Hair & beauty

Coba 4 Bahan Alami Ini Untuk Cerahkan Siku dan Lutut

By : Vanessa Masli - 2022-12-27 12:00:02 Coba 4 Bahan Alami Ini Untuk Cerahkan Siku dan Lutut

Ada banyak alasan kenapa kamu mungkin lebih memilih kaus dan celana panjang sebagai busana sehari-hari. Mungkin memang karena kenyamanan, tapi tak jarang juga untuk menutupi kulit di area lutut dan siku yang gelap. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit di area lutut dan siku menjadi gelap.


Mulai dari paparan sinar matahari yang sebabkan hiperpigmentasi hingga akumulasi sel-sel kulit mati yang ada di kedua area tersebut. Dengan lapisan kulit di area siku maupun lutut yang relatif lebih tipis, potensi kerusakan di kedua area ini jadi tak terelakkan. Namun, banyak faktor penyebab juga diikuti dengan banyaknya solusi untuk kembali mencerahkan kulit area lutut dan siku.


Mungkin melakukan perawatan kulit tubuh atau memanfaatkan apa yang kamu punya di rumah, kulit area siku dan lutut bisa jadi lebih cerah sekaligus putih. Di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa bahan alami untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja?


1. Timun


(Timun bisa jaga hidrasi kulit. Foto: Dok. Matthias Zomer/Pexels)


Bahan satu ini memiliki kandungan mencerahkan dan memutihkan sehingga bisa jadi solusi atas masalah kulitmu satu ini. Timun bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembap, plus kandungan vitamin A di dalamnya membuat kulit tetap terlihat segar dan cantik.


Kamu cukup menggosokkan timun yang sudah dipotong tebal di area siku dan lutut selama 15 menit. Setelah digosok secara merata, diamkan selama lima menit sebelum kamu bilas dengan air dingin. Cara alternatif yang juga tak kalah efektif adalah mencampurkan timun dan air lemon. Aplikasikan campuran itu ke area siku dan lutut, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengaplikasikan masker timun ini secara rutin setiap hari.


2. Minyak zaitun dan gula



(Campurkan minyak zaitun dengan gula untuk eksfoliasi maksimal. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Penumpukan sel-sel kulit mati biasanya jadi penyebab yang umum kulit siku dan lutut menghitam. Jadi, rutin mengeksfoliasi kulit di dua area tersebut perlu menjadi kebiasaan yang kamu lakukan. Untuk cara eksfoliasi kulit yang lebih alami, minyak zaitun dan gula bisa jadi combo efektifmu.


Minyak zaitun memegang peran untuk jaga kelembapan kulit dan membentuk skin barrier, sedangkan gula berperan aktif mengeksfoliasi kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Cukup mencampurkan 1-2 sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan gula.


Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial untuk menambah aroma. Setelah itu, aplikasikan campuran ke area siku dan lutut. Pijat secara lembut agar tak menimbulkan iritasi pada kulit. Diamkan selama lima menit sebelum kamu bilas hingga bersih.


(Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Rekomendasi Deodoran Yang Cerahkan Ketiak)


3. Minyak kelapa



(Minyak kelapa bantu hidrasi kulit sekaligus mencerahkan. Foto: Dok. Dana Tentis/Pexels)


Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa, termasuk membuat kulit siku dan lutut jadi lebih cerah. Kandungannya sendiri memiliki fungsi penting untuk melembapkan dan menghidrasi kulit, serta vitamin E yang membantu kulit terlihat lebih cerah dan putih. Jadi, mengaplikasikan minyak kelapa untuk mencerahkan kulit siku dan lutut bisa jadi langkah yang baik.


Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit siku dan lutut dengan minyak kelapa. Kamu bisa langsung mengaplikiskan minyak kelapa ke area siku dan lutut, diamkan selama beberapa menit sebelum mandi. Lalu, bilas hingga bersih. Aplikasikan cara ini secara rutin setiap hari.


Sedangkan cara kedua, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh minyak kelapa dengan setengah sendok teh air lemon. Setelah tercampur rata, kamu bisa langsung aplikasikan di kedua area yang menghitam, diamkan selama 15-20 menit, lalu dibilas hingga bersih.


4. Kunyit



(Kunyit bisa jadi andalan untuk cerahkan kulit. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Baik berupa bubuk atau rempah aslinya, kunyit sering menjadi andalan banyak orang untuk mengangkat sel-sel kulit mati tanpa ada efek samping sehingga bisa jadi solusi ampuh untuk mencerahkan area siku dan lutut. Kandungan curcumin dalam kunyit memegang peranan penting untuk mengurangi produksi melanin berlebihan sehingga kulit di area siku dan lutut bisa perlahan semakin cerah.


Untuk membuat maskernya, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan satu sendok teh susu. Setelah tercampur, langsung aplikasikan ke area siku dan lutut, lalu pijat selama beberapa menit. Diamkan sampai benar-benar kering sebelum kamu bilas dengan air hangat. Kamu bisa menambahkan sedikit madu untuk hasil yang lebih efektif.


(Baca Juga: Coba 6 Cara Merawat Kulit Ketiak Ini Agar Tetap Putih)


Beberapa bahan alami inilah yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit siku dan lutut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Hair & beauty