Sex & relationship

8 Cara Atasi Rasa Cinta Pada Pria Yang Sudah Punya Pacar!

By : Fariza Rahmadinna - 2022-12-16 16:00:02 8 Cara Atasi Rasa Cinta Pada Pria Yang Sudah Punya Pacar!

Ketika sedang jatuh cinta, hati akan terasa berbunga-bunga dan merasa sangat excited (terlebih saat bertemu dengan dia). Tetapi sayangnya, tidak semua kisah cinta berjalan mulus. Perasaan berbunga-bunga dan menyenangkan itu bisa berubah saat pria yang kamu cintai ternyata sudah memiliki pacar. Sedih dan patah hati, itu sudah pasti. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedian, dan segeralah melupakannya. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melupakan dia yang sudah punya pacar. Ini dia tipsnya:


1. Terima kenyataan


(Terima kenyataan. Photo by Liza Summer on Pexels)


Hal utama yang perlu kamu lakukan setelah mengetahui jika dia sudah memiliki pacar adalah menerima kenyataan. Tidak mudah memang. Tapi, dengan kamu mencoba untuk menerima kenyataan, itu akan memberi ruang bagi diri kamu untuk melepaskan perasaan secara emosional yang dapat membantumu untuk melupakannya, menurut Kim Egel, seorang terapis profesional. 


2. Beri waktu


Wajar jika kamu ingin SEGERA melupakan patah hati yang kamu rasakan. Namun, move on bukanlah proses instan. Sejujurnya, terkadang kamu harus merasakan patah hati sedikit lebih lama, sebelum kamu benar-benar melupakan perasaan itu. 


Menurut Racine Henry, seorang terapis berlisensi, saat mencoba melupakan seseorang kamu sukai, coba beri diri kamu sedikit waktu. Jangan mencoba mempercepat prosesnya atau berpura-pura tidak bersedih. “Sebagai seseorang yang telah menyimpan perasaan suka dalam waktu yang lama, dan berharap perasaan itu terbalas, tidak realistis jika kamu mengharapkan bahwa rasa sakit hati dan kesedihan itu bisa hilang dalam semalam,” kata Henry. 


3. Hindari interaksi yang tidak penting


Dalam proses mengatasi rasa cinta kepada dia yang sudah punya pacar, sebaiknya hindari segala bentuk interaksi tidak penting dengannya. Kamu bisa menghindari tempat-tempat yang biasa dia datangi dan berhenti menghubunginya lagi. Mempertahankan interaksi disaat kamu ingin melupakannya hanya akan membuatmu semakin patah hati dan sulit move on


4. Berhenti stalk sosial medianya


(Berhenti stalking sosial medianya. Photo by Liza Summer on Pexels)


“Ketika seseorang belum siap untuk melupakan dan berpisah dengan orang yang pernah dicintai, maka normal jika ingin terus-menerus memeriksa laman sosial media orang itu,” jelas ??Jane Mandle, seorang psikolog klinis. 


Namun, secara rutin melihat postingan dia di sosial media, terutama saat bersama sang kekasih, hanya akan membuat kamu semakin sedih dan patah hati. Plus, “karena terus-menerus melihat postingannya, itu bisa memberikan ilusi bahwa dia masih menjadi bagian dari hidup kamu padahal sebenarnya tidak," tambah Mandle. Untuk alasan itu, maka sebaiknya kamu berhenti untuk stalking sosial medianya. 


Kamu bisa menggunakan fitur mute agar semua postingan dia tidak muncul di beranda kamu. Tetapi, jika kamu masih bisa melihat foto-fotonya yang ditandai teman lain muncul di beranda, sebaiknya kamu istirahat dari media sosial selama beberapa waktu.


(Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Pria Virgo Yang Menyukai Kamu, Penasaran?)


5. Cobalah mengalihkan perhatiamu dengan aktivitas beragam


“Tidak mudah menghentikan pikiran, tetapi kamu bisa mengalihkannya,” kata Brandy Engler, PhD, seorang psikolog klinis berlisensi. Saat kamu mencoba melupakan perasaan suka untuk dia yang sudah punya pacar, cobalah untuk mengalihkan perhatianmu dengan melakukan beragam aktivitas. Misalnya saja, jika selama ini kamu selalu ingin belajar menggambar dan melukis, inilah saatnya! Atau, jika kamu sangat suka berkebun, lakukanlah!


“Menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu minati dan sukai bisa membantu mengalihkan perhatianmu dari rasa sedih dan patah hati yang sedang kamu alami. Itu artinya, kamu akan semakin cepat melupakan dia,” tambah Engler. 


6. Buang hal-hal yang bisa mengingatkan kamu kepadanya


JIka kamu masih menyimpan foto, klip video, atau history obrolan di smartphone kamu, mungkin lebih baik kamu segera menghapusnya…secara permanen! Ini juga termasuk menyingkirkan barang-barang yang mungkin pernah dia berikan padamu. 


Seorang psikoterapis dan pakar hubungan, Ken Page, LCSW., menjelaskan bahwa “ketika mencoba untuk melepaskan dan melupakan seseorang, kamu harus menyingkirkan hal-hal yang bisa membangkitkan memorimu bersamanya.”


7. Bicarakan dengan sahabatmu!


(Bicarakan dengan sahabatmu. Photo by Liza Summer on Pexels)


Terkadang, menyampaikan apa yang kamu rasakan kepada sahabat bisa membantu membuatmu merasa lebih baik. “Membicarakan apa yang kamu rasakan kepada seorang sahabat dapat membantu kamu keluar dari rasa sakit. Itu yang bisa membuatmu merasa lebih baik,” kata Barton Goldsmith, PhD, penulis buku tentang relationship


Jadi, ajak sahabat untuk bermalam di rumah, lalu lakukan sesi curhat yang berkualitas. Akhirnya, itu bisa membantu mempercepat proses healing dan melupakan si dia. 


8. Tulis perasaanmu di jurnal


Jika kamu merasa tidak nyaman untuk menyampaikan perasaanmu kepada sahabatmu, coba tuliskan di dalam sebuah jurnal. “Menuliskan apa saja yang sedang kamu rasakan dalam sebuah jurnal dapat membantumu merasa lebih baik,” jelas Goldsmith. Atau, kamu ingin melakukan ritual terapeutik kecil, seperti merobek halaman dan membuang atau membakarnya untuk menekankan fakta bahwa akhirnya (dan sebenarnya) kamu melepaskan semua perasaan ini; rasa suka, rasa sedih, dan rasa patah hati.



(Baca Juga: Kenali Tanda Kamu Sudah Berada di Hubungan Yang Tepat)


Itulah delapan tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cinta untuk si dia yang sudah punya pacar. Jangan terburu-buru untuk menemukan crush baru, karena orang tepat akan datang ke hidupmu di waktu yang tepat. 




Sex & relationship