Hair & beauty

5 Manfaat Tamanu Oil Untuk Wajah, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-10-16 20:30:01 5 Manfaat Tamanu Oil Untuk Wajah, Penasaran?

Kamu pasti sudah mendengar bahwa jojoba oil atau rosehip sangat bagus untuk kulit. Namun pernahkah kamu tahu tentang tamanu oil? Bagi kamu yang mempunyai kulit kering, ingin anti-aging atau sensitif dan mudah berjerawat, merapatlah! Her World akan memberitahu kamu lima manfaat tamanu oil yang jarang diketahui oleh banyak orang ini.


Apa itu Tamanu Oil?

Tamanu oil dibuat dari biji buah tanamu, pohon yang tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Minyak ini sendiri sudah digunakan sejak lama dari berbagai budaya. Dalam purest form, minyak tamanu sangatlah pekat. Berwarna hijau tua dan mempunyai aroma tanah yang kuat. Meskipun banyak yang tidak tahu tentang minyak tamanu, sudah sering digunakan dalam berbagai produk dengan nama aslinya yaitu calophyllum inophyllum.


( serum maupun minyak wajah dapat membantu kulit wajah kamu. Foto: Dok. Shiny Diamond/ Pexels)


Manfaat Tamanu Oil


1. Menghidrasi Kulit Kering

Minyak satu ini mempunyai kadar fatty acid atau asam lemak yang lebih banyak daripada minyak lainnya. Ini dapat membantu menghidrasi kulit kamu yang kering.


2. Membunuh Kuman


Minyak tamanu juga terkenal untuk melawan bakteri, terutama bakteri yang sering dikaitkan dengan pembuatan jerawat. Juga bisa meredakan kemerahan karena inflammatory, membuat minyak ini bisa membantu menyembuhkan atau melawan jerawat yang ada pada wajah.


(Baca Juga : 5 Cara Ampuh Menghilangkan Kemerahan Karena Jerawat)


3. Meredakan Kemerahan Pada Kulit

Seperti yang dikatakan tadi, tamanu oil bisa meredakan kemerahan pada kulit. Bagaimana bisa? Ternyata di dalam Tamanu Oil terdapat calollypholide. Inilah yang dapat membantu kamu meredakan kemerahan. Calollypholide ini juga mirip dengan hydrocortisone, yang juga anti-inflamasi dan sering digunakan untuk meredakan alergi.


4. Kaya Akan Antioksidan


Tak hanya anti-inflamasi dan anti-bakterial, tetapi juga bisa memproteksi kulit. Minyak ini juga mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga kulit dari kejahatan yang disebabkan oleh faktor alam, seperti sinar matahari.


5. Menyembuhkan Luka


Sudah dibuktikan bahwa tamanu oil dapat mempercepat penyembuhan luka. Mendukung pembuatan kolagen dan glycosaminoglycans bersama dengan proliferasi sel, luka dapat cepat tertutup dan sembuh. Kerutan dan garis yang diakibatkan oleh aging, juga bisa di-smoothing.


(Baca Juga : Intip 5 Cara Mencegah Oksidasi Ketika Merias Wajah)


Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak ini harus sesuai. Meskipun banyak kelebihannya, digunakan lebih atau tidak sesuai dengan instruksi penggunaannya bisa berbahaya. Tamanu termasuk minyak yang bersifat comedogenic, artinya bisa menutup pori pori. Jika kamu menggunakannya secara hati hati, makan semua tipe kulit bisa menggunakannya.


Setelah mengetahui kelebihannya, apakah kamu jadi tertarik untuk memasukan tamanu oil ke dalam rutinitas skincare kamu?


(Penulis : Ruby Ishak)

Hair & beauty