Hair & beauty

Ternyata 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Cepat Tua

By : Vanessa Masli - 2023-01-16 19:00:01 Ternyata 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Cepat Tua

Tak sedikit wanita yang ingin tampil awet muda dalam berbagai usia atau setidaknya, wajahnya menggambarkan kisaran usia yang sesuai dengan realitanya. Namun, saat area mata mulai menunjukkan garis-garis halus atau kulit yang terlihat semakin kusam, mungkin tak jarang kamu mendapati kondisi wajahmu yang terkesan lebih cepat menuat dibandingkan usia aslimu.


Banyak faktor yang memengaruhi perubahan pada wajahmu setiap harinya, termasuk kebiasaanmu sehari-hari. Setidaknya kamu bisa menghindari kondisi wajah yang cepat tua dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini. Penasaran apa saja? Her World sudah merangkum beberapa kebiasaannya di sini.


1. Sering menggosok area mata


Kantung mata atau mungkin mata panda menjadi salah satu tanda penuaan seseorang, ketika otot di area mata mulai melemah. Namun, kondisi ini tak hanya muncul karena kamu kekurangan tidur, tapi juga kebiasaanmu menggosok area mata saat gatal alias mengucek.


Kebiasaanmu yang sering menggosok area mata bisa meningkatkan peradangan. Peradangan itu kemudian berdampak pada munculnya garis-garis halus di sekitar mata, lalu otot yang melemah sehingga muncul kantung mata. Coba kurangi kebiasaan satu ini dan tepuk-tepuk halus jika mata terasa gatal.



(Hindari menggosok mata terlalu sering. Foto: Dok. George Milton/Pexels)


2. Jarang memakai sunscreen


Di tengah ibukota yang penuh polusi apalagi sinar matahari yang tak selalu bersahabat, sunscreen harus jadi produk perawatan wajah esensialmu setiap pagi. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau banyak bergerak di bawah sinar matahari, ditambah tanpa perlindungan SPF, kamu memberi ruang untuk wajahmu tunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat.


Mulai dari garis-garis halus, flek hitam, hingga kerutan, semua bisa dialami wajahmu saat usia kamu masih muda karena paparan sinar matahari tanpa perlindungan. Jadi, pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen secara rutin setiap hari. Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, mengaplikasikan ulang sunscreen juga dianjurkan.


3. Kurang tidur


Banyak hal yang bisa jadi bermasalah ketika kamu kurang tidur, termasuk kondisi kulit wajahmu yang terlihat cepat tua. Saat kamu kehilangan kualitas maupun waktu tidur yang cukup, proses penuaan kulit terjadi lebih cepat. Sebab, setiap malam selama kamu terlelap, kulit melakukan proses regenerasi tiap-tiap selnya.


Tak hanya proses regenerasi sel kulit yang tak berjalan maksimal, kurang tidur juga membuatmu kehilangan energi yang kemudian berdampak pada pola makanmu, lagi-lagi kembali berdampak pada posisi kulit. Jadi pastikan, kamu memberi diri waktu dan kualitas tidur yang cukup sehingga kondisi kulit pun tetap terjaga.


(Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 4 Manfaat Buah Pepaya Untuk Wajah)


4. Tak rajin berolahraga


Minimal kamu harus bergerak dan tak hanya berjalan dari toilet, lalu kembali ke meja kerja. Namun, kamu perlu tetap menggerakkan tubuh dengan berolahraga. Selain untuk membuat hidupmu lebih sehat, olahraga melancarkan sirkulasi darah di seluruh tubuh sehingga mendorong pemberian nutrisi pada tiap-tiap selnya.


Sel-sel kulit wajah pun merasakan manfaatnya dari kebiasaanmu berolahraga dengan tampilan wajah yang lebih cerah, halus, dan juga terlihat awet muda.


5. Terlalu sering menggunakan gadget


Kalau pekerjaanmu kini menuntut kamu harus berada di depan laptop atau handphone, penting untuk memberikan kesempatanmu untuk lepas dari kedua hal tersebut saat ada waktu luang. Tak hanya baik untuk kesehatan mentalmu, tapi juga kondisi kulit. Sebab, selain sinar UV dari matahari yang dapat merusak kondisi kulit, sinar high energy visible (HEV) juga memiliki pengaruh serupa.


Sinar HEV dipancarkan dari layar-layar handphone, tablet, laptop, maupun komputer yang menjadi gawaimu sehari-hari. Sinar tersebut bisa sebabkan kerusakan pada kulit yang akhirnya menyebabkan wajah jadi cepat terlihat tua. Jenis sinar yang lebih dikenal dengan sebutan blue light ini bahkan bisa merusak lapisan sel kulit lebih dalam dari sinar matahari.


Jadi, selagi kamu bisa mengurangi pemakaiannya di waktu luang, tak ada salahnya untuk mencoba jauhkan diri dari berbagai gadget yang kamu punya.



(Kurangi waktu dengan gadget-mu. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


6. Stres


Kondisi mental memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam kondisi tubuh secara fisik, termasuk kulitmu. Mungkin tuntutan pekerjaan yang terlalu tinggi atau pertengkaran dengan pasangan, apapun penyebabnya, stres bisa jadi pemicu berbagai masalah baru dalam keseharianmu.


Hal-hal sederhana yang muncul disebabkan oleh stres adalah kerutan di area alis karena terlalu sering mengernyitkan dahi untuk berpikir tentang berbagai hal, wajah terlihat lebih kusam atau bahkan terasa kasar. Stres yang kamu rasakan sangat berpengaruh pada produksi kolagen sehingg berdampak pada tampilan kulit wajah.


(Baca Juga: Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cushion Untuk Kulit Kombinasi)


Beberapa kebiasaan ini yang bisa bikin wajahmu lebih cepat tua. Semoga bermanfaat untuk mengingatkanmu agar bisa menjaga kondisi kulit lebih baik lagi.


Hair & beauty