Life & health

Kaleidoskop 2022: Momen Paling Trending Sepanjang Tahun

By : Her World Indonesia - 2022-12-31 12:00:01 Kaleidoskop 2022: Momen Paling Trending Sepanjang Tahun

It’s a wrap! Akhir tahun 2022 semakin dekat, tidak terasa tahun 2023 akan segera menyapa. Sebelum memulai tahun dan membuka lembaran baru, sudah menjadi kebiasaan bagi semua orang untuk mengilas balik dan melihat momen-momen penting apa saja yang terjadi sepanjang tahun 2022.


Mulai dari peristiwa penting yang terjadi di berbagai belahan dunia hingga momen pop culture yang viral, hal-hal inilah yang terus menjadi perbincangan hangat dan meramaikan berjalannya tahun 2022. Terkadang muncul peristiwa menyenangkan dan tragis, bisa dibilang tahun 2022 merupakan tahun layaknya roller coaster yang penuh dengan momen penuh bahagia dan haru.

Lalu, apa saja sih momen dan peristiwa penting yang trending dan paling ramai diperbincangkan sepanjang tahun 2022? Jangan skip, terus simak di bawah ini ya!


Seputar Dunia

(Kumpulan berita penting seputar dunia di tahun 2022. Foto: Dok. BBC)

What in the world? Peristiwa penting apa saja yang terjadi di belahan dunia lain sepanjang tahun 2022?


1. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia


Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada tanggal 8 September 2022, membuat dirinya menjadi pemimpin Inggris pertama yang bertahta selama 70 tahun. Operation London Bridge langsung dilaksanakan sebagai protokol pemakaman kerajaan untuk sang ratu. Tahta diberikan kepada anak pertama Ratu Elizabeth II, yang kini menyandang gelar Raja Charles III sementara istrinya Camilla mendapat gelar Queen of Consort.

Sementara keluarga kerajaan Inggris mengalami banyak perubahan, Netflix merilis serial paling ditunggu, The Crown Season 5 yang berfokus pada kisah pernikahan tragis Putri Diana dan Pangeran Charles. Selain itu, serial dokumenter Meghan Markle dan Pangeran Harry Meghan & Harry juga dirilis oleh Netflix.


2.  Argentina Memenangkan World Cup Qatar 2022


FIFA World Cup 2022 resmi digelar di Qatar mulai 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022. Akhir tahun ini, Qatar menjadi negara yang paling disorot sebagai tuan rumah dari turnamen sepakbola paling besar tersebut.

Terdapat banyak momen ikonis yang terjadi selama World Cup Qatar 2022, termasuk acara yang dibuka oleh Jungkook BTS dengan lagu barunya, hingga World Cup Qatar 2022 yang dimenangkan oleh tim Argentina yang diketuai oleh kapten Lionel Messi.


3. Perang Antara Rusia-Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasinya pada Ukraina sejak 24 Februari 2022. Akibatnya, warga Ukraina harus mengungsi dan hingga kini terdapat total kematian dengan perkiraan 42.000 jiwa. Selain berdampak pada warga Ukraina, perang ini juga berpengaruh besar pada masyarakat global terutama di bidang ekonomi. Akibat embargo yang dilakukan oleh beberaga negara pada Rusia, hal ini melahirkan potensi resesi yang cukup mengkhawatirkan di tahun 2023.


4. Populasi Dunia Menyentuh Angka 8 Milyar Penduduk


Menurut Prospek Penduduk Dunia 2022, populasi global akan menyentuh angka 8 miliar pada bulan November lalu. Pada tahun 2023, diperkirakan India akan menggantikan posisi China sebagai negara dengan populasi terbanyak.


5. Sejarah Singkat Elon Musk dan Twitter


Pada bulan Oktober lalu, Elon Musk mengumumkan dirinya sebagai CEO terbaru dari platform sosial media Twitter. Segera setelah diangkat, Elon Musk melakukan banyak perubahan signifikan pada Twitter. Disebut tidak ‘becus’, banyak pengguna Twitter mengecam perubahan dan cara sang CEO mengatur Twitter.

Hanya berselang beberapa bulan, Elon Musk baru saja mengumumkan dirinya akan turun sebagai CEO Twitter. Dirinya berkata ia akan segera turun setelah mendapatkan pengganti yang tepat.



Viral di Indonesia

(Kumpulan momen paling viral di Indonesia di tahun 2022. Foto: Dok. kaesangp/Instagram)

Berikut adalah beberapa momen paling viral dan trending di Indonesia, yang sudah pasti sering berputar di timeline kamu.


1. Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Kaesang Pangarep, anak dari Presiden Jokowi baru saja menikahi kekasihnya Erina Gudono pada 10 Desember 2022. Melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa, pernikahan pasangan satu ini menjadi momen spesial yang paling banyak ditunggu oleh masyarakat.


2. G20 Bali Summit

Pada bulan November lalu, Bali kedatangan tokoh-tokoh penting dari berbagai negara yang menghadiri G20 Bali Summit. Berlangsung di The Apurva Kempinski Bali, konferensi ini dihadiri oleh deretan presiden, perdana menteri, dan perwakilan negara yang merupakan anggota G20. Selain para tokoh negara, konferensi ini juga semakin meriah dengan kehadiran Anne Hathaway dan Elon Musk sebagai pembicara.


3. Tren Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week sempat menjadi tren yang menghebohkan Indonesia pada bulan Juni lalu. Tren ini dimulai dengan anak muda yang memamerkan gaya jalanan mereka dengan melakukan catwalk di penyebrang jalan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Penyebrang jalan ini kemudian menjadi lokasi ikonis dimana para pengunjung saling melakukan catwalk bergantian dan memeragakan gaya khas masing-masing.

Tren ini semakin populer dengan bantuan sosial media seperti TikTok dan Instagram. Berkat tren ini, Indonesia kini memiliki beberapa nama influencer dan artis baru, seperti Jeje dan Bonge.


4. Merek Lokal di Paris Fashion Week

Paris Fashion Week sudah lama dikenal sebagai acara fashion terbesar dan paling bergengsi. Tahun ini, beberapa merek lokal dari bidang fashion, beauty, bahkan F&B seperti 3Second, Scarlett, MS Glow, dan Geprek Bensu berhasil menghebohkan warganet dengan turut hadir di Paris dalam momen Paris Fashion Week.

Membawa sederetan artis dan influencer tanah air, merek-merek lokal tersebut memamerkan koleksi masing-masing pada acara Paris Fashion Show yang digelar oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS).


(Baca Juga: Hal Menarik World Cup Qatar 2022, Kontroversi hingga Ada BTS)


Momen Fashion Paling Penting


(Kumpulan momen fashion paling berpengaruh di tahun 2022. Foto: Dok. balenciaga/Instagram)

Mulai dari Met Gala 2022 hingga skandal besar, di bawah ini adalah beberapa momen fashion paling penting dan berpengaruh sepanjang tahun 2022.


1. Skandal Balenciaga

Balenciaga menjadi rumah mode yang menerima banyak kecaman di akhir tahun ini. Hal ini bermula dari kampanye terbaru Balenciaga yang menampilkan pemotretan dengan anak kecil, dimana warganet melihat terdapat beberapa properti yang menggambarkan kekerasan pada anak hingga pedofilia.

Meski telah mengeluarkan permohonan maaf, akibat ini selebriti ternama seperti Kim Kardashian dan Alexa Demie yang merupakan “muse” Balenciaga memutuskan untuk berhenti berasosiasi dengan rumah mode tersebut.


2. Kemeriahan Met Gala 2022

Berlangsung pada bulan Mei, Met Gala 2022 menjadi momen fashion paling meriah yang paling banyak dinanti oleh penggemar mode. Bertema “Gilded Glamour”, pada ajang ini para selebriti hadir mengenakan gaya terbaik mereka. Selebriti yang dinominasikan sebagai “Best Dressed” di Met Gala 2022 adalah Blake Lively, yang mengenakan gaun rancangan Atelier Versace.

Selain Blake Lively, selebriti lain yang juga menjadi sorotan perhatian di ajang ini adalah Kim Kardashian. Dirinya hadir mengenakan gaun milik Marilyn Monroe yang dirancang oleh Jean Louis dan dikenakan pada momen legendaris ulang tahun Presiden John F. Kennedy di tahun 1962. Berkat pilihan ini, Kim Kardashian menerima banyak kritik karena dianggap ‘merusak’ gaun Marilyn Monroe.


3. Alessandro Michele Tinggalkan Gucci

Kabar menyedihkan datang dari Gucci, creative director-nya selama tujuh tahun Alessandro Michele mengumumkan dirinya akan mundur dari rumah mode tersebut. Pengumumannya mendadak dan tidak terduga, hingga saat ini Kering masih belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan posisi Alessandro Michele.



Berita Selebriti Paling Trending

(Kumpulan berita selebriti paling trending di tahun 2022. Foto: Dok. BBC)

Selebriti siapa saja yang paling ramai diperbincangkan tahun ini, dan apa yang mereka lakukan? Here’s the recap.


1. The “Slapgate”

Ajang bergengsi Oscars yang berlangsung pada 27 Maret 2022 resmi mencetak sejarah. Bukan karena deretan selebriti “Best Dressed” atau pemenang penghargaan, melainkan insiden tamparan antara Will Smith dan Chris Rock di atas panggung. Insiden ini bermula ketika komedian Chris Rock menyampaikan candaan mengenai Jada Pinkett Smith, istri dari Will Smith saat ia melakukan presentasi untuk penghargaan “Best Documentary Feature”. Will Smith kemudian naik ke atas panggung dan menampar wajah Chris Rock, hal ini tertangkap kamera secara langsung dan hingga kini momen tersebut telah dilihat sebanyak 100 juta kali.

Setelah insiden tersebut, Will Smith berhasil memenangkan penghargaan “Best Actor” dan ia meminta maaf kepada Academy of Motion Picture Arts and Sciences atas hal yang ia lakukan.

2.  Kelahiran Anak Pertama Rihanna

Rihanna mengumumkan kehamilannya dengan cara yang sangat fashionable, yaitu mengenakan vintage puffy jacket bewarna pink dari Chanel seharga 250 juta rupiah yang memamerkan baby bump miliknya. Pada 13 Mei 2022, Rihanna melahirkan anak A$AP Rocky dan mendapat ucapan selamat dari penggemarnya di seluruh dunia.

3. Drama Pengadilan Kasus Johnny Depp dan Amber Heard

Bulan April hingga Juni tahun ini dipenuhi dengan kabar kasus pengadilan pencemaran nama baik antara Johnny Depp dan Amber Heard. Dipenuhi drama selama pengadilan, kasus ini menjadi kasus paling panas dan paling banyak ditonton oleh publik. Kate Moss, mantan istri dari Johnny Depp juga ikut hadir memberikan kesaksiannya. Kasus berakhir dengan Amber Heard ditemukan bertanggung jawab atas tiga tuduhan pencemaran nama baik, sementara Johnny Depp bertanggung jawab atas satu tuduhan pencemaran nama baik.

4. Kabar Wajib Militer BTS

Kabar mengharukan untuk para ARMY, agensi Big Hit mengumumkan BTS akan melakukan wajib militer dimulai dengan anggota Jin di tahun ini. Namun tak perlu ragu, seluruh anggota akan melakukan comeback secara lengkap di tahun 2025 setelah melaksanakan kewajiban masing-masing.

5. Skandal Kanye West

Kanye West menerima banyak kecaman akibat ungkapan antisemitismenya di sosial media, dimana ia secara sengaja menyebarkan kebencian terhadap kaum Yahudi. Akibat hal ini, berbagai merek ternama memutuskan kontrak dengan Kanye West, termasuk Balenciaga, GAP, Adidas, Foot Locker, dan TJ Maxx. Saat ini, diperkirakan Kanye West sudah tidak lagi menyandang gelar sebagai seorang milyarder.


In Love! Pernikahan Selebriti Tahun Ini


(Deretan selebriti yang menikah di tahun 2022. Foto: Dok. Jezebel)

Cinta bersemi hingga altar, berikut adalah pasangan selebriti yang resmi menikah di tahun 2022.


• Kourtney Kardashian & Travis Baker (15 Mei 2022)

• Jennifer Lopez & Ben Affleck (20 Agustus 2022)

• Taylor Dome & Taylor Lautner (11 November 2022)



Oh No! Pasangan Selebriti yang Putus Tahun Ini


(Deretan selebriti yang putus di tahun 2022. Foto: Dok. BBC)

Sayangnya, ada beberapa pasangan Hollywood yang hubungannya karam di tahun ini. Apakah salah satunya couple idaman kamu?


• Emily Ratajkowski & Sebastian Bear-McClard

• Gisele Bündchen & Tom Brady

• Kim Kardashian & Pete Davidson

• Harry Styles & Olivia Wilde

• Leonardo DiCaprio & Camila Morrone

• Liam Payne & Maya Henry

• Shakira & Gerard Pique


(Baca Juga: Ini 10 Busana Selebriti Terbaik di Met Gala 2022)


Film dan Serial Terlaris


(Deretan film dan serial terlaris di tahun 2022. Foto: Dok. BBC)

Film dan serial yang menemani hari-harimu sepanjang tahun 2022. Berikut adalah daftar film dan serial yang paling banyak ditonton tahun ini.


Stranger Things Season 4

House of the Dragon

Wednesday

Don’t Worry Darling

Extraordinary Attorney Woo

Business Proposal

Sri Asih

Mencuri Raden Saleh

KKN Desa Penari

Ngeri-Ngeri Sedap

Pengabdi Setan 2

Sayap-Sayap Patah

Noktah Merah Perkawinan


Berikut adalah kaleidoskop 2022 yang mencatat beragam momen dan peristiwa penting sepanjang tahun. 

Satu lagi tahun yang berlalu. Meski berjalan dengan penuh tantangan, pada akhirnya kamu berhasil melewati tahun 2022 hingga akhir! Thank you for sticking up until the end. Let’s welcome 2023 with a huge cheer.


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Life & health