Hair & beauty

Ini 6 Bahan Alami Yang Cocok Untuk Hilangkan Flek Hitam

By : Vanessa Masli - 2023-01-20 16:00:01 Ini 6 Bahan Alami Yang Cocok Untuk Hilangkan Flek Hitam

Wajah yang bersih, bebas jerawat, dan cerah mungkin jadi salah satu impian sebagian orang, baik wanita maupun pria. Dengan paparan debu, polusi, dan sinar matahari, kulit wajahmu harus menjadi bagian tubuh yang menghadapi berbagai masalah, mulai dari jerawat hingga flek-flek hitam yang muncul.


Kalau kemunculan flek hitam menjadi salah satu masalah kulit wajah yang berusaha kamu carikan solusinya, beberapa bahan alami yang sudah Her World rangkum ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Penasaran apa saja bahannya? Simak deretan di bawah ini.


1. Buah pepaya



(Buah pepaya bisa jadi eksfoliator alami untuk hilangkan flek hitam. Foto: Dok. Jess Loiterton/Pexels)


Buah satu ini mungkin bukanlah buah favoritmu untuk dikonsumsi, tapi bisa tawarkan solusi untuk menghilangkan flek hitam serta masalah-masalah lain di kulit wajah. Sebab, dalam buah pepaya, ada kandungan alpha-hydroxy acids atau lebih dikenal dengan AHA sebagai eksfoliator kimiawi.


Meskipun, AHA lebih banyak digunakan untuk jenis kulit kering dan mengurangi tanda-tanda penuaan, buah pepaya tetap bisa membantu akan flek hitam dan cerahkan kulitmu. Bahan alami yang efektif mengangkat sel kulit mati, mengurai sel-sel kulit, dan meningkatkan produksi kolagen sehingga wajahmu akan terlihat lebih segar.


Kamu cukup menghancurkan buah pepaya yang sudah matang dalam sebuah mangkuk. Setelah halus, aplikasikan ke wajah bersih. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Saat membilas, kamu bisa berikan sedikit pijatan memutar untuk tingkatkan proses eksfoliasi menggunakan buah pepaya.


2. Air putih



(Air putih bantu rawat kulit wajah dari dalam. Foto: Dok. Elliot Fais/Pexels)


Bahan alami yang mudah kamu temukan, harusnya rutin kamu konsumsi, dan penting untuk perawatan kulit dari dalam. Sebab, berbagai masker dan perawatan wajah yang kamu coba harus didukung dengan perawatan tubuh dari dalam sehingga air putih jadi bahan esensial.


Banyak hal yang bisa dirasakan kulitmu saat kamu rutin minum air putih, setidaknya delapan gelas satu hari. Kulitmu sudah pasti akan lebih halus dan cerah karena air putih membantu kurangi racun-racun dan kotoran yang ada dalam tubuh. Tentu, kebiasaan ini juga harus dibarengi dengan pengurangan konsumsi alkohol dan minuman manis. Plus, air juga bisa merawat kondisi wajahmu dari luar dengan kamu rajin membersihkannya dua kali sehari.


3. Lidah buaya



(Bisa jaga pigmentasi kulit wajah tetap merata. Foto: Dok. Cecilia O. Tommasini/Pexels)


Baik kulit maupun rambut, hampir satu tubuhmu mungkin bisa temukan solusinya dari lidah buaya. Tanaman satu ini menyimpan kandungan bernama aloin, komponen alami yang bantu kurangi pigmentasi pada kulit sehingga wajah pelan-pelan terlihat lebih cerah dan flek hitam pun berkurang.


Penggunaannya pun relatif mudah. Kamu cukup mengambil gel dari tanaman lidah buaya atau membeli gel lidah buaya yang sudah dikemas. Aplikasikan ke area wajah yang memiliki banyak flek hitam sebelum tidur. Biarkan semalaman saat kamu tidur, lalu keesokan paginya bilas dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini setiap hari sampai warna kulitmu mengalami perubahan.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Makanan Ini Bikin Wajah Kamu Lebih Awet Muda)


4. Air lemon dan yoghurt



(Yoghurt bisa bantu bersihkan kulit wajahmu. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)


Tak lagi menjadi rahasia kalau membicarakan manfaat lemon bagi kulit. Kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalamnya bisa menjadi solusi untuk hilangkan flek-flek hitam yang ada di wajah. Berkat kandungan bleaching dalam buah lemon dan ditambah kandungan dalam yoghurt yang bantu bersihkan kulit, kamu mendapatkan kombinasi apik untuk hilangkan flek hitam sekaligus berikan kilau pada wajahmu.


Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan plain yogurt dan setengah sendok teh air lemon. Campur hingga merata. Gunakan kuas atau jari tangan yang sudah bersih untuk mengaplikasikannya ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum kamu bilas sampai bersih.


5. Kunyit



(Kunyit jadi salah satu rempah pilihan untuk atasi berbagai masalah tubuh, termasuk kulit. Foto: Dok. Karl Solano/Pexels)


Selain menghilangkan flek hitam, rempah satu ini sudah dikenal jadi salah satu bahan alami untuk meratakan waktu kulit dan mendorong produksi kolagen. Lama menjadi rempah pilihan sebagian masyarakat, khususnya India, kunyit menyimpan berbagai kandungan untuk atasi ragam masalah tubuh, tanpa terkecuali kulit.


Dengan kandungan anti radang, antioksidan, dan bisa bantu proses eksfoliasi, kunyit akan meninggalkan kondisi wajahmu yang terlihat cerah dan bersih. Kamu cukup campurkan dua sendok makan kunyit bubuk, satu sendok makan tepung beras, dua sendok makan susu (untuk jenis kulit berminyak) atau minyak kelapa (untuk jenis kulit kering), dan satu sendok makan madu.


Aplikasikan ke seluruh wajah, diamkan selama 15-20 menit, dan bilas hingga bersih. Lanjutkan dengan pelembapmu. Kamu akan mendapatkan wajah yang tak hanya bebas flek hitam, tapi juga jerawat.


6. Tomat



(Tomat bisa jadi toner alami untuk kulit. Foto: Dok. Julia/Pexels)


Bahan yang bisa berfungsi sebagai toner kulit alami. Tomat dikenal kaya akan kandungan likopen yang membantu hilangkan flek-flek hitam pada kulit sehingga menghasilkan tampilan wajah yang lebih cerah dengan warna kulit merata. Plus, kamu tak perlu mencampurkan tomat dengan bahan-bahan lain untuk rasakan manfaatnya.


Kamu bisa langsung menghaluskan tomat dan mengaplikasikannya ke seluruh wajah, mungkin ditambah sedikit pijatan untuk memastikan semua nutrisinya terserap kulit. Diamkan selama 10 menit, lalu kamu bilas dengan air dingin. Kulitmu nantinya akan terasa lembut, halus, dan terlihat lebih cerah.


(Baca Juga: Bikin Bibir Merah Alami Dengan 6 Buah Ini, Apa Saja?)


Beberapa bahan alami ini yang bisa kamu gunakan untuk hilangkan flek hitam di kulit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Hair & beauty