Sex & relationship

Mungkin Ini 4 Alasan Kamu Sulit Melupakan Mantanmu

By : Vanessa Masli - 2023-01-09 10:00:01 Mungkin Ini 4 Alasan Kamu Sulit Melupakan Mantanmu

Mungkin salah satu momen terburuk dalam hidup adalah saat kamu harus putus dari pasangan dan keduanya sama-sama menyandang status sebagai mantan. Mulai saat hubungan itu diakhiri hingga proses panjang dan menyakitkan untuk pelan-pelan menyembuhkan hatimu, apalagi kalau putusnya enggak baik-baik.


Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin juga sudah bertahun-tahun, enggak sedikit wanita maupun pria yang mendapati diri masih terus mengingat mantannya. Kalau, kamu adalah salah satu orang yang masih sulit melupakan mantanmu, Her World sudah merangkum beberapa hal yang bisa jadi alasannya. Penasaran apa saja?


1. Terlalu fokus pada memori indah


Saat diri berusaha melanjutkan hidup dengan melupakan dia, kamu justru enggak jarang terjebak dalam rangkaian memori indah bersamanya saat masa pacaran. Menurut pakar perilaku manusia, Patrick Wanis, Ph.D., kecenderungan ini bernama euphoric recall. Saat kamu maupun orang lain terus mengingat memori-memori positif sehingga mengabaikan atau bahkan melupakan yang negatif.


Ini bisa jadi salah satu penghambat sekaligus alasan kamu pun sulit melupakan sosok mantanmu, padahal mungkin kamu dan dia sudah lama mengakhiri hubungan.


2. Memang kamu terlalu banyak mikir


Kalau kamu adalah seorang overthinker, mungkin ini jadi salah satu alasan melupakan mantan jadi proses sulit. Mungkin kamu menghabiskan banyak waktu untuk menganalisa setiap kemungkinan atau faktor yang sebabkan hubunganmu dan dia kandas di tengah jalan, membuat kamu justru jadi sulit untuk move on sekaligus melupakan mantanmu.


Kebiasaan ini jika terus dilakukan bisa menyebabkan kamu jadi meragukan diri sendiri, mungkin mulai menyalahkan diri sendiri, atau lebih buruk lagi, menutup diri karena merasa enggak pantas dicintai.



(Terlalu menganalisa hal-hal yang enggak perlu dianalisa. Foto: Dok. Sofia Alejandra/Pexels)


(Baca Juga: Kenali 4 Tanda Pria Yang Enggak Dewasa Untuk Jadi Pasanganmu)


3. Merasa dia adalah sosok terbaik untukmu


Ingat kalau ada banyak orang, termasuk pria, yang pergi dari hidupmu karena ada banyak orang-orang baru yang akan hadir dalam hidupmu dan mungkin, bertahan. Namun, selama kamu masih merasa bahwa dialah satu-satunya sosok terbaik untuk hidupmu, selama itu juga bayang-bayang mantan sulit dilupakan. Jadi, coba pelan-pelan ikhlaskan kalau dia enggak jadi bagian penting dalam hidupmu.


4. Masih intens kontak, saat hati butuh istirahat


Saat hubunganmu baru saja putus, hati juga butuh mengistirahatkan diri dari berbagai hal yang semakin menyakitinya. Jadi, kalau kamu masih intens saling kontak dengan mantanmu, entah melalui media sosial atau chatting, proses untuk melupakannya dan membiar hati sembuh pun jadi terhambat.


Kalau ingin menjaga hubungan baik dengan mantan, silakan. Namun, pastikan hatimu siap juga untuk mengikhlaskan dia yang akan menjalani hidupnya tanpa kehadiranmu.


(Baca Juga: 8 Cara Atasi Rasa Cinta Pada Pria Yang Sudah Punya Pacar!)


Itu dia beberapa alasan kamu masih sulit melupakan mantanmu. Semoga bermanfaat.



Sex & relationship