Hair & beauty

Manfaat Micellar Water untuk Jerawat

By : Her World Indonesia - 2023-10-03 14:00:02 Manfaat Micellar Water untuk Jerawat

Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri karena muka kamu merah-merah ataupun penuh dengan jerawat? Banyak dari kalian pasti pernah ada di posisi itu. Jadi jarang ingin bertemu dengan teman-teman ataupun pasangan karena masalah yang sulit untuk diatasi.


Bagi kamu yang selalu mengikuti trend di dunia beauty, micellar water mungkin sudah tidak asing. Sering disebut oleh berbagai influencer ataupun beauty guru menjadi cleanser favorit mereka. Lalu, apa hubungannya micellar water dengan mengatasi jerawat? Bagaimana kalau kami mengatakan bahwa micellar water bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah kita tadi.


Her World akan membahas apa itu micellar water dan mungkin bisa menjadi solusi kamu yang mempunyai kulit sensitif dan mudah berjerawat.


Apa itu micellar water?

Micellar water adalah sebuah tipe cleanser yang berbasis air yang bisa membantu mengangkat makeup dan membersihkan wajah dari debu dan minyak yang berlebihan. Selain dari itu, micellar water terkenal karena bisa digunakan oleh segala tipe kulit, dari yang kering sampai yang berminyak. Mudah didapat dan mudah digunakan menjadi alasan utama kenapa micellar water menjadi terkenal. Tidak hanya mengangkat makeup, tetapi juga mengangkat produk produk yang waterproof, seperti maskara atau long-lasting lip stains.


Micellar water dan jerawat

Ternyata micellar water juga berguna untuk jerawat karena semakin memudahkan kita membersihkan wajah. Terbuat dari purified water dan surfaktan ringan, produk ini bisa menjadi kunci solusi untuk wajah kamu yang sensitif dan mudah berjerawat.


Bagaimana bisa? Dengan menggunakan micellar water, kulit wajah akan tetap terhidrasi. Banyak orang yang berpikir bahwa jerawat itu hanya diakibatkan oleh kulit wajah yang berminyak, tetapi kenyataannya kulit wajah yang kering juga bisa menimbulkan jerawat. Dengan menggunakan micellar water, kelembaban kulit akan lebih terjaga, apalagi yang mengandung hyaluronic acid.


Selain dari itu, kulit yang berjerawat sangatlah sensitif dan mudah teriritasi. Karena itu micellar bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena berbasis air. Artinya tidak ada kandungan alkohol dan tidak akan lengket, sehingga lebih aman untuk digunakan. Penggunaanya yang hanya menggunakan kapas juga membantu jerawat tidak tergesek dan luka.


Tetapi warning untuk kamu saat memilih produk micellar water. Banyak sekali tipe dan ada beberapa kandungan yang akan dan bisa memperburuk situasi kulit kamu yang dalam kondisi SOS. Contohnya, jangan memilih micellar yang mengandung AHA dan BHA, karena akan mengikis kulit dan akhirnya menimbulkan kemerahan yang menandakan bahwa kulit kamu overexfoliate.


Lebih baik memilih yang mempunyai kandungan aloe vera atau chamomile extract, yang terbukti mempunyai efek menenangkan kulit dan menghilangkan kemerahan. Jadi, sebelum membeli dianjurkan untuk melihat apa yang terkandung di dalam produk tersebut dan pilihlah cleanser sesuai dengan kebutuhan kamu.

(Baca Juga : Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah yang Susah Hilang )

Rekomendasi micellar water

Setelah membahas poin penting yang harus kamu ketahui, inilah beberapa produk yang Her World rekomendasikan untuk melihat langsung manfaat micellar water untuk jerawat.


Bioderma - Seebium H20- Micellar Water

( Bioderma ternama dengan produk micellar water mereka. Foto : Dok.Bioderma )

Sangatlah cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, sensitif dan kombinasi. Dijual dengan kisaran 290 ribu rupiah.


Garnier Micellar Water Salicylic BHA

(produk micellar water dari Garnier yang cocok untuk kulit berjerawat. Foto: Dok. Garnier )

Untuk kamu yang mempunyai concern lebih terhadap jerawat. Kombinasi micellar dengan kandungan salicylic bisa dapat membantumu mengatasi jerawat dan mengangkat kotoran. Dijual dengan kisaran 112 ribu rupiah.

Nivea MicellAir Oil & Acne Care

(MicellAir dari Nivea yang ini sangat bisa membantu mengontrol minyak dan jerawat. Foto :Dok. Nivea)

Terdapat kandungan ekstrak magnolia yang dapat membantu kamu mengontrol minyak pada kulit. Bebas dari alkohol dan membuat pH kulit lebih seimbang. Dijual dengan kisaran 59 ribu rupiah.


Semoga dengan ini kamu jadi tertarik untuk menggunakan micellar water untuk jerawat dalam rutinitas skincare kamu sehari hari. Selamat mencoba!

( Baca juga : Urutan Skincare Malam yang Tepat, Jangan Sampai Keliru! )


(Penulis : Ruby Ishak)


Hair & beauty