Mulyana, atau biasa dikenal dengan nama Mang Moel.

Bertajuk “Seanergy”, koleksi kolaborasi ini menjadi bentuk harmonisasi antara fashion dan kekayaan laut yang masing-masing menggambarkan identitas serta ciri khas dari kedua pihak tersebut. RiaMiranda sendiri merupakan brand fashion modest yang telah berdiri sejak tahun 2009 dan terkenal dengan sentuhannya yang feminin dan elegan.




(Baca Juga: Sambut Hari Raya dengan Koleksi "SANGSATA" dari Ria Miranda)


Sementara, seniman kontemporer Mang Moel yang berasal dari Yogyakarta ini terkenal dengan teknik merajutnya yang senantiasa mengangkat tema kehidupan laut yang penuh rahasia dan misteri, “saya memang membuat karya dengan bentuk visual biota laut sebagai ekosistem dari Monster Gurita. Kemudian saya merespon energi positif yang muncul dari bentuk-bentuk karya RiaMiranda,” ujar sang seniman. Warna antara RiaMiranda dan Mang Moel pun melebur menjadi satu pada koleksi kolaborasi ini, menjadikannya bentuk sinergi yang sempurna.

Koleksi kolaborasi ini sendiri menandai pertama kalinya RiaMiranda bekerja sama dengan seorang seniman. “Saya melihat banyak yang bisa dieksplorasi dari karya Mang Moel untuk diterapkan dalam ready to wear dan aksesori RiaMiranda, dengan tema biota laut yang kaya akan ragam warna yang menarik. Karya Mang Moel juga menyadarkan saya untuk pentingnya menjaga lingkungan terutama biota bawah laut,” ujar RiaMiranda.


(Pameran seni koleksi kolaborasi RiaMiranda x Mang Moel. Foto: Dok. RiaMiranda)


“Seanergy” hadir dalam bentuk visual instalasi yang menampilkan karya-karya khas Mang Moel seperti kostum menyerupai monster gurita yang merupakan bentuk metamorfosis dari Mogus. Ada pula Coral Luna, sebuah karya rajut indah penuh warna berbentuk terumbu karang yang diciptakan Mulyana pada tahun 2022 silam. Karya seni Mang Moel pada koleksi ini didominasi dengan nuansa merah muda yang juga menjadi simbol feminin dari brand DNA RiaMiranda. Selain merah muda, ada pula sentuhan warna kuning kontras yang menarik perhatian.


(RiaMiranda dan Mang Moel. Foto: Dok. RiaMiranda)

Selain dalam bentuk pameran seni, koleksi kolaborasi ini juga dituangkan dalam rancangan busana siap pakai wanita dengan ciri khas brand DNA RiaMiranda. Khusus pada kolaborasi ini terdapat koleksi pria serta aksesoris brooch ikan kuning bernama “iwak” yang menjadi salah satu ciri khas karya Mang Moel. Pakaian lainnya juga memiliki desain flowy yang ringan dan nyaman untuk dipakai pada berbagai acara, dilengkapi dengan aksesori scarf yang mengingatkan pada warna-warna keindahan laut.


(Baca Juga: Peduli Aceh, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi "Rimba")


Ingin melihat sendiri koleksi kolaborasi RiaMiranda x Mang Moel? Kamu bisa mengunjunginya di D'Gallerie mulai tanggal 14 Oktober 2023-27 Oktober 2023 secara gratis, dan pada Windows display store RiaMiranda di Pondok Indah Mall 2.


Fashion