Hair & beauty

Ini 8 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang

By : Vanessa Masli - 2023-02-22 18:00:01 Ini 8 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang nyaman dengan rambut panjang sehingga saat ada momen-momennya kamu harus potong rambut, sudah langsung tak sabar ingin rambut kembali panjang. Mulai dari produk hingga perawatan, banyak cara yang terlintas di kepala untuk bisa membuat rambut tumbuh panjang lebih cepat.


Memang, ada ragam cara yang bisa kamu lakukan untuk bikin rambutmu cepat panjang, tapi menerapkan beberapa kebiasaan rangkuman Her World di bawah ini juga bisa dicoba. Penasaran apa saja?


1. Mulai perhatikan asupan protein


Pertumbuhan tiap helai rambutmu tak hanya melalui perawatan dari luar, tapi juga dari dalam. Folikel rambut dibentuk dari protein sehingga kamu harus memastikan asupan proteinmu cukup untuk bantu pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi diet yang seimbang dan asupan protein yang cukup – setidaknya 50 gram per hari – rambutmu akan tumbuh panjang lebih cepat dan kondisinya juga lebih optimal.


2. Hindari menyisir saat rambut basah


Setelah keramas dan mengeringkannya dengan handuk, pasti tampilan rambut yang berantakan suka bikin kamu ingin cepat-cepat menyisirnya. Namun, tunggu dulu, karena menyisir rambut dalam kondisi basah yang justru tambah masalah baru untuk kondisi rambutmu.


Ketika kamu ingin pertumbuhannya lebih panjang dalam waktu yang singkat, hindari menyisir rambut selagi basah. Sebab, rambut dalam kondisi basah cenderung lebih rapuh dan mudah patah maupun rontok. Jadi, setelah keramas, biarkan rambut teurai tanpa harus disisir (mungkin sampai setengah kering baru perlahan dirapikan).



(Telur bisa menjadi sumber protein yang cocok untuk pertumbuhan rambut. Foto: Dok. Foodie Factor/Pexels)


3. Coba memijat kulit kepala


Kebiasaan yang bisa kamu coba, tak hanya bikin rambutmu cepat panjang tapi juga pikiran lebih rileks, yaitu memijat kulit kepala. Ambil waktu sekitar empat sampai enam menit untuk memijat kulit kepalamu. Kamu hanya perlu memberi pijat dengan tekanan ringan hingga sedang menggunakan jari-jari maupun telapak tanganmu.


Lalu, pijat dengan membuat gerakan melingkar pada satu area di kulit kepala selama beberapa detik, lalu pindah ke area berikutnya hingga seluruh kepala terpijat. Kamu bisa gosokkan kedua telapak tanganmu untuk beri kehangatan ekstra pada kepala. Lakukan ini satu sampai dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.


4. Rutin memotong rambut


Bukan berarti kamu harus memotongnya sampai pendek, tapi cukup memangkasnya sekitar dua sentimeter setiap bulan. Pemotongan ini untuk merapikan rambut sekaligus mengurangi helaian yang bercabang atau patah. Kamu melakukan pemotongan ini sebagai cara untuk menguatkan rambut juga, karena kamu memotong bagian paling lemah dari helaian rambutmu. Cara ini juga bisa membuat tampilan rambut lebih panjang.


(Baca Juga: 12 Model Rambut Bridesmaid Yang Bisa Ditiru, Cantik Banget!)


5. Aplikasikan minyak esensial


Minyak esensial tak hanya bisa dijadikan andalan untuk masalah kesehatan, tapi juga estetika. Tak bisa kamu aplikasikan langsung ke kulit, tapi beberapa minyak esensial – seperti lavender, kamomil¸ tea tree, rosemary, jojoba maupun peppermint – bisa membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat panjang.


Kamu bisa mencampurkan minyak-minyak esensial ini ke sampomu atau dicampurkan dengan carrier oil seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, maupun castor oil. Namun, pastikan ke dokter kecantikan sebelum mengaplikasikan minyak esensial ke rambut maupun kulit kepala.


6. Rutin pakai kondisioner


Kalau kamu terbiasa pakai sampo, lalu bilas, dan selesai, mungkin harus ada kebiasaan yang ditambahkan. Apalagi kalau kamu ingin rambutmu cepat panjang, kondisioner harus jadi produk wajib untuk melengkapi rangkaian hair care-mu. Sebab, kondisioner tak hanya membuat rambut lebih mudah diatur, tapi juga menguatkan sekaligus melindungi rambut dari pancaran sinar UV yang bis merusak.


Dengan kondisi rambut yang lebih kuat, tiap-tiap helainya bisa tumbuh lebih panjang dan lebih cepat juga.



(Rutin memakai kondisioner bisa menguatkan rambut. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


7. Temukan cara redakan stres


Kondisi mentalmu memberi pengaruh pada kondisi fisik, termasuk oertumbuhan rambutmu. Saat kamu mengalami stres yang berkepanjang, rambut juga akan kehilangan fase istirahatnya. Kecenderungan yang membuat kamu lebih berisiko terkena alopecia areata, ketika sistem imun tubuh menyerang folikel rambut.


Jadi, penting untuk temukan cara meredakan stres karena berbagai alasannya, mungkin pelan-pelan pertumbuhan rambutmu akan lebih terasa.


8. Beri lebih perhatian


Hindari keramas terlalu sering, beri jeda dua hari sampai satu minggu. Kalau sudah membiasakan keramas dengan frekuensi yang lebih jarang, coba sesekali pergi ke salon untuk perawatan rambut. Mungkin kamu bisa creambath atau bahkan hair spa, biarkan para profesional memberi perawatan ekstra pada rambutmu.


Lalu, kamu juga bisa sesekali memberi perawatan hot oil setidaknya dua minggu sekali. Berikan perhatian ekstra agar kondisi rambutmu jadi lebih sehat dan juga lebih cepat panjang.


(Baca Juga: Gatal? Ini 7 Cara yang Benar untuk Menghilangkan Ketombe)


Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa bikin rambutmu cepat panjang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Hair & beauty