Life & health

Ini Tips Menguruskan Badan Tanpa Diet Ketat Dan Menyiksa!

By : Her World Indonesia - 2023-01-02 14:00:01 Ini Tips Menguruskan Badan Tanpa Diet Ketat Dan Menyiksa!

Kebanyakan wanita sangat sensitif dengan masalah berat badan. Bahkan, tidak sedikit wanita yang dengan berani melakukan pola diet ketat (dan terkadang tidak sehat) untuk menguruskan badan. Seringkali cara tersebut berhasil, tetapi sungguh sangat menyiksa dan bisa memengaruhi fungsi tubuh—yang bisa menimbulkan munculnya berbagai penyakit. 


Pengertian diet sendiri adalah untuk mengatur pola makan, bukan tidak makan sama sekali. Salah memahami diet hanya akan menimbulkan masalah kesehatan. 


Berikut ini ada beberapa tips menguruskan badan tanpa perlu melakukan pola diet ketat dan menyiksa yang bisa kamu coba. 


1. Sering bergerak


(Jalan pagi bisa jadi opsi. Foto: Dok. Arek Adeoye/Unsplash)


Sering bergerak menjadi salah satu cara yang sehat dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Ada banyak kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat tumbuhmu sering bergerak. Ini termasuk, membersihkan rumah, memasak, naik turun tangga, berkebun, atau berolahraga. 


Dengan banyak menggerakkan tubuh, lemak yang menumpuk akan melakukan proses pembakaran karena peningkatan metabolisme, sehingga mampu membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan lain dari banyak bergerak, salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh. 


2. Minum air putih yang cukup


Cobe perhatikan kembali, apa kamu sudah cukup minum air putih? 


Perlu diketahui, kebutuhan air putih untuk orang dewasa adalah sekitar delapan gelas ukuran 230ml per hari, atau jika ditotalkan per harinya kamu membutuhkan sebanyak dua liter air. 


Kebutuhan air putih yang cukup ternyata juga memberikan manfaat untuk membantu menguruskan badan. Ada beberapa cara minum air putih agar membantu proses penurunan berat badan yang maksimal. Beberapa orang menyebut ini dengan ‘diet air putih.’ 


Sebelum makan, usahakanlah untuk minum air putih lebih dulu, lalu imbangi dengan perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat lapar, orang akan cenderung makan lebih banyak. Minum lebih banyak air sebelum makan mampu menekan nafsu makan, sehingga kamu makan lebih sedikit. Inilah yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan. 


3. Jangan biasakan makan saat larut malam 


(Kurangi nyemil saat larut malam. Foto: Dok. Eren Li/Pexels)


Supaya tujuan menguruskan berat badan berhasil, biasakan untuk tidak makan atau ngemil saat larut malam. Hal ini karena, makanan yang kamu konsumsi saat larut malam akan dicerna secara lambat. Organ di dalam tubuh juga membutuhkan istirahat pada malam hari. 


Bukannya membantu menurunkan berat badan, makan saat larut malam justru dapat berisiko menambah berat badan dan menimbulkan penyakit kronis, seperti peningkatan kadar gula darah, kolesterol, memicu diabetes, penyakit jantung, dan stroke.


(Baca Juga: Ada 6 Manfaat Bangun Jam Lima Pagi Untuk Kesehatan)


4. Tidak begadang


Disamping mengatur pola makan yang sehat, mengatur pola tidur juga perlu diperhatikan jika ingin menurunkan berat badan. Idelanya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. 


Kurang tidur telah dikaitkan dengan timbulnya berbagai penyakit, termasuk meningkatkan hormon stres. Seperti yang diketahui, ketika stres kita cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Itulah yang bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Oleh sebab itu, untuk membantu menurunkan berat badan, kamu perlu mengatur pola tidur dan tidak begadang. 


5. Banyak konsumsi makanan berserat


(Konsumsi makanan kaya serat. Foto: Dok. George Milton/Pexels)


Memperbanyak konsumsi makanan berserat bisa membantu mengurangi rasa lapar. Faktanya, makanan berserat tinggi mampu menekan nafsu makan yang akan membuatmu lebih cepat kenyang dan tidak mudah merasa lapar. Beberapa makanan berserat tinggi bisa kamu konsumsi seperti brokoli, tomat, bayam, kacang-kacangan, pepaya, alpukat, mangga, dan raspberry


Kandungan serat yang tinggi dalam makanan-makanan tersebut sangat baik untuk membantu menguruskan berat badan sekaligus melancarkan sistem pencernaan. 


6. Seimbangkan gizi makanan


Saat kamu ingin menguruskan badan, kamu perlu memerhatikan seluruh makanan yang kamu konsumsi. Pilih makanan yang memiliki gizi seimbang. Batasi konsumsi makanan tinggi gula dan garam.Tidak perlu hingga menghilangkan garam dan gula dari makananmu sepenuhnya, cukup batasi konsumsinya saja. Kamu masih tetap bisa mengonsumsi makanan lezat, kok. 


Jadi kamu bisa menguruskan badan, tetapi tetap bisa mengonsumsi makanan lezat favoritmu. 


(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil)


Itulah beberapa tips menguruskan badan, tanpa diet ketat dan menyiksa, yang bisa kamu coba. Perlu diingat, menguruskan berat badan bukanlah proses instan, jadi nikmati setiap prosesnya. Semoga berhasil. 





Teks: Calvin


Life & health