Fashion

7 Model Baju Brokat Untuk Orang Gemuk, Bikin Tampak Langsing

By : Her World Indonesia - 2023-10-02 15:00:01 7 Model Baju Brokat Untuk Orang Gemuk, Bikin Tampak Langsing

Baju brokat cocok dikenakan saat ingin menghadiri pesta mewah, acara formal yang meriah, maupun sederhana. Baju brokat sekarang ini sudah dibuat dengan berbagai model kekinian dan terlihat sangat menawan. Supaya bisa memenuhi kebutuhan setiap wanita, ada berbagai model baju brokat untuk orang gemuk yang bisa kamu jadikan inspirasi. 


Apa yang Dimaksud dengan Brokat?


Pakaian dengan bahan brokat cukup beragam, mulai dari gamis, dress, dan kebaya. Terdapat perbedaan definisi istilah kain brokat ini di pasaran. Sesuai dengan definisi dari KBBI, brokat berarti kain sutra bersulam benang perak maupun emas. Brokat aslinya memiliki banyak dekorasi, mirip dengan tenun songket. Sementara kain brokat yang umumnya lebih dikenal merupakan kain renda atau kain lace menerawang. 


Model-model Atasan Brokat yang Cocok untuk Wanita Gemuk


Berikut beberapa model atasan brokat yang cocok untuk wanita gemuk. 


1. Mini Dress Brokat Asimetris

(Model baju brokat untuk orang gemuk. Foto: Dok. SHEIN/Pinterest)


Mini dress brokat asimetris merupakan satu model baju brokat yang cocok untuk orang gemuk. Model dress pendek dengan potongan asimetris; bagian belakang lebih panjang dari bagian depan, bisa membuat ilusi kaki kamu tampak lebih jenjang dan menciptakan siluet tubuh yang lebih indah. Detail ini juga bisa mempermanis keseluruhan penampilanmu. 


2. Mini Dress Brokat Dengan Banyak Aksen


Model baju brokat yang cocok untuk orang gemuk lainnya yaitu mini dress brokat dengan banyak aksen. Aksen penuh pada mini dress brokat tidak akan menimbulkan kesan seksi yang berlebihan. Kain brokat juga bisa membantu menyamarkan bentuk tubuh kamu, sehingga bisa membuat penampilan kamu tampak lebih ramping. Terapkan juga potongan A-line pada mini dress untuk menyamarkan bagian pinggul, paha maupun perut yang besar. 


3. Outer Brokat Model Cape


(Model baju brokat untuk orang gemuk. Foto: Dok. SHEIN / Pinterest)


Pada dasarnya, cape merupakan outer tanpa lengan dengan potongan lebar-panjang yang digunakan sebagai luaran. Potongannya yang lebar-panjang tersebut bisa membantu menyamarkan bentuk tubuh bagian atas yang besar. Model cape seperti ini sering dikreasikan untuk busana blouse dan sering juga dijadikan detail kombinasi dress.


4. Baju Brokat Peplum


Selain outer brokat model cape, brokat peplum merupakan model baju brokat untuk orang gemuk lainnya. Baju peplum mempunyai ciri aksen rempel di area pinggang. Meskipun bisa semakin menonjolkan bagian pinggang—membuatnya terlihat lebih besar—tetapi baju brokat model peplum seperti ini bisa menutupi bagian perut yang besar. Bahkan, tergantung dari panjang baju brokat peplum, model baju ini juga bisa dibuat hingga menutupi bagian paha. Itu akan membantu membuat penampilan kamu terlihat semakin ramping.


(Baca Juga: Mengintip 5 Inspirasi Kebaya Modern dari Para Selebriti)


5. Dress Brokat Dengan Bagian Lengan Melebar


Untuk menutupi bagian lengan yang cukup besar, kamu bisa mengandalkan baju brokat dengan bagian lengan yang melebar. Detail baju dengan lengan lebar seperti ini bisa memberikan kenyamanan, karena baju tidak akan terlalu ketat pada bagian lengan. 


6. Dress Brokat Model V-Neck


Bagi kamu yang memiliki tubuh plus size, dress brokat model V-neck seperti ini mungkin bisa kamu jadikan inspirasi. Sesuai namanya, model dress ini memiliki bentuk V pada bagian lehernya. Untuk menyamarkan bentuk tubuh kamu, buatlah potongan dress A-line yang melebar ke bawah, dengan model bagian lengan melebar. Model dress seperti ini bisa menciptakan kesan lebih langsing dengan menyamarkan bagian perut, paha, dan lengan yang besar. 


7. Baju Off-Shoulder Brokat


Satu lagi pilihan model baju brokat untuk orang gemuk, yaitu baju off-shoulder brokat, atau dikenal juga dengan istilah baju sabrina. Sesuai namanya, model baju ini memiliki bagian bahu dan pundak yang terbuka. Dengan model seperti ini, maka bisa menonjolkan bagian leher dan tulang selangka, sehingga bisa menyamarkan lengan besar dan membuat kamu tampak lebih ramping. Model off-shoulder pada baju brokat juga bisa menciptakan kesan feminin dan manis pada penampilanmu. 


(Baca Juga: 5 Tips Memakai Flat Shoes yang Cocok untuk Badan Petite)


Itulah beberapa model baju brokat untuk orang gemuk yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi. 





(Penulis: Calvin)

Fashion