8 Cara Menikmati Pesta Bagi 'Si Anti-Pesta'


  • 8 Cara Menikmati Pesta Bagi 'Si Anti-Pesta'
    Nyatanya, pesta bisa dinikmati semua orang, termasuk kamu yang anti dengan keramaian. Intip cara menikmati pesta bagi si anti-pesta ini. (Foto: Dok. Designecologist/Pexels)


    Menjadi seorang introvert tak melulu harus menolak ajakan pesta. Berada di tengah keramaian bisa saja dihadapi, asalkan tahu triknya. Dan siapa tahu menemukan teman sesama introvert.

    Cara lainnya yang bisa kamu lakukan, yakni dengan mengajak teman. Jika itu belum cukup meyakinkan, simak delapan cara berikut yang siapa tahu bisa membuat kamu -yang anti-keramaian-, menikmati sebuah pesta.



    (Baca juga: Ide Fashion Unik untuk Pesta Akhir Tahun)

    1. Persiapkan topik obrolan

    Mungkin terasa aneh atau dianggap kurang penting untuk berlatih kalimat perkenalan dan menyiapkan topik pembicaraan sebelum pergi ke sebuah pesta, namun dengan persiapan ini, kamu bisa terhindar dari momen canggung yang biasanya dialami para introvert.

    Kalau kamu mengenali tamu-tamu yang akan hadir, kamu bisa melakukan sedikit personalisasi pada obrolan nanti. Segarkan memorimu dengan cerita-cerita seru yang melibatkan sahabat atau keluarga. Ingatlah detail kehidupan personal mereka, seperti anak atau hobi. Hal ini bisa jadi penyelamat saat pembicaraan mulai terasa kurang nyaman. Setidaknya, kamu masih punya sedikit “amunisi”.

    2. Relaksasi sebelum dan sesudah pesta

    Salah satu kunci yang membedakan introvert dan extrovert adalah kamu mengisi ulang tenaga dengan menyendiri, sedangkan extrovert cenderung menggunakan keramaian dan stimulasi seperti pesta sebagai alat untuk me-recharge diri. Artinya, penting untuk menyediakan sedikit momen hening sebelum dan sesudah pesta.

    3. Temukan sesama rekan introvert

    Saat kamu tengah menguji peruntungan untuk terlibat dalam sebuah perbincangan, hindari untuk “masuk” dalam kelompok yang sudah asyik membicarakan suatu topik. Carilah sesama pejuang pesta yang sedang kesulitan memulai obrolan baru.

    Kamu bisa memulainya dengan mengutarakan tidak mengenali sebagian besar tamu yang hadir. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi “tekanan sosial” yang dirasakan orang tersebut, atau malah diri sendiri.

    4. Ajak teman

    Kalau kamu harus menghadiri pesta yang benar-benar asing, kamu perlu persiapan khusus. Jika memungkinkan, kamu bisa mengajak teman sebagai moral support. Biarkan mereka yang bertugas untuk memulai obrolan dengan orang asing dan ingatkan untuk melibatkan kamu dalam obrolan tersebut.

    Kamu juga bisa mencari tahu siapa saja tamu yang akan hadir ke pesta tersebut dan mengajaknya untuk pergi bersama.

    5. Kenakan pakaian unik

    Bermasalah dengan basa-basi? Biarkan pakaian atau aksesori kamu yang membantu. Kenakan satu kalung, jam, atau anting unik yang berfungsi sebagai conversation-starter. Saat kamu mendapat pujian, tentu akan terasa lebih mudah untuk memulai dan melanjutkan obrolan tersebut. Mengenakan item pakaian yang berbeda bisa menjadi ide icebreaker yang baik.

    6. Punya rencana untuk kabur

    Sebagai seorang introvert, hindari menggunakan transportasi online atau “menebeng” orang lain saat datang ke sebuah pesta. Kamu harus bisa pergi saat tingkat energi sudah habis.

    Jangan mengharapkan orang lain karena bisa saja mereka masih ingin tinggal dan menikmati pesta. Persiapkan alasan, transportasi pribadi (jika ada), atau biaya taksi yang akan memudahkan kamu untuk melarikan diri.

    7. Menyibukkan diri

    Semakin banyak waktu kosong di pesta, tentu kamu akan semakin resah. Ada baiknya untuk menyibukkan diri dengan membantu tuan rumah atau siapa pun yang bertugas mengatur jalannya pesta. Kamu bisa membantu menyiapkan makanan atau menawarkan diri untuk menyambut para tamu yang datang.

    8. Datang lebih awal

    Seperti yang sudah dibahas di awal, akan lebih sulit untuk melibatkan diri dalam obrolan yang sudah “panas”. Maka dari itu, berpikirlah dua kali kalau kamu mau terlambat menghadiri sebuah pesta. Pastikan untuk selalu hadir lebih awal.

    Hal ini akan sangat membantu karena biasanya belum banyak tamu yang datang dan kamu masih bisa berbincang dengan kelompok orang yang lebih kecil. Ini menjadi cara terbaik untuk menikmati sebuah pesta.

    Ternyata, pesta juga bisa dinikmati bagi si anti-pesta. Selamat mencoba di pesta Natal ini ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below