Hair & beauty

Waspada! 5 Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-10-23 15:00:01 Waspada! 5 Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Memiliki kulit wajah yang sehat merupakan impian semua orang. Berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat akan dilakukan oleh siapa aja yang memiliki masalah kulit pada wajah maupun yang hanya inign merawatnya.


Namun, masalah kulit yang tidak diinginkan mungkin terjadi. Salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam adalah masalah kulit yang terdapat bintik hitam pada wajah, lengan, bahu dan bagian tubuh lainnya. Flek hitam merupakan kumpulan pigmen alami atau melanin yang berisi melanosome. Biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. 


Flek hitam dapat terjadi pada siapa saja tapi orang yang berusia paruh baya memiliki risiko lebih tinggi. Untuk menghindarinya, simak artikel ini untuk mengetahui penyebab-penyebab dari flek hitam. 


1. Sinar Ultraviolet


Sinar ultraviolet merupakan bagian gelombang elektromagnetik dari energi radiasi matahari. Terpapar sinar ultraviolet dari matahari merupakan penyebab utama munculnya flek hitam. Risiko meningkat jika kamu tidak pernah menggunakan tabir surya setiap hari. 


2. Masalah Kulit


Penyakit kulit juga dapat memicu munculnya flek hitam. Penyakit kulit tersebut diantaranya adalah hiperpigmentasi pasca-inflamasi, melasma, linea nigra, melanosis riehl, poikiloderma of civatte, dan erythromelanosis follicularis. 


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Untuk Tubuh Yang Banyak Disukai


3. Faktor Lingkungan


Siapa sangka jika lingkungan dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Faktor geografis juga menjadi penyebab timbulnya flek hitam. Jika kamu hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuh terhadap sinar matahari. 


(Tabir Surya harus digunakan setiap hari demi kesehatan kulit. Foto: Dok. Sunny Skin/Pexels)


4. Genetik


Faktor genetik juga berpengaruh dari munculnya flek hitam. Meskipun begitu, kondisi ini lebih rentan untuk orang yang berkulit terang, rambut terang, usia paruh baya, dan sering terpapar sinar matahari. 


(Baca Juga: Nikmati Perawatan Kulit Lancôme di Raffles Spa Jakarta)


5. Obat-obatan


Selain empat hal di atas, nyatanya obat-obatan dapat menyebabkan flek hitam juga, lho! Obat-obatan dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Beberapa obat yang dapat menyebabkan flek hitam, seperti estrogen, tetrasiklin, amiodarone, fenitoin, fenotiazin, dan sulfonamida.


Itu dia lima penyebab dari flek hitam pada wajah, Her World menyarankan kamu untuk tetap pake sun screen setiap hari untuk menghindari flek hitam dan juga masalah kulit lainnya. Yuk, biasakan rutin memakai sun screen mulai sekarang!


(Penulis: Nada Kamiliya)



Hair & beauty