Fashion

Kualitas Premium, Ini Kelebihan & Kekurangan Rayon Twill

By : Her World Indonesia - 2022-08-29 14:00:02 Kualitas Premium, Ini Kelebihan & Kekurangan Rayon Twill

Rayon twill merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian. Selain sebagai baju atasan, bahan ini juga cocok dibuat untuk membuat bawahan, seperti rok maupun celana panjang.

Untuk kamu yang masih bingung membedakan rayon twill dengan bahan lainnya, salah satu yang menjadi ciri khas dari rayon twill adalah teksturnya yang memiliki serat atau motif beralur diagonal. Dikenal berkualitas tinggi dan nyaman di kulit, berikut telah Her World rangkum karakteristik beserta kelebihan dan kekurangan dari rayon twill untuk diketahui, let’s take a look!

Karakteristik Rayon Twill


(Rayon twill. Foto: moiztex.com)


Istilah bahan kain rayon twill sebenarnya berasal dari dua istilah, yakni rayon dan twill. Rayon merupakan jenis kain yang terbuat dari serat selulosa atau dinding sel tumbuhan. Sedangkan istilah twill mengacu pada teknik tenunan yang digunakan.


Dari segi penampilan, bahan kain rayon twill terlihat mirip dengan kain twill pada umumnya. Jarak antar benang tidak terlalu rapat. Ada pola diagonal atau kotak-kotak pada permukaannya. Namun berbeda dengan rayon biasa, rayon twill relatif lebih kuat. Itulah kenapa bahan ini disebut bahan rayon premium.


Bahan rayon premium memiliki karakteristik yang unik. Perpaduan antara serat rayon dan teknik tenun twill membuat bahan kain rayon twill mewarisi karakteristik keduanya. Misalnya saja dari segi tampilan. Rayon twill terlihat berkilau dengan pola tenunan berbentuk kotak-kotak atau diagonal.


(Baca juga: Intip 7 Rekomendasi Sling Bag Wanita Untuk Berbagai Gaya)


Kelebihan Rayon Twill

Rayon twill merupakan tipe rayon yg paling bagus ketebalannya. Baik dari segi tampilan maupun kekuatan, rayon twill sangat bisa diandalkan. Berikut adalah uraian kelebihan dari rayon twill:



(Kelebihan dan kekurangan rayon twill. Foto: freepik.com)

1. Tebal dan kuat

Dari beberapa jenis kain rayon, bahan katun rayon twill terbilang memiliki tingkat ketebalan paling bagus. Hal tersebut tidak terlepas dari teknik tenun yang digunakan, yakni teknik tenun silang kepar atau twill. Karena lebih tebal, bahan rayon premium cenderung lebih kuat. Jadi jika mencari bahan rayon premium, bahan kain rayon twill sangat layak untuk dipertimbangkan.

2. Tidak mudah kusut

Kain rayon dikenal tidak mudah kusut, begitu juga dengan bahan katun rayon twill yang merupakan salah satu produk turunannya. Selama tidak terlipat dan tertekan secara berlebihan, rayon twill masih terlihat rapi meskipun tidak disetrika. Bahan kain rayon twill pun memiliki keungulan terasa adem saat dikenakan. Bahannya yang jatuh membuat rayon twill seringkali digunakan sebagai gaun wanita.

3. Terasa halus di kulit

Meski tidak sehalus rayon reguler, bahan katun rayon twill juga punya permukaan yang halus. Permukaan yang halus membuat bahan rayon premium yang satu ini terasa nyaman saat terjadi gesekan dengan kulit.

4. Menyerap keringat

Rayon twill tergolong sebagai jenis kain yang punya kemampuan menyerap keringat yang bagus. Karena itulah, kain ini tidak terasa gerah. Justru sebaliknya, rayon twill terasa adem saat dikenakan.

5. Aman di kulit

Karena terbuat dari serat alami, bahan katun rayon twill sangat aman digunakan. Baik anak-anak maupun orang dewasa, semuanya bisa mengenakan bahan yang satu ini.

6. Bersifat Serbaguna

Bahan rayon twill merupakan salah satu bahan yang serbaguna dikarenakan dapat digunakan untuk berbagai macam produk fashion. Mulai dari bahan kemeja, celana, hingga seragam, banyak produsen busana yang memilih bahan rayon twill sebagai material utama. 


(Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Preloved dan Thrift)


Kekurangan Bahan Rayon Twill

Di antara semua kelebihan yang ditawarkan, rayon twill pun tidak terlepas dari kekurangan. Bahan rayon twill kurang memiliki banyak varian warna, cenderung hanya memiliki warna soft atau kurang begitu cerah. Meski begitu, bahan rayon twill justru tidak mudah pudar warnanya.


Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari rayon twill. Dengan mengetahui karakteristik dari bahan yang ada, dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli busana yang kita inginkan. Terlepas semua kelebihan di atas, tentu ada kekurangan dari setiap bahan. Namun jika dipertimbangan kelebihan di banding kekurangannya, Rayon Twill dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin mencari bahan berkualitas dengan mengutamakan kenyamanan produk. Semoga bermanfaat, ya!


(Penulis: Girah Ababyl M.K.)


Fashion