Fashion

SPOTLIGHT Indonesia Rayakan Keragaman Melalui Fashion

By : Vanessa Masli - 2023-01-03 16:00:01 SPOTLIGHT Indonesia Rayakan Keragaman Melalui Fashion

Ada banyak kekayaan yang tersimpan di tanah Ibu Pertiwi, termasuk keragaman budaya di setiap daerah yang kental dengan ciri khasnya. Mulai dari tradisi hingga karya seni, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan identitas keragaman budaya Tanah Air, termasuk melalui wastra alias kain tradisional.


Keragaman budaya Indonesia, yang juga direpresentasikan dengan berbagai jenis dan motif kain tradisional, menjadi inspirasi Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk menggelar SPOTFLIGHT Indonesia pada 1-4 Desember 2022 silam. Sebuah perhelatan fashion yang tak hanya menampilkan tapi juga merayakan keragaman budaya Indonesia.


“SPOTLIGHT menampilkan kekuatan inspirasi lokal dalam produk ready-to-wear yang menjadi ciri khas fashion Indonesia. Wastra Nusantara atau konten budaya lokal yang dikemas dalam wujud kontemporer dan kekinian menjadi highlight perhelatan ini,” ungkap National Chairman Indonesia Fashion Chamber, Ali Charisma.



(SPOTLIGHT Indonesia dilaksanakan di Great Hall Pos Bloc, Jakarta. Foto: Dok. SPOTLIGHT Indonesia)


Perhelatan fashion yang diselenggarakan di Great Hall Pos Bloc, Jakarta ini terdiri dari berbagai kegiatan. Mulai fashion show, exhibition, hingga seminar, SPOTLIGHT Indonesia 2022 berusaha memperkenalkan budaya Indonesia lebih luas lagi dengan harapan dalam diterima oleh pasar global.


Panggung fashion show acara ini melibatkan lebih dari 130 desainer, jenama, dan institusi pendidikan yang menampilkan berbagai koleksinya. Mulai dari formal wear, casual wear hingga modest wear, kekayaan wastra Tanah Air menjadi inspirasi di balik setiap karya yang tampil di panggung tersebut. Beberapa nama seperti Danjyo Hiyoji, Ichwan Thoha, Purana, Rinda Salmun, dan JYK Fashion Label turut berpartisipasi di panggung fashion show.


(Baca Juga: Edward Hutabarat Berhasil Membawa Sumba ke Borobudur)


Selain brand dan desainer lokal, beberapa institusi pendidikan mode di Indonesia juga berkesempatan untuk tampil di panggung SPOTLIGHT Indonesia. Mulai dari Institut Kesenian Jakarta, Istituto Di Moda Burgo Indonesia, LaSalle College Jakarta hingga SMK 3 Blitear, SMK N 1 Kalitengah Lamongan, rangkaian karya pun dengan bangga ditampilkan dalam acara tersebut.



(Ragam wastra Nusantara jadi inspirasi karya para desainer. Foto: Dok. SPOTLIGHT Indonesia)


Dengan menampilkan penggunaan wastra atau kain tradisional ini, SPOTLIGHT berupaya untuk mendukung terwujudnya industri fashion yang sustainable. Jadi, selain fashion show, presentasi koleksi ini juga didukung dengan format “See Now, Buy Now”, model bisnis yang menjual produk fashion setelah ditampilkan di-runway. Para penonton yang tertarik pada sebuah pakaian bisa langsung berbelanja melalui kode QR yang terhubungan langsung ke e-catalog untuk melakukan pembelian koleksi. Produk fashion ini hadir dengan desain yang kontemporer tanpa menghilangkan unsur wastra tiap-tiap daerah di Indonesia, mulai dari Batak, Dayak, hingga Papua.


Perhelatan yang digelar, tak hanya untuk merayakan kebhinekaan, tapi juga memperingati tujuh tahun berdirinya Indonesian Fashion Chamber (IFC). Untuk menutup rangkaian SPOTLIGHT Indonesia 2022, IFC memberikan apresiasi kepada generasi muda penerus industri fashion Indonesia yaitu kategori Fashion Designer of the Year kepada Amotsamsurimuda; Fashion Entrepreneur of the Year kepada AM by Anggiasari, dan Model of the Year kepada Braxton.



(SPOTLIGHT Indonesia memberikan apresiasi bagi para desainer. Foto: Dok. SPOTLIGHT Indonesia)


(Baca Juga: Selebrasi Sisterhood Ala Longchamp Melalui Film Pendek)


Buat kamu yang ingin ikutan keseruan SPOTLIGHT Indonesia, pastikan kamu hadir dalam perhelatannya pada tahun ini ya!


Fashion