Life & health

4 Manfaat Solo Travelling Buat Kamu yang Butuh Healing

By : Her World Indonesia - 2023-10-17 13:00:02 4 Manfaat Solo Travelling Buat Kamu yang Butuh Healing

Melakukan travelling ke luar kota atau bahkan ke luar negeri merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun, kamu pernah enggak berpikir untuk melakukan solo travelling? Beberapa orang mungkin saja masih takut untuk melakukan perjalanan seorang diri, tetapi setidaknya kamu harus mencobanya sekali seumur hidup.


Melakukan travelling seorang diri pun mendatangkan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.



(Terdapat banyak manfaat dari solo travelling. Foto: Dok. Toa Heftiba/Unsplash)


(Baca Juga: Cara Travelling Hemat, Bukan Pelit)


1. Dapat menentukan tujuan wisata sesuai dengan keinginan kamu


Tentu saja kamu dapat memilih berbagai destinasi wisata untuk kamu explore sesuka hati. Berbeda bila pergi dengan orang lain, kamu harus menyamakan pendapat terlebih dahulu dalam menentukan tempat tujuan wisata. 


2. Keluar dari zona nyaman


Memutuskan untuk melakukan solo travelling menjadi sebuah tanda keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Bila kamu terbiasa untuk melakukan berbagai hal bersama dengan orang yang kamu kenal, nantinya kamu akan melakukannya seorang diri atau bahkan dengan orang asing. Akan ada banyak hal yang mungkin saja belum pernah kamu alami bila tidak mencoba untuk keluar dari zona nyamanmu. 



(Keluar dari zona nyaman. Foto: Dok. Julia Avamotive/Pexels)


(Baca Juga: Ini 5 Negara Paling Aman Bagi Wanita Untuk Solo Travelling)


3. Belajar mandiri


Ketika kamu memutuskan untuk melakukan solo travelling, maka kamu harus siap untuk melakukan segala hal seorang diri. Mulai dari menyiapkan keperluan travelling, melakukan riset mengenai daerah tujuan, hingga menyelesaikan berbagai masalah yang kamu temui selama melakukan travelling. Semuanya ini akan kamu pelajari dan membantu kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri lagi. 


4. Belajar mengelola keuangan


Saat kamu melakukan travelling seorang diri, kamu akan belajar mengelola cashflow dengan baik. Mulai dari membeli tiket perjalanan, mengatur anggaran untuk akomodasi, transportasi, dan biaya makan. Kamu pun akan belajar untuk tidak memaksakan kehendak bila keuanganmu tidak mecukupi. Secara tidak langsung kamu akan belajar berhemat oleh keadaan yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. 


(Baca Juga: Ini 5 Negara di Eropa Yang Paling Murah Buat Travelling)


Selain beberapa manfaat di atas, solo travelling juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko depresi dan menghilangkan stres. Jadi, kapan kamu akan pergi melakukan solo travelling?


(Penulis: Romy Boy)

Life & health