Hair & beauty

5 Cara Alami Merawat Rambut Keriting Yang Bisa Dicoba

By : Vanessa Masli - 2023-01-30 18:00:01 5 Cara Alami Merawat Rambut Keriting Yang Bisa Dicoba

Penting untuk merawat rambut secara berkala, tak jauh berbeda dengan perawatan yang rutin kamu lakukan untuk menjaga wajah. Namun, buat kamu yang memiliki rambut keriting, mungkin perlu merawatnya lebih ekstra. Sebab rambut keriting memiliki potensi untuk kerusakan dan cenderung lebih kering dibandingkan jenis rambut lainnya.


Jadi penting untuk mengetahui cara merawat rambut keriting dengan baik, setidaknya mencoba beberapa cara alami yang sudah Her World rangkum di bawah ini. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir ya!


1. Hindari keramas terlalu sering


Namun bukan berarti tak keramas selama lebih dari satu bulan, tapi rambut keriting tak perlu dikeramas secara rutin setiap hari. Sebab, saat kamu sering keramas, rambutmu akan cenderung lebih kering dan mengembang sehingga harus disesuaikan dengan kondisi rambut.


Coba bereksperimen dengan frekuensi keramasmu untuk mengetahui kondisi terbaik rambut keritingmu. Mungkin dua hari sekali, satu minggu sekali, hingga dua minggu sekali, untuk menjaga kelembapan dan kekuatan rambut juga.


2. Pijat menggunakan hot oil



(Pijat rambut dengan minyak zaitun yang sudah dihangatkan bisa jadi opsi untuk merawat rambut keritingmu. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Hal yang membuat rambut keritingmu sulit diatur itu karena kondisinya yang kering. Cara paling sederhana untuk menjaga rambut keriting agar mudah diatur dan terawat adalah memijat dengan hot oil. Kamu bisa memilih antara minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond untuk dihangatkan, bisa di-microwave atau di panci.


Setelah hangat, kamu bisa memijatkannya ke area kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Pijatan ini membantu penyerapan minyak ke kulit kepala sehingga nutrisi dan antioksidan di dalam minyak tersebut bisa membantu pemenuhan nutrisi folikel-folikel rambut.


Bungkus rambut dengan shower cap sebelum membungkusnya dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Diamkan selama satu jam sebelum rambutmu dicuci sampai bersih.


3. Urai rambut sebelum keramas


Saatnya kamu harus keramas, penting untuk menguraikan rambut sebelum terkena air. Sebab, saat rambut sudah dibasahi, kamu mengunci rambut keriting yang sebelumnya sudah kusut. Mungkin menggunakan air saja bisa menguraikan rambut, tapi akan lebih mudah dilakukan sebelum keramas dengan bantuan detangling spray.


Apalagi kalau kamu memiliki tekstur rambut yang lebih tipis dan halus, menguraikannya saat keramas justru berpotensi menyebabkan kerontokan sehingga lebih baik mengurainya sebelum terkena air.


(Baca Juga: Tidak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe)


4. Membuat masker telur



(Sumber protein untuk kekuatan rambut bisa kamu dapatkan dari telur. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Pertumbuhan dan kekuatan rambut juga ditentukan dari kandungan protein dalam tubuh. Untuk memastikan kebutuhan proteinmu terpenuhi, telur bisa menjadi bahan alami andalanmu. Selain bisa dikonsumsi untuk perawatan dari dalam, telur juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara alami dalam merawat rambut keritingmu.


Kamu cukup mencampurkan satu butir telur dengan satu sendok makan mayones, dan dua sendok makan minyak zaitun. Campur hingga memiliki tekstur pasta, lalu diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit sebelum kamu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.



5. Beri nutrisi rambut dengan lidah buaya


Gel lidah buaya bisa jadi nutrisi yang kamu butuhkan untuk merawat rambut keritingmu. Mulai dari kandungan mineral, vitamin, dan asam amino yang tersimpan di dalam lidah buaya, berikan nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk menjaga kekuatannya.


Kamu bisa mengambil gel langsung dari daun lidah buaya atau membeli dalam kemasan, lalu pijat dengan lembut ke rambut dan kulit kepala selama 15 menit. Setelah dipijat, bilas menggunakan air hangat sampai bersih dan keramas menggunakan sampo yang lembut. Nutrisi dan antioksidan dalam gel lidah buaya bisa membantu jaga kekuatan rambut keritingmu.


(Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Memanjangkan Rambut Dengan Cepat)


Itu dia cara alami untuk merawat rambut keriting yang bisa kamu coba. Untuk memastikan kesehatan dan kekuatan rambutmu, kira-kira cara mana yang ingin kamu terapkan?


Hair & beauty