Life & health

Ada 6 Manfaat Bangun Jam Lima Pagi Untuk Kesehatan

By : Vanessa Masli - 2022-12-26 20:00:01 Ada 6 Manfaat Bangun Jam Lima Pagi Untuk Kesehatan

Mungkin resolusi jadi salah satu hal yang sebagian orang buat selagi menghitung hari menuju penghujung tahun. Entah mencoba hal-hal atau memperbaiki pola hidup sehat yang sempat terhenti karena berbagai faktor, tahun baru jadi momen tepat untuk memulainya kembali. Kebiasaan baik dan sehat, seperti bangun lebih pagi setiap hari, bisa jadi salah satu resolusi di tahun depan.


Bangun di pagi hari, khususnya jam lima, menjadi salah satu kebiasaan yang mudah dilakukan untuk membentuk pola hidup lebih sehat. Mungkin terasa berat, apalagi kalau kamu sering tidur larut malam dan rasanya bangun siang menjadi reward kecil untuk diri, jadi ide bangun pagi tanpa harus berangkat kerja rasanya terlalu ambisius.


Padahal, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat menerapkan kebiasaan bangun jam lima pagi setiap harinya. Penasaran apa saja? Beberapa manfaatnya sudah Her World di bawah ini, jadi simak terus sampai akhir ya!


1. Lebih banyak waktu untuk diri sendiri


Apalagi kalau adalah seorang ibu yang harus banyak mempersiapkan keperluan keluarga, waktu sendiri alias me-time jadi hal esensial. Saat kamu menjalani hari yang padat, apapun peran dan profesimu, waktu di pagi hari juga jadi kesempatanmu untuk merawat diri.


Mulai dari menikmati secangkir kopi dengan lebih tenang hingga bisa menyelesaikan novel favoritmu, ada ruang hening yang bisa mempersiapkanmu untuk menjalani hari yang tak jauh dari kata padat. Sepertinya, tak ada waktu yang lebih tepat selain di pagi hari.



(Punya lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)


2. Bisa lebih produktif


Memang pada beberapa percobaan pertama, bangun di jam lima pagi terasa luar biasa berat. Tubuh lebih mudah lelah di pagi hari, rasanya satu gelas kopi tak cukup, dan hari terasa lebih panjang dari biasanya. Namun, perlahan tapi pasti, rutinitas yang terbangun bisa mendorongmu untuk menjadi lebih produktif.


Sebab, banyak rutinitas baru (dan mungkin lebih sehat) yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menyusun agenda harian, journaling¸meditasi, hingga membereskan rumah tanpa ada distraksi sehingga kamu pun bisa lebih menikmati proses dalam melakukan rutinitas tersebut.


3. Lebih termotivasi menjalani hari


Bukan karena agenda yang tersusun rapi, tapi ketenangan yang dihadirkan. Saat kamu mencoba bangun di jam lima pagi, banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan lebih tenang dan pelan hingga benar-benar selesai. Dengan menjalani aktivitas lebih tenang, kamu mendorong diri untuk lebih termotivasi untuk melakukan aktivitas seharian. Sedangkan, kalau kamu bangun terburu-buru, ada kemungkinan tubuh lebih cepat lelah sebelum harimu benar-benar dimulai.


(Baca Juga: Hati-Hati, Ini 6 Efek Negatif Kesepian untuk Kesehatan!)


4. Punya waktu untuk berolahraga


Kalau resolusimu di tahun 2023 adalah untuk lebih rajin berolahraga, bangun jam lima pagi untuk melakukannya bisa jadi awal yang baik. Apalagi buat kamu yang memiliki jadwal sibuk seharian dan menjadikan waktu sebagai alasan resolusi olahraga harus berakhir di minggu pertama Januari, bangun pagi bisa jadi solusi.


Gunakan waktu di jam lima pagi tersebut untuk berolahraga, baik jalan kaki ataupun yoga, karena ini jadi satu-satunya waktu luang yang bisa kamu gunakan. Plus, banyak manfaat yang juga bisa kamu dapatkan dengan berolahraga di pagi hari. Mulai dari meningkatkan energi untuk beraktivitas sepanjang, membuat mood lebih senang, hingga membuatmu tidur lebih nyenyak pada malam hari.


5. Berangkat kerja tanpa tergesa-gesa


Walau macet di ibukota hampir tak mengenal waktu, tapi setidaknya kamu tak tergesa-gesa. Dengan bangun lebih pagi, kamu juga bisa mempersiapkan diri lebih baik dan berangkat lebih awal ke tempat kerja. Kalau kamu tetap dihadapkan dengan kemacetan, setidaknya kamu melewati jalanan macet lebih tenang karena memiliki kemungkinan untuk memulai kerja tepat waktu.


Ketenangan tersebut bisa mengurangi kondisi-kondisi mental yang juga disebabkan oleh kemacetan sepertinya stres, depresi, hingga kemarahan. Kamu bisa jadi jauh lebih tenang dan produktif menyelesaikan pekerjaanmu sepanjang hari.



(Lebih banyak waktu berolahraga saat bangun di jam lima pagi. Foto: Dok. Jorge Acre/Pexels)


6. Tidur lebih nyenyak


Saat kamu bangun lebih awal, apalagi di jam lima pagi, sudah pasti tubuh akan merasa lelah lebih cepat sehingga mendorong keinginan untuk terlelap juga. Namun, hal ini tak membuat tubuh jadi lemah tapi justru meningkatkan kondisi kesehatanmu. Sebab, saat kamu bangun lebih pagi, tentu tidurnya jadi lebih awal.


Namun, kualitas tidur akan lebih nyenyak dan pastinya bangun pagi (keesokan harinya) dengan mood lebih happy, lebih konsentrasi, hingga mengurangi kemungkinan berat badan berlebihan.


(Baca Juga: Ini 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?)


Itu dia beberapa manfaat bangun jam lima pagi yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Semoga bermanfaat!


Life & health