Hair & beauty

6 Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing

By : Her World Indonesia - 2023-07-17 18:00:01 6 Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing

Akhir-akhir ini serum Vitamin C lagi jadi salah satu produk holy grail dari skincare yang ternyata bisa bikin kulit lebih glowing. Berbagai industri kecantikan bersaing dalam mengeluarkan produk serum Vitamin C karena popularitasnya yang tinggi. Selain itu, Vitamin C juga kaya akan manfaat lainnya seperti menangkal radikal bebas hingga mengurangi noda hitam dan hiperpigmentasi. 

Simak lebih lanjut manfaat dari serum Vitamin C untuk kulit dan cara menggunakannya!


1. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat dari serum vitamin C adalah menangkal radikal bebas dari sinar matahari, stress, polusi, sinar UV, dan efek lainnya dari lingkungan sekitar kita yang dapat merusak jaringan kulit dan kekuatan pada kulit. Serum vitamin C dapat melindungi kulit karena kaya akan antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi kulit dari agresor lingkungan sekitar.


2. Sebagai Penghambat Penuaan

Vitamin C memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang dapat memberikan struktur dalam tubuh termasuk kulit kita. Produksi kolagen dapat melambat dan membuat kulit kita kehilangan elastisitasnya dan menjadi kendur. Garis-garis halus dan kerutan juga bermunculan di kulit wajah dan membuat kita terlihat lebih tua. Dengan serum vitamin C, kolagen dalam kulit menjadi lebih kuat dan elastisitas dapat meningkat yang membuat kulit terlihat lebih muda.


3. Membantu Menghidrasi Kulit Kering


Manfaat lainnya dari vitamin C yaitu untuk melawan dehidrasi pada kulit wajah. Serum vitamin C dapat membantu mengurangi hilangnya air pada kulit dengan memperkuat skin barrier, membantu kulit untuk mengunci kelembapan. Kulit yang terhidrasi membuat kulit lebih sehat dan terasa lebih lembut.


(Baca Juga: 6 Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit!)


4. Membuat Kulit Lebih Cerah


Serum vitamin C juga populer dengan khasiatnya untuk mencerahkan kulit. Sinar UV dan polusi diketahui dapat merusak kulit dan membuat kulit menjadi lebih kusam dan lelah. Produk berbahan dasar vitamin C bertindak sebagai pencerah yang dapat memperbaiki penampilan kulit kusam dan membuat warna kulit menjadi lebih rata dan cerah.


(Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


5. Mempercepat Penyembuhan


Studi menemukan bahwa vitamin C dengan kadar yang tinggi dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh termasuk pada kulit wajah. Hal ini membuat produk seperti serum vitamin C menjadi ideal untuk digunakan pada area kulit wajah dan dapat menyembuhkan luka pada kulit akibat bekas jerawat dengan lebih cepat dan efektif. Jika kamu sering berjemur di bawah sinar matahari, vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan kulit yang terbakar atau sunburn untuk menghindari kemerahan pada kulit.


6. Mengurangi Noda Hitam dan Hiperpigmentasi


Sebab Vitamin C terkenal sebagai agen pencerah, sifatnya yang mencerahkan ini dapat mengurangi noda hitam dan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Bahkan dengan menggunakan serum Vitamin C, produksi abnormal pigmen dapat terhambat sehingga warna kulit lebih rata dan memudarkan noda hitam, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi. Selain itu, serum Vitamin C juga memiliki properti yang disebut anti-spot yang dapat mencerahkan noda-noda gelap pada kulit wajah tanpa mengubah pigmen kulit normal kamu.


Sekarang kamu udah paham kan tentang manfaat-manfaat dari Vitamin C untuk kulit wajah! Mungkin kamu mau tahu juga, gimana sih cara menggunakan serum Vitamin C yang baik? Apakah ada efek samping yang disebabkan dari penggunaan Vitamin C?


Serum Vitamin C sebaiknya digunakan sekali sampai dua kali sehari. Lebih dianjurkan untuk memakai Vitamin C di pagi hari karena dapat membantu melindungi lapisan pertama pada kulit wajah terhadap paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan serum Vitamin C beberapa tetes pada wajah.  Sebelum kamu menggunakan produk serum Vitamin C, sebaiknya konsultasi kepada dokter atau mencari tahu terlebih dahulu akan kecocokan produk pada kulit kamu.


Jika kulit wajah kamu cenderung sensitif, kulit kamu mungkin dapat mengalami beberapa efek samping seperti gatal-gatal, kemerahan, atau iritasi yang diakibatkan produk serum Vitamin C yang kamu pakai. Akan tetapi, efek samping tersebut hanya berlangsung beberapa saat setelah pemakaian. Kalau kamu mengalami beberapa tanda-tanda tersebut pada kulit wajah, sebaiknya cepat dibersihkan dan jangan menggunakannya lagi.


(Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Cara Pemakaian Toner Yang Benar!)


Itulah beberapa manfaat dari serum Vitamin C dan cara menggunakannya! Selamat mencoba produk skincare yang satu ini!


(Penulis: Larasati Emiri)

Hair & beauty