Jangan Asal Cabut! Ini 6 Cara Atasi Kulit Wajah Mengelupas


  • Jangan Asal Cabut! Ini 6 Cara Atasi Kulit Wajah Mengelupas
    Jangan Asal Cabut! Ini 6 Cara Atasi Kulit Wajah Mengelupas (Foto:[email protected] Anastasia Kazakova/freepik)

    Kulit wajah tiap wanita pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari berminyak, kombinasi sampai kering. Keadaan kulit wajah ini juga terkadang dapat berubah seiring dengan perubahan hormon, cuaca, atau bisa jadi dari pola makan. Salah satu perubahan kulit yang bisa terjadi ialah mengelupasnya kulit. Keadaan ini tentunya sangat menggangu terutama saat sedang menggunakan masker.


    Dalam keadaan seperti ini sebisa mungkin hindari mencabut kulit atau mengelupas secara disengaja. Berikut ini Her World rangkumkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Let’s check this out!




    1. Mandi air dingin

    Mandi dengan air dingin bantu menyembuhkan kulit yang mengelupas

    (Mandi dengan air dingin bantu menyembuhkan kulit yang mengelupas. Foto: Dok.valuavitaly/ Freepik)

    Bagi kamu yang sedang mengalami kulit mengelupas, mungkin bisa mulai mengganti kebiasaan kamu dari mulai hal sepele seperti mandi. Usahakan untuk mandi menggunakan air dingin, serta sebisa mungkin jangan mandi menggunakan air panas ketika kulit sedang mengelupas. Air panas atau hangat malah dapat membuat kulit semakin kering dan mudah menyebabkan iritasi. Tidak hanya itu, sebisa mungkin persingkat waktu terpaparnya kulit dengan air.



    2. Ganti sabun cuci muka

    Sabun muka yang lembut bantu menjaga kelembapan kulit kamu

    (Sabun muka yang lembut bantu menjaga kelembapan kulit kamu. Foto: Dok.wayhomestudio/ Freepik)

    Saat sedang mengalami kulit wajah yang mengelupas, sebisa mungkin ganti sabun cuci muka kamu dengan sabun cuci muka dengan bahan yang lembut. Carilah sabun muka yang dapat menyeimbangkan PH kulit sehingga mampu mempertahankan kelembapan kulit. Beberapa sabun cuci muka yang memiliki kandungan yang melembapkan serta lembut adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Senka Perfect White Clay, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash dan masih banyak lainnya.


    (Baca Juga:Alami 5 Hal Ini? Bisa Jadi Kulit Wajah Kamu Sedang Iritasi)


    3. Gunakan pelembap

    Pelembap bantu kurangi iritasi berlebih pada kulit

    (Pelembap bantu kurangi iritasi berlebih pada kulit. Foto: Dok. Freepik)


    Kulit yang sedang mengelupas menjadi salah satu tanda bahwa kulit kamu sedang dalam keadaan yang sangat kering. Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi pemasalahan ini ialah dengan menggunakan pelembap, terutama setelah mencuci muka. Pilihah jenis pelembap yang tidak menambah iritasi, serta bagi kamu pemilik kulit sensitif sebisa mungkin gunakan pelembap dengan bahan-bahan alami. Beberapa kandungan yang bagus untuk kulit kamu antara lain asam hialuronat, asam laktat, lanolin, petrolatum dan minyak jojoba.



    4. Minum air putih

    Air putih bantu menghidrasi kulit kamu

    (Air putih bantu menghidrasi kulit kamu. Foto: Dok. Adrienn/pexels)


    Bila kamu ingin mengatasi kulit wajah yang mengelupas agar lebih cepat sembuh, kamu bisa mencoba utuk memperbaiki bukan dari luar saja tapi dari apa yang kamu konsumsi. Cobalah untuk membiasakan minum air putih yang banyak, karena dapat dengan efektif membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Kebutuhan tubuh terhadap air putih pada setiap orang juga berbeda-beda. Bila kamu sering beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak.


    (Baca Juga: Kenali 5 Ciri Kulit Wajah Mengalami Iritasi Kosmetik)


    5. Jangan menggaruk

    Ganti menggaruk dengan mengompres kulit wajah

    (Ganti menggaruk dengan mengompres kulit wajah. Foto: Dok. freepik)


    Saat mengalami kulit mengelupas, sangat wajar bila kamu merasakan gatal pada kulit. Saat rasa ini muncul, sangat disarankan untuk tidak menggaruk atau mencabut kulit yang menjuntai. Hal ini malah dapat menambah luka dan iritasi. Alternatif lain, kamu bisa mengompres bagian wajah yang terkelupas menggunakan es batu yang telah dibungkus kain.



    6. Menggunakan sunscreen

    Sunscreen mengurangi kerusakan kulit mengelupas akibat sinar uv.

    (Sunscreen mengurangi kerusakan kulit mengelupas akibat sinar uv. Foto: Dok. freepik)


    Keadaan kulit wajah yang sedang mengelupas tidak boleh menghentikan kamu untuk menggunakan skincare, terkhususnya sunscreen. Saat kulit sedang mengelupas, disitu pula kamu sedang membutuhkan perlindungan lebih dari paparan sinar UV yang dapat memperparah kondisi muka kamu. Cobalah untuk menggunakan sunscreen dengan konsistensi yang ringan serta memiliki kandungan yang dapat melembapkan kulit.


    (Baca Juga:Kulit Wajah Kering Dan Gatal, Ini Yang Harus Dilakukan)


    Berikut itu telah Her World rangkumkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang sedang mengelupas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


    (Penulis: Brigitta T.Halim)





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below