Life & health

Coba 5 Cara Sederhana Untuk Istirahatkan Mata Saat Bekerja

By : Vanessa Masli - 2023-01-18 18:00:02 Coba 5 Cara Sederhana Untuk Istirahatkan Mata Saat Bekerja

Saat ini, rasa sulit untuk menjauhkan diri dari berbagai layar gadget dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari. Entah dari pagi, kamu lebih dulu membuka handphone dibandingkan membuka tirai kamar atau menghabiskan sebagian besar harimu di depan laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada, tak ada hari terlewat tanpa kamu bersentuhan dengan gawai masing-masing.


Meski mendorong produktivitas sehari-hari, semua perangkat teknologi yang kamu gunakan sehari-hari juga bisa berikan dampak buruk pada kesehatanmu, tanpa terkecuali kondisi matamu. Kalau kamu ingin menjaga kondisi matamu tetap sehat atau bagi yang sudah memakai kacamata, tak ingin memperparah kerusakan yang sudah terjadi, penting untuk sejenak mengistirahatkan mata.


Ketika memejamkan mata selagi kamu tertidur tak lagi beri istirahat yang cukup bagi mata, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan matamu dan bisa kamu coba selagi bekerja. Penasaran apa saja? Simak deretan yang sudah Her World rangkum di bawah ini.


1. Lebih sering berkedip


Paparan sinar yang keluar dari layar laptop maupun handphone-mu bisa jadi penyebab kedua matamu kering. Kondisi matamu yang mengering bisa menyebabkan permasalahan kesehatan lain seperti sakit kepala, area mata terasa kencang, dan bahkan mengaburkan penglihatanmu.

Ditambah, saat kamu sibuk melihat layar gawaimu, kecepatan matamu berkedip jadi jauh berkurang sehingga peluangnya mengering lebih besar. Jadi, penting untuk menghindari ketegangan maupun kekeringan di area mata dengan rutin mengedipkannya. Dengan lebih sering berkedip, kamu bantu membersihkan dan menyegarkan mata sehingga bisa kembalikan fokus penglihatan lagi.


2. Kompres mata dengan tangan


Otot-otot di area mata sudah pasti tegang selama kamu melihat laptop selagi bekerja, ditambah dengan banyaknya pekerjaan yang mengisi kepala. Jadi, saat kamu sedang bekerja atau setelah semua tugas pada hari itu selesai, coba rilekskan otot matamu dengan mengompres.


Tak perlu handuk atau air hangat, cukup gunakan telapak tanganmu untuk mengompresnya. Mulai dari mengosokkan kedua telapak tanganmu hingga hangat, lalu bentuk tanganmu seperti mangkuk dan letakkan di area matamu, tak perlu beri tekanan selama 5-10 menit. Selagi ditutup dengan tangan, biarkan kedua matamu terpejam dan menikmati kehangatan dari telapak tanganmu.


(Baca Juga: Tak Mudah Sakit, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari)


3. Clock exercise


Latihan ini dikenal dengan nama clock exercise dan seperti namanya, kamu melatih matamu dengan membayangkan jam dinding di rumah. Tanpa mengubah posisi kepala, arahkan pandangan mata ke arah jam enam, lalu ke arah jam 12. Lakukan dengan arah yang berseberangan seperti jam tiga dan jam sembilan; jam empat dan jam sepuluh, dan seterusnya. Tahan pandangan pada setiap arah selama satu hingga dua detik sebelum beralih pandangan. Coba lakukan ini selama lima menit.


Saat menerapkan latihan ini, kamu membantu rilekskan otot-otot di area mata yang bekerja luar biasa keras dan tegang selama fokus bekerja. Dengan otot-otot mata yang lebih rileks, kamu juga terhindar dari gejala sakit kepala dan sakit mata lainnya.


4. Istirahatkan mata selama 20 detik (setiap 20 menit)


Selama delapan jam bekerja, berilah matamu istirahat sejenak. Kalau kamu tak ingin terlena dengan waktu istirahat yang kamu buat sendiri, terapkan metode satu ini untuk sekadar rilekskan matamu. Metode ini diberi nama 20/20/20. Jadi, setiap 20 menit, angkat kepalamu dan alihkan pandanganmu ke objek atau pemandangan 20 kaki (atau setara dengan enam meter) di hadapanmu selama 20 detik. Ini bisa jadi cara cepat dan sederhana istirahatkan matamu sejenak dari hadapan laptop atau gawai lainnya.



(Istirahatkan matamu sejenak saat bekerja. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


5. Fokuskan pandangan ke arah lain


Selain laptop atau handphone-mu, ada banyak hal lain yang bisa jadi fokus pandanganmu. Untuk merelaksasikan mata setelah lama bertatapan dengan layar gawai, coba kamu fokuskan pandangan ke sebuah objek, jarak dekat maupun jauh. Kalau di dekatmu ada tas kantor, perhatikan setiap detailnya. Lalu, untuk jarak lebih jauh ada papan iklan, perhatikan detailnya juga.


Tujuan mengalihkan fokus pandanganmu ini adalah untuk membuat kedua matamu terus bergerak lebih luas. Kalau kamu kira bekerja sudah cukup menggerakkan matamu, sebenarnya kedua mata membutuhkan ruang pandang dan gerak yang lebih luas.


(Baca Juga: Sering Berkeringat? Ini 7 Cara Mudah Atasi Biang Keringat)


Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengistirahatkan mata saat bekerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Life & health