Fashion

LOVE Icon, Ini Koleksi Longchamp dan Seniman Robert Indiana

By : Natasha Fitrand - 2023-10-31 17:00:01 LOVE Icon, Ini Koleksi Longchamp dan Seniman Robert Indiana

Satu lagi kolaborasi atara fashion dan seniman ternama yang menggembirakan! Kali ini, label mewah asal Prancis Longchamp mengumumkan koleksi kolaborasinya dengan seniman Robert Indiana.


Berasal dari Indiana, Amerika Serikat, Robert Indiana merupakan seniman gerakan seni pop yang identik dengan desain minimalis dan modern serta didominasi oleh warna-warna cerah yang menggambarkan optimisme. Salah satu karya ikonis dari Robert Indiana adalah LOVE yang dimulai sejak tahun 1964, kemudian ia kembangkan pada berbagai wadah seni seperti lukisan, ukiran, dan cetakan. Kepopuleran karyanya ini berhasil membuat LOVE sebagai ikon seni pada abad ke-20 yang dikenal di seluruh dunia.




(Baca Juga: Simak Detail Menarik Fashion Show Michael Kors S/S 2024)


Sebagai bentuk selebrasi pada seniman Robert Indiana, Longchamp menampilkan karya legendaris LOVE pada seri tas ikonis Le Pliage® mulai dari travel bag, shoulder bag, pouch, tote bag, hingga cross-body bag-nya. Bagian kulit pada tas Le Pliage® ini menggunakan kulit sapi yang diembos dengan ikon LOVE dan dihiasi tiga warna yang terinspirasi dari karya seni sang seniman.


Terdapat juga seri Le Pliage® XS berbahan kulit sapi hitam yang menampilkan nomor khas Robert Indiana nomor delapan, yang merupakan simbol keberuntungan pada budaya Tiongkok serta melambangkan perayaan dan kemakmuran dan secara eksklusif tersedia di Asia Pasifik.



(Longchamp x Robert Indiana. Foto: Dok. Morgan Art Foundation. Licensed by Artestar, New York)

Ada pula Le Pliage® XS berbahan kulit sapi hitam yang dihias dengan ikon LOVE bewarna merah yang semakin menunjukkan kemewahannya. Kemudian tersedia juga Le Pliage® tote bag bewarna kuning yang menampilkan karya lukisan cat minyak Robert Indiana pada tahun 1963, eksklusif hanya tersedia di Amerika Serikat.


Selain tas, ikon LOVE pada koleksi ini juga turut menghiasi beberapa fashion item lain seperti gantungan kunci berbahan kulit sapi, kaus katun, serta syal sutra.


(Longchamp x Robert Indiana. Foto: Dok. Morgan Art Foundation. Licensed by Artestar, New York)

Sophie Delafontaine, selaku Longchamp Creative Director dan cucu dari sang pendiri label menyatakan alasannya dalam memilih kolaborasi bersama seniman Robert Indiana ini. “I have always admired the late American artist Robert Indiana, partly because I felt his work, which is so graphic in style and optimistic in tone, really matched the bold spirit and bright energy of Longchamp. Love is universal, a positive message that is understood all over the world, and I liked the idea of reproducing this message on Le Pliage®, a universally beloved bag. I love the idea of releasing an ephemeral collection created to last forever,” jelasnya.


(Elle Fanning pada acara peluncuran Longchamp x Robert Indiana. Foto: Dok. Morgan Art Foundation. Licensed by Artestar, New York)


(Baca Juga: TARUM: Denim Handwoven Persembahan Sejauh Mata Memandang)


Longchamp secara resmi meluncurkan koleksi kolaborasi spesial ini di Longchamp Fifth Avenue Flagship, New York, pada 26 Oktober 2023. Dihadiri oleh para petinggi Longchamp, acara ini juga semakin dimeriahkan dengan kedatangan para selebriti papan atas seperti Rachel Brosnahan, Elle Fanning, dan Lucy Hale.


Keseluruhan item pada koleksi eksklusif Longchamp x Robert Indiana ini dapat digunakan baik oleh wanita maupun pria, serta menampilkan warna-warna cerah yang bisa meningkatkan gayamu sehari-hari agar tampak anti-boring. Koleksi eksklusif Longchamp x Robert Indiana akan tersedia pada website Longchamp.com dan toko mulai 31 Oktober 2023.


Fashion