Life & health

Ini 6 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Bisa Dijalani

By : Vanessa Masli - 2023-01-03 18:00:01 Ini 6 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Bisa Dijalani

Tahun baru tak jarang identik dengan resolusi. Dengan misi untuk jadi pribadi yang lebih baik, kehidupan yang lebih sehat dan sukses, serta berbagai impian yang ingin kamu wujudkan di sepanjang satu tahun ke depan. Namun, tak jarang resolusi yang dirancang untuk sepanjang tahun, justru berhenti di setelah bulan Januari berakhir.


Tak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk tak membuat resolusi apapun, karena takut gagal di tengah jalan. Nah, agar tahun 2023 bisa jadi momenmu untuk membuat resolusi dan mewujudkannya sepanjang tahun, Her World akan membagikan beberapa tipsnya di bawah ini. Penasaran apa saja?


1. Buat lebih spesifik


Kalau resolusi kamu isi dengan hidup lebih sehat, jalani hari lebih produktif, atau bangun lebih pagi, masih ada ide abstrak yang memberi ruang resolusi untuk mengendur. Jadi, penting untuk membuat resolusi yang spesifik dan juga konkret sehingga kamu memiliki peluang menjalaninya secara konsisten juga.


Jika resolusinya adalah hidup lebih sehat, coba bedah lagi. Ingin menurunkan berat badan berapa kilogram, pola makan apa yang ingin kamu ubah atau jenis olahraga apa yang ingin dicoba untuk memulai jalankan resolusi hidup sehat. Pilih resolusi yang bisa kamu buat rencana untuk mencapainya.



(Resolusi lebih spesifik akan membantumu jalaninya lebih mudah. Foto: Dok. Polina Kovalenka/Pexels)


2. Fokus pada satu


Banyak elemen yang membentuk gaya hidup sehingga kalau kamu ingin mengubahnya sekaligus di tahun depan, mungkin kamu justru akan merasa overwhelmed dan malah berhenti menjalan resolusi tersebut. Mulai dari hal-hal yang sederhana tapi fokus menjalankan satu perubahan, pastikan berjalan dengan konsisten sebelum kamu pindah ke hal yang lain.


Kamu ingin menjalani hari dengan lebih produktif, awali dengan bangun lebih pagi. Pilih jam berapa kamu ingin bangun, lalu buat rutinitas pagi dari kebiasaan itu pelan-pelan. Namun, fokusmu ada bangun lebih awal dari biasanya, karena menerapkan kebiasaan ini saja juga butuh effort.


3. Beri waktu untuk merencanakannya


Resolusi bukanlah sesuatu yang kamu buat secara spontan sehingga butuh waktu untuk memilih yang tetap sehingga bisa dijalankan sepanjang tahun. Jadi, penting untuk memberi waktu dalam kesibukanmu agar fokus merencanakan resolusimu. Mulai dari memilah mana resolusi yang jadi prioritas hingga membuat rencana untuk mengaplikasikan dan mencapai perubahan yang diinginkan.


Luangkan waktu untuk memikirkan, menuliskan, dan membuat rencana agar resolusimu berjalan tak hanya dalam satu bulan pertama.


(Baca Juga: Kaleidoskop 2022: Momen Paling Trending Sepanjang Tahun)


4. Kenali apa yang jadi penyebab kegagalan resolusimu


Kalau ini bukan kali pertama kamu membuat resolusi, tentu ada banyak faktor yang jadi penyebab kegagalanmu menjalankan resolusi itu. Nah, untuk memastikan kamu tak mengulang kesalahan yang sama dan akhirnya menggagalkan resolusimu di minggu pertama bulan Januari, kenali kegagalannya.


Dengan mengenali apa yang jadi penyebab kegagalan resolusimu di tahun-tahun sebelumnya, kamu juga bisa membuat resolusi dan strategi untuk menjalankannya sehingga tak berhenti di bulan pertama tapi justru jadi kebiasaan yang tahan lama.


5. Temukan alasanmu


Selain apa yang ingin kamu lakukan di tahun yang baru ini, temukan alasan di baliknya. Mengapa kamu membuat resolusi untuk lebih rajin berolahraga atau mengatur pola makan lebih sehat. Mengapa kamu ingin lebih rajin menulis jurnal atau mencoba meditasi setiap pagi. Dengan mengetahui alasan di setiap resolusinya, kamu pun bisa menemukan motivasi untuk menjalankan resolusi tahun ini.


Saat motivasi mulai kendur dalam menjalani resolusi, kembali lagi ke alasanmu membuat niat tersebut sehingga bisa bantu kembalikan semangat dalam menjalankannya lebih konsisten lagi.



(Temukan alasan yang bisa jadi motivasiimu untuk jalankan resolusi. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


6. Nikmati prosesnya


Perubahan itu butuh proses, termasuk resolusi yang kamu jalani. Saat menuliskan atau meniatkan sebuah resolusi, ada kebiasaan baru yang harus disesuaikan hidupmu secara keseluruhan. Jadi dalam menjalankan resolusi tersebut, coba nikmati setiap prosesnya.


Sabar dengan diri sendiri karena dalam implementasinya, kamu mungkin ada sesekali mundur dan harus mengulang lagi kebiasaan yang sudah dijalani. Resolusi menjadi cara untuk membangun diri lebih baik, tanpa ada kompetisi dengan siapapun jadi jalani dan nikmati prosesnya.


(Baca Juga: 7 Film Romantis Paling Sedih yang Bisa Menguras Air Mata!)


Beberapa tips ini bisa jadi acuanmu untuk membuat resolusi tahun baru yang bisa dijalani sepanjang tahun. Selamat mencoba, selagi baru memasuki beberapa hari pertama di tahun 2023. Semoga bermanfaat!


Life & health