Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Artinya


  • Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Artinya
    Kenali sejak dini arti jika sakit perut sebelah kiri. (Foto: Dok. AndreyPopov/iStock)

    Sakit perut dapat menyerang siapa saja, dari lansia, orang dewasa, sampai anak kecil. Penyakit ini sering terjadi dan penyebabnya bervariasi, dari mengonsumsi makanan pedas atau asam sampai gejala penyakit-penyakit tertentu. Sakit perut bisa menjadi gejala awal dari gastritis, infeksi ginjal, hernia, dan bahkan serangan jantung. 


    Jika kamu mengalami sakit perut di sebelah kiri, yuk kenali apa artinya.




    (Baca Juga: Waspada! Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong)


    sakit perut sebelah kiri

    (Sakit perut sebelah kiri tanda radang lambung. Foto: Dok. 5432action/iStock)


    Sakit perut di sebelah kiri atas


    Pertama, kamu bisa saja mengalami gastritis atau radang lambung, yang mana lambung mengalami iritasi dan peradangan sehingga menyebabkan sakit di kiri atas. 


    Kedua, pankreatitis ditandai oleh sakit perut di sebelah kiri atas yang juga menjalar sampai ke punggung. Pankreatitis atau radang kelenjar pankreas juga ditandai oleh gejala demam, mual dan muntah, diare, serta perut sakit ketika disentuh atau dipegang. 


    Ketiga, tidak hanya penyakit saluran pencernaan, serangan jantung atau angina juga dapat terjadi jika sakit perut di sebelah kiri atas. Gejala penyakit ini juga ditandai oleh nyeri dada di sebelah kiri, mual dan muntah, sesak napas, dan keringat dingin. 


    Sakit perut di sebelah kiri bawah


    Pertama, kamu bisa saja mengalami hernia yang ditandai oleh nyeri ketika batuk dan bahkan benjolan pada pangkal betis dan paha. Umumnya, hernia terjadi pada pria. 


    Kedua, kista ovarium kerap ditandai oleh sakit perut di sebelah kiri bawah. Kista ovarium adalah kondisi ketika muncul benjolan pada indung telur. Jika tidak ditangani secara cepat, penderita harus melakukan operasi pengangkatan kista. 


    Ketiga, jika kamu mengalami sakit perut di kiri bawah, kamu bisa saja mengalami penyakit ginjal, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, dan timbulnya batu di saluran kemih. Penyakit ginjal tersebut juga ditandai oleh urin yang berwarna kemerahan, kesulitan buang air kecil, merasakan nyeri di pinggang, dan demam. 


    (Baca Juga: Ketahui Penyebab Nyeri Perut Setelah Jogging)


    Itulah penyakit yang dapat timbul jika kamu sakit perut sebelah kiri. Jika kamu mengalaminya, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama dan mengidentifikasi penyakit sejak dini. 


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below