Life & health

Ingin Kurangi Berat Badan? Konsumsi 5 Buah Untuk Diet Ini

By : Her World Indonesia - 2023-01-04 12:00:01 Ingin Kurangi Berat Badan? Konsumsi 5 Buah Untuk Diet Ini

Hampir semua orang menganggap program diet adalah rutinitas yang cukup sulit untuk dijalani, terutama saat pertama kali memulainya. Banyak dari mereka mengira program diet berarti mengurangi porsi makan secara drastis atau bahkan melewati jam makan yang seharusnya dilakukan tiga kali sehari. Asumsi yang salah mengenai diet ini justru berbahaya karena dapat mengurangi masuknya nutrisi yang cukup pada tubuh.


Saat menjalani program diet, banyak orang juga berasumsi bahwa aneka ragam gula harus dihindari bahkan tidak boleh dikonsumsi. Meski gula yang terdapat di makanan manis seperti kue dan cookies tidak dianjurkan, masih terdapat gula alami dengan kadar rendah yang justru memiliki manfaat tambahan untuk membantu diet.


Gula alami ini terdapat pada buah-buahan. Selain rasanya yang manis dan segar, buah-buahan juga bisa menjadi alternatif bagi para penggemar makanan manis yang ingin melakukan program diet. Selama ini, buah-buahan memang dikenal dengan manfaatnya yang menyehatkan tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan juga mampu membantu program diet hingga menurunkan berat badan, lho.


Manfaat Buah untuk Diet


(Manfaat konsumsi buah untuk diet. Foto: Dok. EmirMemedovski/iStock)

Buah-buahan dikenal sebagai makanan yang bagus untuk diet karena mengandung banyak serat. Serat dari buah-buahan ini dapat membantu merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak perlu mengonsumsi makanan ringan terlalu sering.


Saat mengonsumsi buah-buahan untuk diet, porsi yang dianjurkan adalah dua buah per hari, atau tiga buah jika sedang aktif atau melakukan aktivitas yang berat. Selain mengonsumi buah secara langsung, hal lain yang dianjurkan adalah mengonsumsi salad buah atau membuatnya menjadi jus siap minum. Namun, perlu diingat bahwa buah yang bagus untuk diet adalah buah segar, bukan buah yang sudah dikeringkan (dried fruits). Hal ini dikarenakan buah kering justru memiliki kandungan gula yang lebih banyak.


Apa saja sih manfaat mengonsumi buah untuk diet?


1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tentunya, manfaat paling utama dari buah untuk diet adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Buah yang kaya akan serat dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama, sehingga dapat menunda lapar dan menjaga berat badan. Selain itu, buah juga dapat dikonsumsi sebagai alternatif hidangan manis yang umumnya memiliki kandungan gula berlebih.


2. Menyehatkan Pencernaan

Buah yang kaya akan serat alami juga dapat meringankan konstipasi, sehingga membuat buang air besar menjadi lebih lancar dan teratur. Tentunya, hal ini dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat.


3. Menurunkan Risiko Penyakit

Konsumsi buah yang teratur juga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, bahkan penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, dan jantung. Hal ini dikarenakan buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan kadar gula alami yang menyehatkan.


(Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan, Bikin Kulit Awet Muda!)


Buah yang Cocok Dikonsumsi untuk Diet

Ingin memulai diet? Di bawah ini merupakan daftar buah-buahan yang paling sehat dan cocok dikonsumsi untuk diet.


1. Aneka Beri


(Aneka beri buah untuk diet. Foto: Dok. Suzy Hazelwood/Pexels)

Aneka beri seperti raspberry, blueberry, dan stroberi cocok dikonsumsi untuk diet karena memiliki kandungan gula alami rendah, serat, dan antioksidan yang melimpah. Aneka beri juga memiliki kalori rendah, cocok untuk membantu mengurangi dan menjaga berat badan.


2. Kiwi


(Kiwi buah untuk diet. Foto: Dok. Maria Victoria Portelles/Pexels)

Memiliki campuran rasa yang manis sekaligus asam, buah kiwi juga menjadi pilihan yang bagus untuk diet. Kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang melimpah, jadi berikan kesegaran pada setiap gigitannya sekaligus menyehatkan tubuh.


3. Semangka


(Semangka buah untuk diet. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)

Rasanya yang manis membuat semangka menjadi buah favorit banyak orang. Semangka memiliki kandungan air sebanyak 90%, membuatnya baik untuk hidrasi tubuh sekaligus memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.


4. Lemon


(Lemon buah untuk diet. Foto: Dok. Lisa Fotios/Pexels)

Lemon menjadi buah lain yang cocok untuk diet, terutama jika dikonsumsi secara teratur. Untuk mengurangi rasa asam sekaligus menambah kesegaran, lemon paling baik dikonsumsi dengan campuran air dingin. Lemon untuk diet paling bagus dikonsumsi di pagi hari atau setelah makanan berat sebagai detox.


5. Alpukat


(Alpukat buah untuk diet. Foto: Dok. ready made/Pexels)

Meskipun memiliki kadar kalori yang lebih banyak dari buah lainnya, alpukat juga dianggap buah yang bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan alpukat konsumsi alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan menunda lapar. Tidak hanya itu, alpukat juga cocok dikonsumsi sebagai topping untuk makanan diet, seperti sandwich, salad, atau jus.


(Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini 5 Kriteria Dari Makanan Yang Sehat)


Berikut adalah daftar buah untuk diet yang bermanfaat saat dikonsumsi. Jangan lupa konsumsi buah saat diet untuk rasakan manfaatnya!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health