Fashion

Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Rayon Viscose dan Twill

By : Her World Indonesia - 2023-10-03 10:00:02 Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Rayon Viscose dan Twill

Fashion merupakan salah satu hal penting dari sebagian orang. Penampilan merupakan nomor satu terutama bagi kamu yang bekerja di industri yang harus selalu tampil sempurna. Tidak sedikit juga orang yang gemar memilih bahan sendiri dan membawanya ke penjahit dan membuat pakaian sesuai keinginannya.


Bagi kamu yang ingin membeli bahan rayon, ada beberapa macam bahan rayon yang bagus untuk kamu pilih. Bahan rayon memiliki beberapa jenis diantaranya ada rayon twill dan rayon viscose. Her World akan membahas perbedaan di antara dua jenis rayon ini agar kamu tidak salah memilih.


Rayon viscose


(Kilau cantik bahan rayon viscose. Foto: Dok. Treehugger/Pinterest)


Viscose adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang dibuat dari pulp kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra. Rayon viscose terlihat seperti bahan yang mewah karena memiliki drape dan kesan halus. Saat kamu pegang, viscose terasa licin dan lentur. Untuk menjahitnya kamu perlu hati-hati karena bahan ini mudah bolong.


Jika kamu ingin kesan mewah pada pakaian kamu, kamu dapat mencoba rayon viscose karena bahan ini memberi kesan shiny dan nyaman dipakai karena bahannya sejuk. Bahan ini mudah menyerap keringat jadi tidak kaget jika bahan ini adem dan nyaman dipakai.


Memberikan kesan yang mewah bukan berarti bahan ini mahal, bahan ini cukup terjangkau, pilihan yang tepat jika kamu ingin tampil mewah dengan budget yang tidak terlalu besar. Selain itu, bahan ini tidak mudah pudar jadi kamu tidak perlu takut untuk mencuci dan menggunakannya berulang kali. Untuk kamu yang memutuskan membeli bahan viscose, hindari penggunaan air panas untuk mencuci bahan ini karena dapat menyebabkan penyusutan pada bahan.


(Baca juga: 7 Model Baju Brokat Untuk Orang Gemuk, Bikin Tampak Langsing)


Rayon twill


(Kuat dan adem merupakan karakter dari bahan rayon twill. Foto: Dok. MoodFabrics/Pinterest)


Asal usul kata rayon twill berasal dari dua istilah, yaitu rayon dan twill. Rayon merupakan jenis kain yang terbuat dari serat selulosa atau dinding sel tumbuhan. Sedangkan twill merupakan salah satu teknik tenun dasar yang dapat dikenali dari ciri garis diagonal di permukaannya.


Jika dilihat, penampilan rayon twill terlihat seperti twill pada umumnya. Jarak antar benang terdapat celah, ada pola diagonal ataupun kotak-kotak pada permukaanya. Rayon twill terbukti lebih kuat dibanding rayon biasa. Karakter pada rayon twill terbilang unik, sebab perpaduan antara serat rayon dan teknik tenun twill membuat bahan kain rayon twill mewarisi karakteristik keduanya.


Bahan rayon twill lebih kuat dibandingkan rayon viscose namun untuk tampilannya, twill terlihat kurang shiny dibanding viscose. Bahan ini tidak mudah kusut saat dikenakan. Bahan ini juga tak kalah nyaman dan adem dibanding bahan rayon viscose. 


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Tas Selempang Wanita yang Besar dan Stylish)


Itu dia penjelasan tentang rayon viscose dan rayon twill, sekarang kamu dapat membeli bahan untuk kamu jahit dengan bahan rayon yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.


Pada intinya, jika kamu mencari bahan yang terlihat elegan dan mewah namun terjangkau harganya kamu bisa menggunakan bahan rayon viscose. Namun, jika kamu ingin bahan yang lebih kuat untuk dipakai berbagai aktivitas dan tidak mudah lecek, kamu dapat membeli bahan rayon twill.


(Penulis: Nada Kamiliya)

Fashion