Life & health

Belajar Perawatan 1000 Hari Pertama Si Kecil Dalam Zwitalk

By : Kiki Riama Priskila - 2022-09-02 09:30:00 Belajar Perawatan 1000 Hari Pertama Si Kecil Dalam Zwitalk

Tumbuh kembang anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan golden age yang membutuhkan perhatian lebih. Namun, tekanan saat menjadi orang tua baru juga cukup berperan dalam perawatan si kecil. Melihat hal ini, Mother & Beyond mengadakan webinar bertajuak 1001 Zwitalk yang bekerja sama dengan Zwitsal 1000 HPK, Klinik Kecil, dan Obrolan Parenting pada Agustus lalu. Acara ini juga didukung oleh PKK DKI Jakarta, PKK Jawa Barat, Kemenkominfo, dan Siberkreasi.


Para pakar menyampaikan tips penting yang terbagi dalam 3 kelas Asih, Asah, dan Asuh. Untuk kelas Asih ada “Bebas Panik Jadi Ibu Baru! A to Z Merawat Bayi”, kelas Asah “MPASI Sambil Main! Emang Boleh?”, dan yang terakhir kelas Asuh “A to Z Sukses Menyusui untuk Ibu baru”. Simak rangkumannya, di sini.


Kelas Asih: Bebas Panik Jadi Ibu Baru


(Foto: Dok. Mother & Beyond)

Kelas pertama ini diramaikan oleh dr. Miza Afrizal, Sp.A, dokter spesialis anak, dan Samanta Elsener, M.Psi, Psi, psikolog anak dan remaja sebagai narasumber. "Panik adalah hal yang wajar bagi ibu baru. Tapi bayi tidak seringkih yang dibayangkan kebanyakan orang tua,” ujar dr. Miza.


Menurut dr. Miza, hipotermia atau kedinginan adalah masalah yang sering terjadi pada bayi baru lahir, dan ini yang paling sering membuat ibu baru jadi panik. Maka perawatan dasar bayi baru lahir mudah saja, yaitu jangan dimandikan dulu sampai tali pusatnya lepas sendiri, karena jika basah bisa jadi sumber infeksi.  Di 1 bulan pertama, vaksin yang perlu diberikan ada vaksin hepatitis B, polio, dan BCG.


Agar bebas panik, Samanta menyarankan untuk rutin melakukan bonding moment, bahkan sejak bayi masih di dalam kandungan. Bukan hanya membuat bonding orang tua dan anak semakin kuat, bonding juga dapat memengaruhi kecerdasan anak dan meningkatkan IQ.


Kelas Asah: MPASI Sambil Main! Emang Boleh?


(Foto: Dok. Mother & Beyond)

Di kelas kedua 1001 Zwitalk ini telah hadir dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, sebagai pembicara. Menurut dr. Andreas, anak boleh bermain saat makan tapi bukan main gadget. Bermain yang boleh sambil MPASI adalah aktivitas stimulasi indra dengan makanan. Misalnya, membiarkan anak memegang makanan, itu bisa jadi stimulasi sensoris. Indra perasa juga bisa distimulasi dengan aneka rasa alami dan tekstur yang dikenalkan ke anak sesuai usianya.


Pastikan usia anak sudah 6 bulan saat menikmati MPASI pertama karena kesiapan tubuh anak untuk makan baru muncul di usia 6 bulan. Menurut dr. Andreas, penting untuk mengenali tanda-tanda anak siap MPASI, seperti kepala anak sudah tegak saat didudukkan, anak mulai tertarik mencoba makanan, dan anak masih rewel karena lapar walau sudah diberi ASI.


MPASI pertama perlu mencakup semua makro dan mikronutrien yang dibutuhkan anak. Komposisi utamanya karbohidrat, lemak, dan protein (lebih disarankan protein hewani karena lebih mudah diserap tubuh). Selain itu sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah juga perlu diberikan.


Kelas Asuh: A to Z Sukses Menyusui untuk Ibu Baru


(Foto: Dok. Mother & Beyond)

Menyusui memang tidak mudah, tetapi bukan hal yang mustahil. Itu ungkapan dr. Lucky Yogasatria, Sp.A, dokter spesialis anak sebagai pembicara di kelas terakhir. Untuk sukses memberikan ASI ekslusif dan hingga 2 tahun, ilmu menyusui sudah perlu dikumpulkan sejak masa kehamilan.


Menurut dr. Lucky, minimnya pengalaman kerap membuat ibu baru melakukan kesalahan saat menyusui, seperti tidak IMD, tidak memberikan kolostrum, dan buru-buru memberi sufor. Padahal, IMD dan ASI (khususnya kolostrum) sangat penting menjadi modal tumbuh kembang di awal kehidupan bayi.


Ibu baru juga sering mudah panik kalau ASI cuma sedikit, jadi buru-buru memberi sufor. Padahal, bayi baru lahir masih punya cadangan makanan dan ukuran lambungnya pun sangat kecil, sedikit ASI saja masih cukup untuk membuatnya kenyang.


Ia juga menyarankan untuk mengenali tanda bayi cukup ASI: kenaikan berat badan minimal 800 gram per bulan, payudara terasa kosong setelah menyusui, bayi terlihat kenyang dan langsung tidur setelah menyusu, bayi buang air kecil minimal 6 kali sehari, dan BAB berwarna kuning setelah 3 hari (0-3 hari BAB bayi normalnya berwarna hitam).


Acara kemudian ditutup dengan pembagian giveaway bagi orang-orang yang beruntung. Seru banget, kan? Jadi, jangan lewatkan webinar berikutnya, ya.

Life & health