Hair & beauty

Ini Dia 5 Hal Untuk Menjaga Kesehatan Payudara Kamu!

By : Her World Indonesia - 2023-10-23 19:00:01 Ini Dia 5 Hal Untuk Menjaga Kesehatan Payudara Kamu!

Sudah menjadi harapan semua wanita untuk memiliki payudara yang tidak hanya berbentuk bagus tapi juga sehat sempurna. Maraknya isu kanker payudara, kini telah menjadi concern yang diutamakan. Kesadaran untuk menjaga area payudara juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.


Orang-orang mulai memperhatikan kesehatan payudara mereka dengan lebih serius dan mulai secara teratur memeriksakan diri mereka sendiri untuk mengetahui adanya perubahan. Diet, olahraga dan pemeriksaan payudara secara teratur adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mendeteksi kemungkinan penyebab masalah sebelum berubah menjadi sesuatu yang serius dan memengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan. Namun ada beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan dan mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara dan masalah terkait payudara lainnya.


1. Moisturize


Hanya perlu waktu satu menit untuk mengoleskan pelembap pada payudaramu. Namun ini adalah langkah penting untuk menjaga payudara Kamu agar tetap sehat terhidrasi. Kulit di sekitar payudara dan putingnya tipis dan sensitif. Perawatan ekstra dan mengoleskan pelembap yang tebal adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kekeringan dan nyeri pada payudara. Jika kamu melihat adanya kemerahan atau ruam setelah mengoleskan pelembap, maka hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter.



(Oleskan pelembap di area payudara. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


2. Pijat Area Payudara


Terdapat beberapa kelenjar getah bening di sekitar payudara yang membawa cairan yang disebut getah bening. Cairan ini membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis penyakit. Memijat membantu menstimulasi getah bening ke berbagai arah. Setelah mengoleskan losion, pijatlah payudaramu selama beberapa menit ke arah jantung. Memijat juga membantu kamu rileks dan menghilangkan stres.


3. Gunakan Bra Yang Tepat


Pilihlah bra dengan ukuran yang tepat. Hal ini mungkin terlihat seperti hal yang biasa, tetapi kamu akan terkejut mengetahui bahwa kebanyakan wanita memakai bra dengan ukuran yang salah. Ketika payudaramu tidak mendapatkan dukungan yang cukup, jaringan akan mulai meregang dan turun lebih cepat. Jadi, ukurlah ukuran payudaramu setiap tahun dan belilah ukuran bra yang tepat. Untuk bra olahraga, gantilah setiap enam bulan sekali.


(Baca Juga: Puting Payudara Gatal? Ini 10 Kemungkinan Penyebabnya!)


4. Konsumsi Buah Anggur


Makan sehat adalah satu hal, tetapi beberapa makanan memiliki khasiat khusus untuk mengurangi risiko kanker payudara seperti anggur berwarna gelap. Kulit buah anggur memiliki sifat anti kanker yang dapat melindungi kulit payudaramu dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Jadi, konsumsilah beberapa buah anggur secara teratur untuk menjaga kesehatan payudara. Selain itu, tambahkan asam folat ke dalam diet kamu.



(Ganti sports bra setiap enam bulan. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)


5. Olahraga Teratur


Mencegah kanker dapat dilakukan juga dengan berolahraga secara rutin dan disiplin. Berbagai riset menyebutkan bahwa olahraga dan aktivitas fisik dapat membuat wanita di segala usia berisiko lebih rendah terkena kanker payudara.


(Baca Juga: 14 Penyebab Nyeri Payudara yang Perlu Diketahui)


Payudara adalah bagian dari kehidupan setiap orang. Entah payudara itu kecil, besar, asimetris atau panjang, Kamu harus belajar untuk mencintainya apa adanya dan menjaganya dengan baik. Semoga bermanfaat


(Penulis: Finova B.)


Hair & beauty