Life & health

6 Manfaat Sauna Setelah Gym, Apa Saja?

By : Her World Indonesia - 2023-10-31 14:00:01 6 Manfaat Sauna Setelah Gym, Apa Saja?

Beberapa orang biasanya menggunakan sauna untuk merelaksasi tubuh setelah melakukan olahraga. Fasilitas sauna atau mandi uap saat ini sudah bisa ditemukan di banyak tempat gym. Lantas, apa saja manfaat sauna setelah gym?


(Baca Juga: Tip Sebelum Membuat Kartu Keanggotaan di Gym)


1. Mengurangi nyeri otot setelah berolahraga


Apakah kamu pernah merasakan nyeri otot setelah melakukan olahraga? Jika iya, maka kamu sedangan mengalami delayed onset muscle soreness (DOM). Gejala ini dapat timbul sekitar enam sampai delapan jam setelah kamu selesai melakukan olahraga. Gejala ini pun dapat bertahan setidaknya dalam jangka waktu dua hari.


Berdasarkan beberapa penelitian, kompres dengan air panas terbukti dapat meredakan rasa nyeri pada otot. Oleh sebab itu, terapi panas ini juga dapat dilakukan di sauna yang memiliki suhu panas dan kering. 


2. Meningkatkan daya tahan tubuh selama workout


Uap panas yang dimiliki oleh sauna dapat mendorong peningkatan kinerja latihan workout kamu. Hal ini terjadi karena sauna dapat meningkatkan aliran darah. Peningkatan sel darah merah ini membantu membawa oksigen ke otot-otot kamu yang sedang bekerja.


Jika kamu menggunakan sauna beberapa kali dalam sepekan setelah workout, maka daya tahan tubuh kamu dapat menjadi semakin kuat selama melakukan workout


3. Mempercepat pemulihan otot


Beberapa orang yang tidak menerapkan latihan workout dengan baik, biasanya akan mengalami cidera ringan atau keseleo. Biasanya, kejadian ini menimbulkan memar atau rasa sakit pada daerah yang keseleo. Penanganan pada orang yang mengalami keseleo biasanya menggunakan kompres dingin.


Setelah bagian tubuh yang keseleo perlahan membaik, kamu dapat menggunakan sauna agar tubuh kamu terpapar udara panas. Udara panas sauna dapat membantu merenggangkan otot pasca cedera. 



(Manfaat sauna setelah gym salah satunya adalah mempercepat pemulihan otot. Foto: Dok. Sergey Torbik/Pexels)

(Baca Juga: 7 Gerakan untuk Mengecilkan Paha Tanpa Perlu Nge-gym)


4. Menjaga kesehatan jantung


Sauna setelah berolahraga terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Peningkatan daya tahan tubuh ini juga berkaitan dengan peningkatan kesehatan jantung. Uap panas yang ada di dalam sauna dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular sampai dengan menurunkan detak jantung sebagai dampak dari tubuh yang merasa rileks.   


5. Merelaksasi pikiran


Manfaat sauna setelah gym selanjutnya adalah merelaksasi pikiran. Sauna dapat menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan ketenangan dari segala rutinitas olaharaga padat yang dilakukan. Banyak orang yang melakukan sauna di malam hari setelah berolahraga untuk mendapatkan ketenangan.


Hal ini juga ditunjang dengan keadaan sauna yang biasanya tidak berisik. Di sisi lain, sauna juga dapat membantu mengendurkan otot setelah melakukan olahraga. 


6. Melegakan pernapasan


Masuk ke ruang sauna setelah melakukan olahraga dapat membantu kamu untuk menjadi rileks dan melegakan pernapasan. Jika kamu sedang batuk, maka uap panas yang terdapat di dalam sauna dapat melebarkan jalan napas. Tidak hanya itu, uap panas juga dapat mengencerkan dahak yang kamu miliki. 


(Baca Juga: Cara Mengencangkan Otot Perut Tanpa Harus Ke Gym)


Bagaimana cara sauna yang aman setelah gym?


Berolahraga dengan aktivitas yang padat dapat mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh kamu. Cairan ini berguna untuk menstabilkan suhu panas tubuh setelah melakukan banyak aktivitas. Hal ini sangat penting guna mendapatkan suhu tubuh yang kembali normal. Kekurangan cairan pada tubuh ini dikenal juga dengan sebutan dehidrasi.


Nah, jika kamu tidak minum setelah melakukan olahraga dan langsung sauna, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Beberapa ciri seseorang mengalami dehidrasi adalah pusing, badan menjadi lemas, dan kulit kering. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mimum air dan makan sebelum sauna. 



(Sauna setelah gym. Foto: Ron Lach/Pexels)

Untuk waktunya sendiri, jika kamu masih pemula menggunakan ruang sauna, maka dapat melakukan sauna selama 5 menit. Seiring berjalannya waktu, nantinya kamu dapat menambah durasi sauna, mulai dari 15-20 menit. Akan tetapi, bila kamu merasa tidak kuat, segera keluar dari sauna. 


Setelah sauna, kamu dapat mendinginkan badan secara bertahap. Lalu, jangan lupa untuk minum 2-4 gelas air putih dingin. Untuk menutup pori-pori yang terbuka saat berada di sauna, kamu dapat menyiram air dingin ke sekejur tubuh. Akan tetapi, cara ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, asma, dan baru pertama kali melakukan sauna.


Itu dia beberapa manfaat sauna setelah gym dan tip sauna setelah berolahraga. Perlu kamu ingat juga untuk tidak melakukan sauna saat tidak enak badan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila kamu ingin melakukan sauna setelah berolahraga. 


(Penulis: Romy Boy)

Life & health