Life & health

8 Ide Makanan Potluck Praktis Anti Ribet

By : Her World Indonesia - 2023-10-19 20:00:01 8 Ide Makanan Potluck Praktis Anti Ribet

Kegiatan kumpul bersama dapat dilakukan dengan keluarga ataupun teman. Biasanya, kumpul bersama selalu ditemani dengan makanan. Berkumpul bersama di sebuah restoran maupun di rumah pasti selalu ada makanan untuk menemani percakapan yang hangat. Jika kamu hendak mengadakan kumpul bersama, coba untuk berkumpul di rumah atau taman dan adakan potluck untuk menambah keseruan.

Potluck adalah suatu kegiatan atau acara di mana setiap orang atau sekelompok orang berkumpul bersama untuk menyediakan makanan dan minuman yang dapat dinikmati bersama-sama. Biasanya dalam acara potluck orang membawa makanan yang lengkap mulai dari nasi, lauk, buah-buahan, minuman, hingga hidangan penutup. Orang yang akan mendatangi acara potluck akan dengan sukarela membawa makanan atau minuman yang beragam. 

Namun, jika kamu perhatikan makanan saat acara potluck cenderung hampir sama. Jika kamu ingin berbeda dari acara potluck lainnnya, Her World akan merekomendasikan kamu makanan yang cocok untuk acara potluck kamu. 

1. Dimsum 


Dimsum terdiri dari berbagai macam, mulai dari siomay, dumpling, ceker ayam, dan bakpao. Dimsum makanan yang sekali suap, cocok untuk sharing. Dimsum dapat dengan mudah kamu dapatkan pada e-commerce yang dijual satuan maupun dalam jumlah banyak dengan harga terjangkau. 

2. Sushi 



(Makanan asal Jepang yang banyak digemari orang Indonesia. Foto: Dok. Cup of Couple/Pexels)

Sushi merupakan salah satu jenis makanan asal Jepang yang banyak digemari. Makanan ini cocok untuk acara potluck karena mudah untuk dimakan dan memiliki rasa yang unik. Jika kamu dapat membuatnya di rumah kamu dapat memilih isian sesuka hati kamu ataupun jika kamu ingin membeli juga ide yang bagus. 

3. Sate 


Kamu dapat memilih ingin membawa sate ayam, sapi, atau kambing untuk acara potluck kamu. Namun, lebih baik jika membawa ketiganya agar adil karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. Jika kamu ingin efisien, kamu dapat menanyakan kepada kelompok yang akan mengikuti potluck tersebut lebih baik sate apa untuk dibawa. 



4. Pizza


Jika kamu memiliki waktu terbatas untuk mempersiapkan makanan potluck, pizza adalah jawabannya. Kamu dapat dengan mudah membeli pizza dengan menggunakan pesan antar, Hemat waktu dan juga tenaga.

5. Buah Potongan



(Pencuci mulut yang sehat dan segar. Foto: Dok. Elle Hughes/Pexels)

Buah wajib tersedia saat acara potluck, untuk itu kamu dapat membawa buah potongan. Jika ingin praktis kamu dapat membeli di supermarket, di sana biasanya menjual buah yang sudah terpotong.

6. Pisang 


Jika menurut kamu buah potongan tidak praktis disajikan saat acara potluck, kamu dapat membawa pisang karena tidak perlu alat makan untuk memakannya.



7. Donat



(Donat menarik dengan warna yang beragam. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)

Untuk penutup, selain buah-buahan kamu dapat membawa donat. Terlebih jika acara potluck ini dihadiri anak-anak juga, akan sangat mengasyikan. Kamu dapat membeli donat lusinan maupun satuan tergantung berapa jumlah yang mengikuti acara potluck tersebut. 

8. Zuppa soup


Sup kental dengan puff pastry diatasnya yang berasal dari Italia ini juga cocok kamu bawa untuk acara potluck. Kamu dapat membawa sesuai jumlah orang yang mengikuti acara potluck. Cita rasanya pun cocok di lidah orang Indonesia


Selain menyiapkan makanan, ada pun yang harus diperhatikan jika hendak melakukan potluck. kamu harus rundingkan tempat untuk mengadakan potluck, cari tempat yang semua peserta potluck bisa dengan mudah untuk dijangkau. Tempat yang nyaman dan memiliki luas yang cukup untuk semua peserta potluck. Selain tempat, rundingkan tema dari acara potluck ini karena lebih seru lagi jika memiliki tema makanan yang akan dibawa. Rencanakan kegiatan yang akan dilakukan selain makan, seperti bermain games, melakukan prakarya ataupun menonton bersama.


(Penulis: Nada Kamiliya)

Life & health