Life & health

Sering Berkeringat? Ini 7 Cara Mudah Atasi Biang Keringat

By : Her World Indonesia - 2023-01-16 20:00:01 Sering Berkeringat? Ini 7 Cara Mudah Atasi Biang Keringat

Keringat memang hal yang wajar dan dialami oleh semua orang, setiap tubuh juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda terhadap keringat. Ada orang yang sangat sulit untuk berkeringat,dan kebalikannya ada orang yang malah sangat mudah untuk menghasilkan keringat. Keringat yang berlebih terkadang memang dapat mengganggu dibeberapa bidang, salah satunya ialah menyebabkan biang keringat.


Biang keringat merupakan ruam kecil berwarna kemerahan yang menonjol dan biasanya menimbulkan rasa gatal hingga perih. Banyak faktor juga sebenarnya yang bisa memicu munculnya biang keringat muncul pada kulitmu. Tidak perlu khawartir bertikut ini Her World rangkumkan beberapa cara yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi biang keringat. Let’s take a look!


1. Membersihkan dengan benar


(Bersihkanlah biang keringat pada air dingin yang mengalir. Foto: Dok. senivpetro/Freepik)


Biang keringat memang terkadang menimbulkan rasa yang perih, meskipun begitu langkah awal yang kamu harus lakukan untuk mengatasinya ialah dengan membersihkannya. Gunakanlah air dingin yang mengalir untuk membilas biang keringat. Air dingin dapat dengan efektif membantu mengatasi ruam kemerahan yang biasanya terasa panas. Pastikan juga untuk menggunakan sabun yang memiliki sifat lembut dan hindari sabun dengan kandungan bahan kimia untuk hasil yang maksimal. Setelah dibilas, pastikan untuk mengeringkannya biang keringat dengan maksimal agar tidak membuat kulit semakin iritasi.


2. Mengompres


(Mengompres dapat membantu mengeringkan biang keringat. Foto: Dok. Freepik)


Sangat wajar bila biang keringat kamu terasa sangat gatal dan panas. Sebisa mungkin hindari menggaruk langsung biang keringat terutama menggunakan kuku, karena malah dapat memperparah kondisi kulit kamu. Cobalah untuk mengompres biang keringat menggunakan es batu yang dibungkus kain selama 20 menit setiap jamnya. Hal ini dapat sangat efektif membantu proses pengeringan biang keringat kamu.


(Baca Juga: Begini 5 Cara Mengatasi Biang Keringat)


3. Gunakan baju longgar


(Baju longgar bantu kurangi iritasi. Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

Saat kamu sedang mengalami biang keringat, sangat disarankan untuk menggunakan baju yang longgar. Hal ini karena pakaian yang terlalu ketat malah dapat semakin menyebabkan iritasi pada kulit. Sebisa mungkin gunakanlah juga pakaian dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun.


4. Gunakan pendingin

(Menjaga sirkulasi udara saat terkena biang keringat sangat penting. Foto: Dok. Freepik)

Biang keringat yang sedang kamu alami dapat semakin bertambah parah bila berada dalam lingkungan yang panas dan lembab. Melihat adanya kemungkinan ini, sangat disarankan untuk menjaga sirkulasi udara dengan menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan. Udara yang dingin dapat sangat efekif membantu mengeringkan biang keringat serta mengurangi rasa panas yang berlebihan.


(Baca Juga: Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Yang Ampuh)


5. Menggunakan bedak

(Bedak bantu mengeringkan biang keringat. Foto: Dok. pvproductions/Freepik)


Siapa yang menyangka, ternyata bedak juga terbukti ampuh untuk mengatasi biang keringat. Hal ini karena bedak dapat menyerap biang keringat dan membantu proses pengeringan. Pastikan untuk menggunakan bedak yang tidak memiliki kandungan pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi yang berlebih.


6. Menggunakan lidah buaya


(Lidah buaya mengandung antiseptik alami. Foto: Dok. jcomp/Freepik)

Biang keringat terkadang memberikan efek meradang dan panas pada kulit, untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mengaplikaskan lidah buaya secara rutin kepada biang keringat. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan zat anti peradangan dan antiseptik alami yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi yang berlebihan pada kulit.


7. Konsumsi vitamin C

(Vitamin C bantu mempercepat penyembuhan biang keringat. Foto: Dok.Freepik)


Biang keringat ternyata tidak hanya dapat disembuhkan melalui pengobatan luar, tapi juga dari dalam tubuh melalui makanan yang kamu konsumsi. Faktanya vitamin C ternyata dapat terbukti efektif untuk menyembuhkan biang keringat. Melihat hal ini, sangat disarankan untukmengonsumsi buah dan makanan lainnya yang sangat tinggi akan vitamin C


(Baca Juga: CKenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya)


Berikut itu telah Her World rangkumkan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi biang keringat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health