Life & health

Ketahui 5 Cara Cepat untuk Meredakan Sakit Perut

By : Her World Indonesia - 2023-10-19 18:00:02 Ketahui 5 Cara Cepat untuk Meredakan Sakit Perut

Sakit perut merupakan salah satu kondisi yang pernah dialami oleh banyak orang. Cara penanganannya pun berbeda-beda, tergantung dari penyebab sakit perut itu sendiri. Namun, sering kali kamu mungkin merasa bingung bagaimana meredakan sakit perut secara cepat tanpa membuang banyak waktu. Nah, di bawa ini terdapat beberapa cara yang dapat kamu ikuti. Yuk, disimak!


(Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Artinya)


1. Kompres dengan air hangat


(Kompres dengan air hangat untuk meredakan sakit perut. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

Kamu dapat menyediakan air hangat lalu kompres perut kamu secara perlahan. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, kamu dapat menggunakan air dengan suhu 40–45 derajat Celcius. Air panas ini nantinya akan membantu otot kamu menjadi lemas. Selain untuk mengompres perut, kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk berendam.


2. Minum air putih


(Cara cepat meredakan sakit perut dengan minum air putih. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

Berdasarkan beberapa penelitian, wanita harus minum sebanyak 2,7 liter air setiap harinya, sedangkan pria harus minum sebanyak 3,7 liter air setiap harinya. Air ini nantinya akan membantu tubuh kamu dalam menyerap berbagai nutrisi dari makanan yang baru saja dimakan. Jika kamu mengalami dehidrasi, maka pencernaan kamu tidak dapat berfungsi dengan maksimal dan kemungkinan dapat mengakibatkan sakit perut.


(Baca Juga: Ketahui Penyebab Nyeri Perut Setelah Jogging)


3. Menggunakan balsam


(Menggunakan balsam. Foto: Dok. Pharma Hemp Complex/Unsplash)

Cara alami satu ini sudah diterapkan oleh banyak orang ketika mengalami sakit perut. Minyak kayu putih sebagai bahan utama dari balsam dapat berguna untuk melemaskan otot perut kamu. Bahan alami lainnya seperti minyak pala dan mentol juga dipercaya membantu mengatasi sakit perut yang dialami oleh seseorang.


4. Makan Pisang


(Makan pisang. Foto: Dok. Lucian Alexe/Unsplash)

Buah satu ini dipercaya dapat mengatasi masalah sakit perut dengan bantuan vitamin B6, folat, dan kalium yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kalori tinggi yang terdapat pada pisang dapat menambah energi pada tubuh kamu. Pisang juga memiliki kalium yang dapat menjadi pengganti kalium saat mengalami diare.


5. Hindari berbaring


(Hindari berbaring. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

Ketika kamu berbaring asam lambung akan naik ke atas dan mengakibatkan rasa sakit dan mulas akan lebih terasa. Kamu dapat mencoba posisi seperti merangkak untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi perut kembung.


(Baca Juga: Selain Kurangi Nyeri Mens, Ini Manfaat Seledri Bagi Pemula)


Itu dia beberapa cara cepat untuk meredakan sakit perut. Namun, bila rasa sakit tidak berkesudahan dan menimbulkan gejala lain, maka kamu harus segera melakukan konsultasi dengan dokter. 


(Penulis: Romy Boy)

Life & health