Sex & relationship

Ini Cara Kamu Mencintai Diri Sendiri, Menurut Bahasa Cintamu

By : Vanessa Masli - 2023-01-04 10:00:01 Ini Cara Kamu Mencintai Diri Sendiri, Menurut Bahasa Cintamu

Mungkin kamu enggak asing mendengar lima aspek yang jadi bahasa cinta alias love language-mu maupun banyak orang lainnya, termasuk dia. Sebuah tes yang bisa kamu lakukan secara online, menjawab beberapa pertanyaan singkat untuk mengetahui apa yang jadi bahasa cintamu dan dia. Harapannya bisa membantu hubungan yang kamu jalani menjadi lebih baik dengan semakin mengenali keinginan satu sama lain.


Namun, bahasa cinta atau love language enggak hanya berlaku untuk memberikan cinta kepada pasangan atau menerima cinta darinya secara lebih baik. Kamu bisa menggunakan bahasa cinta itu sebagai referensi untuk mencintai diri sendiri lebih dalam lagi.

Di bawah ini, Her World membagikan beberapa cara kamu bisa mencintai diri sendiri, menurut love language atau bahasa cintamu. Kira-kira apa saja yang bisa (dan perlu) dilakukan?


1. Penting untuk lakukan me-time


Apalagi buat kamu yang bahasa cintanya adalah quality time. Saat aspek ini yang mendominasi bagaimana kamu merasa dicintai, yaitu dengan menikmati momen saat kamu mendapatkan perhatian penuh selama menghabiskan waktu bersama, itu juga berlaku saat kamu sendiri.


Waktu menyendiri alias me-time menjadi esensial karena kamu memberi kesempatan untuk kembali jalin hubungan dengan diri sendiri. Jadi, coba luangkan waktu setiap hari dan lakukan hobimu.


2. Semangati diri dengan kata-kata


Kata memiliki kekuatan luar biasa untuk memotivasi hidup. Apalagi kalau kamu adalah kritikus terpedas dalam hidupmu sendiri, penting untuk menyemangati diri atau menunjukkan cinta melalui kata-kata atau afirmasi.


Mungkin kamu bangun pagi, menatap diri sendiri di cermin, dan memberi kata-kata positif sebelum memulai hari. Bisa juga, kamu menuliskan afirmasi atau penyemangat di hari itu dalam sebuah jurnal yang bisa menumbuhkan rasa cintamu pada diri sendiri.



(Semangati diri dengan afirmasi setiap pagi. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)



3. Jalani pola hidup yang lebih sehat


Ini bagian dari pelayananmu untuk diri sendiri. Mulai dari beres-beres rumah, menyiapkan menu-menu makanan sehat sebagai bekal sepanjang minggu atau jadi sukarelawan dalam sebuah aksi sosial, kamu memberikan pelayanan bagi dirimu sendiri sekaligus lingkungan sekitarmu. Cara ini bisa memenuhi bahasa cintamu yang adalah pelayanan atau act of service.


(Baca Juga: Seperti Ini Kehidupan Cintamu di Tahun 2023, Menurut Zodiak)


4. Beri ketenangan pada tubuh


Bisa berendam di air hangat, memijatkan kulit kepala dengan masker rambut, atau menghabiskan satu hari penuh untuk spa tanpa gangguan. Tunjukkan cinta pada diri sendiri dengan memberikan ketenangan pada tubuh. Kalau spa day terasa enggak memungkinkan di tengah kesibukanmu yang padat, coba beberapa cara sederhana seperti memeluk diri sendiri atau menepuk bahu sendiri dengan halus untuk sekadar menyemangati diri.


5. Beri hadiah untuk diri sendiri


Memberikan hadiah pada diri sendiri alias self-reward, apalagi buat kamu yang bahasa cintanya adalah gift-giving, ini jadi bentuk cinta pada diri sendiri terbaik. Sekali-sekali, kamu mengizinkan diri untuk lakukan hal-hal yang selama ini ingin dilakukan dan enggak masalah kalau dilakukan secara impulsif.


Membeli tiket ke konser idolamu atau membeli tas yang sudah lama kamu inginkan, apapun yang bisa berikan kebahagiaan sekaligus menunjukkan cinta pada diri sendiri, lakukan saja.


(Baca Juga: Tipe Pasangan Seperti Apakah Kamu, Menurut Zodiak?)


Itu dia beberapa cara untuk mencintai diri sendiri lebih baik lagi, menurut bahasa cinta atau love language-mu. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship