Kulit Wajah Kering Dan Gatal, Ini Yang Harus Dilakukan


  • Kulit Wajah Kering Dan Gatal, Ini Yang Harus Dilakukan
    Pentingnya humidifier untuk kulit wajah kering dan gatal. (Foto: Dok. AmpYang/Shutterstock)

    Kulit wajah yang kering dan gatal tentunya menyebabkan ketidaknyamanan. Hal ini kerap terjadi pada beberapa orang dan biasanya disebabkan oleh penggunaan produk sabun atau kosmetik yang salah, tidak mencuci muka dengan benar, kondisi alami kulit, dan mengidap penyakit kulit tertentu. Kekeringan di kulit wajah adalah tanda kulit kekurangan cairan yang menjaga kelembapan wajah. 


    Jangan langsung menggaruk jika kulit wajah kering dan mengalami gatal-gatal. Menggaruk kulit wajah hanya akan memperparah kondisi kulit dan bisa menyebabkan luka. Maka dari itu, ikuti langkah berikut ini jika kulit wajah kering dan gatal.




    (Baca Juga: 8 Bahan Skincare Alternatif Retinol, Tidak Bikin Iritasi!)

    kulit wajah kering dan gatal
    (Pelembab penting untuk kulit wajah kering dan gatal. Foto: Dok. Alona Siniehina/iStock)


    1. Rutin menggunakan pelembap wajah

    Pelembap penting terlebih untuk kondisi kulit wajah kering. Untuk menghindari gatal-gatal, gunakan pelembap secara rutin, terutama setelah mencuci muka. Krim pelembap yang paling aman untuk kulit wajah adalah yang mengandung bahan-bahan alami, hindari yang mengandung wewangian dan zat iritatif yang bisa menyebabkan iritasi kulit. 


    2. Kompres kulit wajah dengan air es atau es batu

    Kompres wajah yang kering dan gatal dengan handuk kecil yang dibasuh air dingin. Kamu juga bisa menggunakan es batu yang dibalut handuk kecil dan ditempelkan ke bagian yang gatal.


    3. Menggunakan sabun cuci muka yang tepat

    Hati-hati dalam memilih sabun cuci muka yang cocok dengan kondisi wajah. Pilih sabun cuci muka yang aman untuk kulit dan tidak mengandung bahan kimia yang membuat wajah semakin kering. Sabun untuk kulit sensitif juga bisa digunakan agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. 


    4. Gunakan pelembap udara atau humidifier

    Nyalakan humidifier ketika sedang beraktivitas di ruangan, terlebih saat sering tertiup angin AC. Humidifier berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan dan membantu menghindari alergi kulit. Humidifier sudah beragam, dari yang berukuran kecil sampai besar sesuai kebutuhan. Jika beraktivitas di ruangan kecil atau sempit, cukup gunakan humidifier kecil. Jika beraktivitas di ruangan yang luas, gunakan humidifier berukuran besar agar lebih ampuh melembapkan ruangan.


    5. Hindari paparan asap rokok

    Selain memberikan dampak buruk pada kesehatan organ internal manusia, asap rokok juga bisa menyebabkan kulit wajah kering dan gatal jika sering terpapar. Paparan asap rokok juga dapat memperparah gejala eksim terlebih pada kulit wajah yang kering sehingga akan meningkatkan kemungkinan kulit wajah akan semakin kering, gatal-gatal, dan bahkan luka. 


    (Baca Juga: Yuk Coba, 5 Rekomendasi Bedak Untuk Kulit Kering)


    Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan jika kamu mengalami kulit wajah kering dan gatal. 


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below