Hair & beauty

5 Cara Ampuh Menghilangkan Kemerahan Karena Jerawat

By : Her World Indonesia - 2023-10-06 16:00:01 5 Cara Ampuh Menghilangkan Kemerahan Karena Jerawat

Tidak diragukan lagi bahwa merawat kulit adalah hal yang penting. Meskipun begitu, jerawat tetap bisa muncul. Banyak alasan seperti, mungkin karena hormon tubuh kita yang tidak teratur atau karena kita tidur tanpa membersihkan make up. Jerawat lalu muncul dan bisa membuat kulit kita merasakan rasa sakit dan kemerahan.


Jerawat sebenarnya bisa sembuh tanpa apapun. Namun banyak dari antara kita yang tidak sabar, sehingga mencoba untuk memaksakannya keluar dengan cara menekan jerawat tersebut. Ini sangat tidak dianjurkan karena dapat membuatnya lebih buruk. Bisa meninggalkan bekas kemerahan atau hitam, maupun luka.


Agar hal itu tidak terjadi, Her World akan memberi tahu empat cara ampuh untuk membantu kamu menghilangkan kemerahan yang terjadi karena jerawat.


Mencuci Muka

Terdengar sepele tetapi dengan mencuci muka dengan prosedur dan produk yang benar sangatlah penting. Sehari kita dianjurkan hanya mencuci muka kita dua kali sehari. Agar kulit wajah kita tidak terlalu kering dan semakin memerah. Selain itu, gunakanlah produk cuci muka yang bersifat noncomedogenic ( produk yang tidak menutup pori pori, biasanya tertera pada produk). Sabun cuci muka yang mengandung butiran kecil ataupun scrub sebaiknya dihindari. Scrub atau butiran kecil tersebut tidak bisa menghilangkan bekas jerawat dan bahkan bisa menggosok pori atau jerawat, sehingga akan lebih terbuka atau luka. Inilah beberapa produk yang bisa kita pakai.



(Salah satu produk terkenal oleh Cetaphil. Foto: Dok.www.cetaphil.co.id)


Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cleanser ini bisa digunakan oleh semua tipe kulit, apalagi kulit yang sensitif, kemerahan, dan jerawat. Bisa membersihkan wajah tanpa menghilangkan kelembapan pada kulit. Dijual dengan kisaran harga 112 ribu rupiah


( Produk yang dikenal untuk membantu jerawat dengan harga yang bersahabat. Foto: Dok.www.rohto.co.id)


Acnes Creamy Wash

Sudah tidak asing bagi mereka yang berjerawat kemerahan. Produk ini dapat membantu kemerahan dan juga bersahabat dengan kantong kita. Mempunyai tekstur pekat dan berwarna putih, bisa membantu membunuh kuman dan mengatasi jerawat. Dijual dengan kisaran harga 12 ribu rupiah


(Salah satu produk terkenal dari Cosrx yang dapat membantu kemerahan dan jerawat. Foto: Dok.www.cosrx.id)


Cosrx Low pH

Produk cleanser dari Cosrx ini telah menjadi salah satu favorit dari orang yang mempunyai kulit sensitif. Bertekstur seperti jelly dan ringan dapat membantu membersihkan wajah yang sensitif dengan baik. Dijual di kisaran Rp 155,000.-


( Baca Juga : Rekomendasi Facial Wash Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat )


Eksfoliasi Ringan dengan BHA


Meskipun scrub merupakan salah satu cara eksfoliasi, seperti yang kita bahas tadi, sangatlah tidak dianjurkan untuk kulit kamu yang kemerahan. Namu eksfoliasi tetaplah penting agar tidak muncul jerawat baru maupun komedo terpendam. Untuk itu, kita akan menggunakan BHA. BHA atau sering diketahui sebagai Salicylic Acid dapat membantu kita untuk membersihkan kulit dan melarutkan penyumbatan dalam pori. Dikenal sebagai produk yang anti-inflammatory, BHA dapat membantu menenangkan kemerahan dan mempercepat penyembuhan jerawat. Ini beberapa produk yang bisa membantu kamu


( Toner yang bisa membantu mengurangi kemerahan pada wajah. Foto: Dok.www.review.soco.id)

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water

Dengan kandungan tea tree water yang dikenal untuk menenangkan kulit juga bisa menghilangkan kemerahan pada kulit. Dijual dengan kisaran harga 165 ribu rupiah


(Toner yang sudah terkenal untuk kulit kemerahan dan jerawat. Foto: Dok.www.review.soco.id)


Benton Aloe BHA Skin Toner

Selain dari tea tree, aloe vera juga dikenal untuk menenangkan kemerahan pada kulit. Ini bisa membantu kita meredakan kemerahan. Dijual dengan harga 260 ribu rupiah


(Salah satu merek yang baru yang bisa dijadikan andalan kamu. Foto: Dok.www.review.soco.id)


Haple Midnight Sky BHA Toner

Haple bukanlah merek yang sudah lama ada, tetapi toner ini put them on the map. Banyak yang mengatakan bahwa toner ini sangat membantu meredakan kemerahan di wajah. Kamu bisa mendapatkan toner ini dengan harga 129 ribu rupiah.


Gunakan Sunscreen

Penting untuk diketahui bahwa kulit kita yang langsung terpapar oleh sinar UV bisa rusak. Apalagi ketika kulit kita sedang dalam keadaan merah karena jerawat, bisa lebih parah. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen sangatlah penting. Selain dari melindungi kulit kita dari sinar UV, sunscreen juga bisa mencegah jerawat baru untuk timbul dan meredakan kemerahan pada kulit. Kalau kamu berpikir sunscreen bisa membuat muka kamu makin berminyak dan menutup pori-pori, Don’t worry! Her World akan memberikan kamu rekomendasi yang cocok untuk kulit kamu.


(Sunscreen terkenal dari Jepang yang kini hadir di Indonesia. Foto:Dok.www.rohto.co.id)


Skin Aqua UV Moisture Gel

Sunscreen yang berasal dari Jepang ini sangatlah populer karena teksturnya. Tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast pada muka menjadi favorit banyak orang. Skin Aqua UV Moisture Gel ini bisa kamu dapatkan dengan harga 48 ribu rupiah.


( salah satu sunscreen paling terkenal di luar negeri. Foto: Dok.www.supergoop.com)

Supergoop Unseen Sunscreen


Sunscreen yang satu ini merupakan produk favorit dari para influencer dan beauty guru disini maupun di luar negeri. Tekstur yang tidak lengket dan tahan lama merupakan fitur utama dari produk ini. Supergoop Unseen Sunscreen keluaran Gwyneth Paltrow ini bisa kamu dapatkan seharga 897 ribu rupiah.


(salah satu sunscreen yang bersahabat dengan dompet kita. Foto:Dok.www.eminacosmetics.com)


Emina Sun Battle SPF 30 PA +++


Berikutnya adalah Sun Battle SPF 30 PA+++ keluaran brand lokal, Emina. Dengan tekstur yang ringan bisa membantu kamu melawan sinar UV yang jahat. Dijual dengan kisaran harga 32 ribu rupiah.


Pilih Perawatan Professional

Terkadang mempunyai rutinitas skincare yang baik itu tidak cukup. Banyak bekas kemerahan yang tidak kunjung hilang meskipun sudah berusaha. Dengan berkonsultasi ke dokter, kita lebih mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kemerahan. 


(Baca Juga : Yuk, Cari Tahu 8 Penyebab Jerawat Merah di Pipi!)


Ini beberapa hal yang bisa kita anjurkan untuk mengatasi bekas kemerahan karena jerawat. Consistency is key! Mempunyai rutinitas yang baik akan sangat membantu kita dan Her World berharap kamu tidak menyerah untuk menggapai kulit impian kamu.


Hair & beauty