Life & health

7 Film Romantis Paling Sedih yang Bisa Menguras Air Mata!

By : Her World Indonesia - 2022-12-27 16:00:01 7 Film Romantis Paling Sedih yang Bisa Menguras Air Mata!

Bagi pecinta film, pasti sudah tahu jika film memiliki banyak genre, salah satunya adalah film dengan genre sedih. Film dengan genre seperti ini biasanya akan membuat penonton menangis tersedu-sedu sepanjang film. Apalagi, jika filmnya termasuk film romance sedih yang tidak hanya membuat penonton menangis, tetapi juga menjerit frustrasi karena endingnya yang menyakitkan dan terkesan tidak adil bagi para tokohnya.


Kisah romansa antar dua tokoh yang dihadapkan pada situasi tidak tepat dan menyayat hati selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta film romantis. Film-film genre ini sukses membolak-balikkan suasana hati penonton, mulai dari tertawa hingga menangis tersedu-sedu. 


Berikut ini tujuh rekomendasi film romantis sedih yang bisa membuatmu berurai air mata. Siapkan tisu, ya!


1. Five Feet Apart (2019)


(Cole Sprouse dan Haley Lu Richardson beradu akting dalam film "Five Feet Apart". Foto: Dok. @fivefeetapartfilm/Instagram)


“Five Feet Apart” adalah film genre romantis sedih yang dibintangi oleh Haley Lu Richardson dan Cole Sprouse. Film ini menceritakan tentang kisah cinta dua pasien, Stella dan Will, yang bertemu di rumah sakit dan harus selalu menjaga jarak minimal lima langkah karena penyakit Cystic Fibrosis, penyakit langka yang menyerang paru-paru dan organ lainnya. Mereka harus selalu menjaga jarak agar tidak mudah terkena infeksi yang bisa memperburuk kondisi keduanya. 


Cinta tumbuh di antara keduanya tanpa bisa saling mendekat satu sama lain. Sangat sedih!


2. Habibie dan Ainun (2012)



Film “Habibie dan Ainun” hadir sebagai sinema yang mengangkat kisah cinta nyata dari Pak Habibie dan Ibu Ainun. Diperankan apik oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, keduanya berhasil membawa kisah cinta dari tokoh penting Indonesia yang melegenda atas kesetiaan dan cintanya yang besar terhadap sang istri. Penonton akan dihipnotis oleh perjuangan Habibie mendapatkan Ainun dan perjalanan cinta mereka hingga maut memisahkan.


3. Kal Ho Naa Ho (2003)



“Kal Ho Naa Ho” adalah film India lawas yang memiliki jalan cerita yang bisa membuat hati siapa saja yang menontonnya ikut merasa sedih dan sesak. Film ini mengikuti kisah pemuda bernama Aman yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari sebelah rumahnya bernama Naina. 


Akan tetapi, Aman justru membantu Rohit, sahabat pria Naina, agar bisa menyatakan cintanya pada Naina, meskipun tahu jika Naina mencintainya bukan Rohit. Aman sengaja melakukan hal itu agar wanita yang dicintainya bisa bahagia, karena dirinya tahu jika ia tidak akan bisa membahagiakan Naina.


Aman menderita penyakit parah yang membuatnya hanya memiliki waktu hidup yang tidak lama lagi. 


(Baca Juga: Ini Daftar Drakor Terbaik Sepanjang 2022, Sudah Tonton?)


4. Me Before You (2016)


(Film Me Before You diangkat dari novel karya Jojo Moyes. Foto: Dok. @mebeforeyouofficial/Instagram)


Diangkat dari novel yang berjudul sama karya Jojo Moyes, film “Me Before You” menceritakan kisah cinta antara Louisa Clark seorang perawat dari pemuda kaya yang mengalami kelumpuhan bernama Will Traynor. Film ini dibintangi oleh Emilia Clarke dan Sam Clafin yang sukses membuat penonton berurai air mata.


Louisa harus merawat Will yang menderita kelumpuhan setelah mengalami kecelakaan tragis. Kejadian itu juga ikut memengaruhi kondisi psikologis Will; sikapnya menjadi lebih kasar dan dingin. 


Selain membantu Will melakukan aktivitasnya sehari-hari, Louisa juga berusaha mengembalikan semangat Will untuk tetap hidup dengan berjanji untuk menuruti apa pun keinginan Will selama enam bulan. 


5. On Your Wedding Day (2018)



Film “On Your Wedding Day” jadi salah satu film romantis sedih yang wajib kamu tonton! Dibintangi oleh Kim Young Kwang dan Park Bo Young, film ini menceritakan tentang awal pertemuan Hwang Woo-yeon dan Hwan Seung-hee. Kamu akan dibuat senyum-senyum dan ikut bahagia dengan kedekatan keduanya, lalu menangis karena satu hal yang tak terduga terjadi di akhir film. 


Kombinasi komedi, romantis, dan kisah sedih dipadukan dengan pas tanpa ada unsur paksaan. Film ini juga terasa semakin istimewa karena kemampuan akting dari dua aktor dan aktris ini yang sangat apik. 


6. Tenggelamnya Kapal van der Wijck (2013)



Film yang diadaptasi dari novel legendaris karya Buya Hamka tahun 1938 dengan judul yang sama, menceritakan tentang Zainuddin yang berlayar menuju kampung halamannya di Padang. Kemudian, ia jatuh cinta kepada Hayati, gadis bangsawan Minangkabau yang sangat cantik. 


Namun, perjalanan cinta keduanya tidak berjalan mulus ketika hukum budaya dan adat istiadat menjadi dinding penghalang besar di antara mereka. Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian, film ini sangat wajib masuk ke dalam daftar watchlist!


7. The Fault in Our Stars (2014)


(Ansel Elgort dan Shailene Woodley @faultinourstarsmovie on Instagram)


Satu lagi, “The Fault in Our Stars” adalah film romantis sedih yang wajib kamu tonton adaptasi novel karya John Green berjudul sama. Film ini dibintangi oleh Shailene Woodley, sebagai Hazel, seorang wanita yang sedang berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya, dan Ansel Elgort, sebagai August, yang juga menderita penyakit kanker. 


Suatu hari, keduanya bertemu ketika menghadiri acara yang diselenggarakan oleh komunitas pendukung kanker. Pertemuan dan interaksi diantara keduanya tidak bisa menahan rasa cinta untuk tumbuh di hati mereka, hingga saling mendukung satu sama lain dalam melawan penyakit kanker yang diderita keduanya. 


(Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix)


Itu dia tujuh rekomendasi film romantis sedih yang bisa membuatmu berurai air mata. Jangan lupa siapkan tisu yang banyak saat menontonnya, ya!



(Penulis: Calvin)

Life & health