Hair & beauty

Intip 5 Cara Mencegah Oksidasi Ketika Merias Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-10-12 17:00:01 Intip 5 Cara Mencegah Oksidasi Ketika Merias Wajah

Pernahkah kamu melihat sebuah apel berubah warna beberapa menit setelah dipotong? Itu adalah kejadian yang disebut oksidasi. Tidak hanya pada makanan, oksidasi juga bisa terjadi pada make up. Ketika foundation yang kamu pakai tiba-tiba berubah menjadi warna abu-abu atau kekuningan, itu sudah teroksidasi. Tidak usah panik! Di artikel kali ini, Her World akan menjelaskan ke kamu apa itu oksidasi dan bagaimana cara untuk mencegahnya.


(Baca Juga : 5 Cara Ampuh Menghilangkan Kemerahan Karena Jerawat )

Apa itu Oksidasi?

Oksidasi merupakan suatu proses kimiawi yang membuat suatu atom atau sekelompok atom kehilangan elektron. Oksidasi juga bisa terjadi ketika suatu bahan kimia mendapatkan oksigen atau kehilangan hidrogen.


(Ada berbagai tipe makeup dan perubahan udara bisa merubah warna. (Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Oksidasi makeup sedikit berbeda, meskipun secara dasar sama. Ada banyak faktor yang dapat mengubah warna make up kamu. Sering terjadi pada foundation atau concealer. Oksidasi make up bisa mengubah warna keabuan atau terlalu orange pada wajah.


Kenapa Bisa Berubah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi oksidasi makeup. Pertama, bisa terjadi karena minyak yang terdapat pada wajah. Oksidasi lebih sering terjadi kepada orang yang mempunyai masalah kulit berminyak. Ketika digunakan, minyak dapat bereaksi dengan foundation sehingga membuat nya berbeda warna.

Faktor kedua adalah level pH yang tidak seimbang pada wajah. Ketika kulit wajah kita tidak seimbang, warna yang ada pada foundation akan kerap berubah.

Faktor terakhir adalah foundation ketika mengering bisa menghasilkan warna yang berbeda. Saat "basah" warna foundation masih sama dengan apa yang kamu harapkan. Lalu, ketika "kering" warnanya berubah jauh.


Mencegah Oksidasi Make Up

Setelah mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan oksidasi makeup, ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.


1. Diawali Oleh Wajah Yang Bersih


Jangan pernah lupa untuk mencuci wajah kamu sebelum memulai berkaya. Selain mengembalikan keseimbangan pH, kebiasaan mencuci wajah dapat membunuh kuman dan menghilangkan minyak ekstra pada wajah. Ini dapat membantu mengurangi oksidasi pada wajah.


2. Gunakan Skincare Yang Tepat


Tidak melakukan skincare karena takut berminyak merupakan suatu misconception. Justru karena tidak ada skincare untuk melembapkan kulit, pasti akan mengeluarkan minyak ekstra. Apalagi kamu yang sudah mempunyai kulit sensitif dan berminyak. Tidak hanya oksidasi makeup, tetapi makeup itu tersendiri juga tidak akan tahan lama karena telah diserap oleh minyak berlebih pada wajah.


Daripada kamu melewatkan sesuatu yang penting, kami menyarankan untuk menggunakan skincare yang berbasis air. Dengan begitu kulit tetap terjaga kelembapannya dan makeup pun lebih tertahan.


3. Primer Adalah Sahabat Utama Kamu


Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa primer sangatlah penting dalam rangkaian makeup-mu. Disaat seperti ini, primer adalah sahabat terbaik kamu. Menjadi pembatas perlindungan antara make up dan skincare, mengurangi resiko terjadinya oksidasi. Selain dari itu, primer memliki kelebihan lainnya. Face primer juga bisa menutup pori pori yang besar atau bisa menghidrasi kulit yang kering. Ada berbagai macam tipe primer yang bisa kamu gunakan sesuai kondisi kulit kamu.


4. Cari Warna Yang Tepat


Mencari warna yang tepat dengan kulit kamu juga sangatlah penting. Oksidasi lebih terlihat apabila shade yang kamu pilih terlalu terang atau terlalu gelap. Ketika membeli foundation ada baiknya untuk dicoba dulu dan lihat kecocokannya. Jika kamu tidak tahu apa warna foundation kamu, banyak website yang bisa membantu kamu ngetes dan mencari tahu shade yang terbaik untuk kulitmu.

( Foundation mempunyai banyak shade yang bisa kamu pilih. Foto: Dok. Adrienne Anderson/Pexels)


5. Dicoba pada tangan

Sebelum digunakan pada wajah, gunakanlah foundation tersebut pada tangan. Tunggu sebentar dan lihat reaksinya. Jika shade-nya berubah jauh dari warna kulit, cari foundation lain. Pilihan foundation sekarang sangatlah limitless, jadi jangan ragu untuk mencoba.


(Baca Juga : 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Tubuh Kamu )


Semoga setelah mendengar penjelasan kami tentang oksidasi dapat membantu kamu. Jangan sampai terlihat keabuan lagi ya!


Hair & beauty