Life & health

Laura Basuki Pernah Berperan Dalam 6 Film Ini, Apa Saja?

By : Vanessa Masli - 2023-01-10 18:00:01 Laura Basuki Pernah Berperan Dalam 6 Film Ini, Apa Saja?

Mungkin nama Laura Basuki tak lagi asing di telingamu, apalagi akhir-akhir ini namanya kembali muncul dalam sekuel film arahan Ernest Prakasa, Cek Toko Sebelah 2 sebagai Natalie. Namun, model sekaligus aktris yang baru menginjak usia 35 tahun ini sudah menghabiskan lebih dari satu dekade menjadi bagian dalam industri dengan berbagai karakter yang ia perankan.


Mulai dari debutnya dalam film perdananya Gara-Gara Bola pada 2008 hingga Cek Toko Sebelah 2, ini beberapa film yang pernah Laura Basuki perankan dan Her World sudah merangkumnya untukmu.


1. Gara-Gara Bola


Wanita berdarah Tionghoa dan Vietnam ini mengawali kariernya sebagai aktris dengan berperan sebagai Laura dalam film Gara-Gara Bola. Film arahan Agasyah Karim dan Khalid Kashogi ini menceritakan dua sahabat yaitu Ahmad (diperankan oleh Winky Wiryawan) dan Heru (diperankan oleh Herjunot Ali) yang merupakan penggemar berat sepak bola.


Perjalanannya sebagai model di berbagai majalah membuka kesempatan Laura untuk melakukan audisi, atas ajakan produser Gara-Gara Bola, Nia Dinata. Film perdananya ini menghantarkan Laura Basuki meraih piala pertamanya sebagai Pendatang Baru Wanita Terbaik dalam ajang penghargaan Indonesia Movie Actors Awards pada 2009.


2. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta



(Dalam film ini, Laura beradu akting dengan Reza Rahadian. Foto: Dok. Laura Basuki/Instagram)


Dua tahun kemudian, Laura kembali dipercaya untuk beradu akting dengan Reza Rahadian dalam film arahan sutradara, Benni Setiawan yang berjudul 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Film drama ini menceritakan sepasang kekasih yang memiliki kepercayaan dan suku yang berbeda.


Setelah resmi ditayangkan pada 1 Juli 2010 ini pun meraih berbagai penghargaan, termasuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik yang diraih Laura Basuki dalam Festival Film Indonesia 2010. Lalu, Laura juga memenangkan penghargaan Festival film Bandung 2011 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji. Film ini juga memenangkan film terbaik dalam kedua ajang tersebut.


3. #RepublikTwitter


Sebuah film drama Indonesia arahan sutradara, Kuntz Agus kembali menghadirkan Laura Basuki di layar lebar dengan berperan sebagai wartawan investigasi junior. Saat berbagai media sosial, termasuk Twitter, hadir di tengah masyarakat, pola komunikasi pun ikut berubah menjadi sebuah inspirasi lahirnya film ini.


Beberapa nama besar turut beradu akting bersama Laura diantaranya, Abimana Aryasatya, Enzy Storia, Tio Pakusadewo, dan Ben Kasyafani. Film #RepublikTwitter ini menjadi gambaran pola kehidupan masyarakat yang berubah dengan kehadiran teknologi, khususnya media sosial.


(Baca Juga: Elegan dan Timeless, Intip 4 Gaya Fashion Ala Laura Basuki)


4. D.O.A: Cari Jodoh




Komik strip yang muncul di harian Pos Kota menjadi inspirasi sutradara Anggy Umbara untuk melahirkan film D.O.A (Doyok-Otoy-Ali Oncom): Cari Jodoh. Sebuh film komedi yang menceritakan tiga orang sahabat yaitu Doyok (diperankan Fedi Nuril), Otoy (diperankan Pandji Pragiwaksono), dan Ali Oncom (diperankan oleh Dwi Sasono) dalam kondisi sama-sama pengangguran sekaligus memiliki karakter yang unik.


Peran Laura bukanlah yang utama tapi berhasil mencuri perhatian melalui perannya sebagai Ayu (yang rupanya seorang waria). Tawaran peran tersebut diterima Laura Basuki karena keinginannya untuk melepaskan diri dari karakter dalam film drama dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Fakta menarik, peran Ayu tersebut sudah ditolak oleh 11 aktris sebelum akhirnya jatuh ke tangan Laura.


5. Susi Susanti: Love All


Perjalanan hidup atlet bulutangkis putri Indonesia, Susi Susanti yang akhirnya meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1992 Barcelona dihadirkan dalam film biopik berjudul Susi Susanti: Love All. Laura Basuki pun dipercaya untuk memerankan sosok Susi Susanti.


Latihannya berjam-jam di lapangan bulutangkis hingga rangkaian proses produksi yang dilalui menjadi bentuk Laura untuk hadirkan sosok Susi melalui aktingnya. Film yang tayang pada Oktober 2019 ini berhasil mendapatkan 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2020 dan menjadi Piala Citra kedua Laura Basuki sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik.


6. Before, Now & Then (Nana)



(Laura Basuki dan Happy Salma dalam film Before, Now & Then (Nana). Foto: Dok. Laura Basuki/Instagram)


Sebelum Cek Toko Sebelah 2, Laura pun dipercaya untuk terlibat dalam sebuah film drama sejarah arahan Kamila Andini yang dirilis pada 2022. Sebuah adaptasi dari bab pertama novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran yang mengisahkan kehidupan Raden Nana Sunani di Jawa Barat pada era 1960-an.


Film yang mempercayakan Happy Salma untuk memerankan Nana ini turut melibatkan Laura Basuki melalui perannya sebagai Ino. Dalam film ini, Laura pun harus belajar bahasa Sunda dengan gaya penuturan era 1960-an karena film Nana ini menggunakan dialog bahasa Sunda pada masa itu.

Film Before, Now & Then (Nana) pertama kali ditayangkan di Berlin International Film Festival dan berkompetisi di sana. Melalui kompetisi tersebut, Laura Basuki berhasil meraih Penghargaan Silver Bear untuk kategori Best Supporting Performance.


(Baca Juga: Ini 4 Rekomendasi Film Action di Netflix Yang Wajib Tonton)


Itu dia beberapa film yang pernah diperankan Laura Basuki sepanjang kariernya. Mana yang jadi favoritmu?


Life & health