Fashion

Edward Hutabarat Berhasil Membawa Sumba ke Borobudur

By : Her World Indonesia - 2022-12-09 14:00:02 Edward Hutabarat Berhasil Membawa Sumba ke Borobudur

Belum selesai untuk memberikan karya terbaiknya, desainer Edward Hutabarat yang sangat dikenal karena selalu menggunakan wastra Indonesia kembali mengadakan perhelatan busananya. Kali ini, bukan hanya busananya yang sangat spesial tapi juga karena banyaknya kolaborasi yang Edward Hutabrat lakukan didalamnya. Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Edward Hutabarat membawakan tenun Sumba sebagai wastra yang di highlight pada koleksi kali ini.


Menurut Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru-Kemendikbud, Edward Hutabarat adalah desainer yang cocok dalam kolaborasi ini karena terlihat dari berbagai karyanya yang memang didasari oleh riset mendalam serta pengalamannya sebagai desainer yang sudah tidak dapat diragukan lagi. Hasil dari kaloborasi ini pun kemudian disaksikan dalam bentuk koleksi autumn winter 2023 dengan tema Kabakil.


(Baca Juga: Bersama UMKM, Edward Hutabarat Tampilkan Koleksi Cruise 2023)

(Koleksi Autumn Winter 2023 dari Edward Hutabarat. Foto: Dok. Edward Hutabarat)

(Kain Sumba menjadi wastra yang diangkat di koleksi kali ini Foto: Dok. Edward Hutabarat)

Hal spesial lainnya yang ada dalam koleksi Kabakil ini ialah pemilihan lokasi Candi Borobudur sebagai tempat berlangsungnya fashion show. Berlatar belakang Candi Borobudur di malam hari serta rintik hujan, semua model tampak sangat menawan di balik busana dengan siluet loose yang seakan membawa kain tenun ke level fashion selanjutnya.


Tak berhenti sampai disitu, Edward Hutabarat juga menghadirkan instalasi berjudul Rumah Sumba yang juga bisa kamu jumpai di halaman Borobudur. Saat memasuki Rumah Sumba kamu akan disuguhkan oleh berbagai kain tenun panjang cantik yang menjuntai serta berbagai kerajinan lainnya seperti anyaman, patung boneka dan lain sebagainya. Disini kamu juga bisa langsung melihat proses pembuatan tenun Sumba, mulai dari pewarnaan sampai penenunan yang dilakukan oleh orang-orang asli Sumba.


(Rumah Sumba yang menampilkan berbagai tenun dan kerajinan dari Sumba. Foto: Dok. Edward Hutabarat)


(Baca Juga: Edward Hutabarat Bawa Kain Lurik Ke Panggung Runway)


Sama halnya dengan fungsi Kabakil sendiri yaitu menjaga benang agar tidak terlepas saat proses penenunan. Fashion show Kabakil ini juga diharapkan memiliki fungsi untuk melindungi eksistensi kain Sumba agar tetap terjaga kelestariannya. Sekali lagi, selamat Edward Hutabarat untuk koleksi terbarunya!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Fashion