Hair & beauty

Cara Mengetahui Undertone Kulit Untuk Foundation Yang Tepat

By : Her World Indonesia - 2022-09-30 18:00:01 Cara Mengetahui Undertone Kulit Untuk Foundation Yang Tepat

Semua orang pasti ingin memiliki makeup yang indah dan flawless. Salah satu kunci untuk membuat makeup sempurna adalah jenis foundation yang dikenakan. Foundation sendiri merupakan sejenis cairan yang digunakan sebagai base atau langkah awal pada proses makeup, kegunaannya adalah untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah seperti kemerahan, bekas jerawat, hingga flek hitam. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk memilih foundation yang sesuai dengan jenis dan warna kulit masing-masing.

Saat memilih foundation yang tepat, satu hal yang pelu diperhatikan adalah warna undertone kulit kita. Undertone dan tone sendiri merupakan dua istilah yang berbeda. Tone, yang lebih umum dikenali mengacu pada warna kulit. Sedangkan undertone merupakan warna alami yang ada di bawah permukaan kulit. Tentunya, tiap orang memiliki undertone yang berbeda.

Undertone inilah yang menjadi faktor utama dalam mencari warna foundation yang tepat. Berikut adalah cara yang bisa kamu coba jika ingin mengetahui warna undertone kulit kamu!


1. Warna Pembuluh Darah Vena


Cara paling mudah untuk mengetahui warna undertone kulit adalah dengan memperhatikan warna pembuluh darah, terutama di area wajah dan leher. Jika pembuluh darahmu bewarna kebiruan, maka kamu memiliki undertone kulit yang dingin. Sementara jika pembuluh darahmu bewarna kehijauan, maka kamu memiliki undertone kulit yang hangat.


Lalu bagaimana jika pembuluh darahmu tidak bisa terlihat? Hal ini berarti kamu memiliki undertone kulit yang netral.

2. Mempertimbangkan Warna Rambut dan Mata


Faktor lain untuk menentukan undertone kulit adalah dengan melihat warna rambut asli dan mata yang kamu miliki. Jika kamu memiliki warna rambut dan mata yang cenderung gelap, maka kamu memiliki undertone kulit hangat. Sebaliknya, jika kamu lahir dengan warna rambut dan mata yang cenderung terang, maka kamu memiliki undertone kulit dingin.

3. Reaksi Kulit Terhadap Sinar Matahari


(Reaksi kulit terhadap sinar matahari. Foto: Dok. Oleksandr Pidvalnyi/Pexels)

Kamu juga bisa mengetahui undertone dengan melihat reaksi kulitmu terhadap paparan sinar matahari. Jika paparan sinar matahari lebih mudah membuatmu mengalami sunburn, maka kamu termasuk orang dengan undertone dingin. Sementara, jika kamu lebih rentan terhadap paparan sinar matahari yang kuat, maka kamu memiliki undertone hangat.

Cara lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan kertas putih. Ambil selembar kertas putih, lalu pegang di bawah dagu mengarah ke wajah dan bercerminlah di tempat terang dengan cahaya alami seperti paparan sinar matahari. Jika wajahmu menunjukkan warna pink, maka undertone yang tepat adalah dingin. Sedangkan jika kulitmu menunjukkan warna kekuningan, maka undertone-mu adalah hangat.

4. Mencoba Perhiasan


Meski jarang dipraktekkan, langkah ini juga bisa kamu coba untuk mengetahui undertone kulit. Perhiasan emas dan perak memiliki reaksi yang berbeda tergantung dengan warna kulit tertentu. Jika perhiasan emas terlihat lebih cocok pada kulitmu, berarti kamu memiliki undertone hangat. Namun jika hal tersebut kamu rasakan dengan perhiasan perak, berarti undertone-mu adalah dingin.


5. Konsultasi Dokter

Bagaimana jika cara-cara di atas tetap tidak menjawab pertanyaanmu? Seberapa keras kamu coba, kamu tetap tidak bisa menentukan undertone kulit yang tepat. Jangan khawatir, jika kamu tidak bisa menemukannya sendiri maka cara terakhir yang bisa kamu coba adalah melalui konsultasi dokter. Konsultasi bersama dokter tidak hanya memberimu jawaban untuk undertone yang tepat, tetapi juga jenis dan masalah kulit yang kamu miliki.


(Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Jerawat Kistik Agar Tetap Percaya Diri)


Jika kamu sudah dapat menentukan undertone kulit melalui salah satu cara di atas, kini waktunya kamu untuk menentukan warna foundation yang tepat!

(Mengetahui warna foundation dari undertone kulit. Foto: Dok. FentyBeauty)


1. Netral

Pada undertone netral, kamu cocok menggunakan foundation dengan warna sedikit pink atau kekuningan.

2. Hangat

Undertone hangat paling cocok menggunakan foundation yang memiliki warna sedikit kekuningan.

3. Dingin

Bagi kamu para pemilik undertone dingin, kamu cocock menggunakan foundation yang sedikit bewarna pink. Hindari foundation bewarna kuning agar kulitmu tidak terlihat abu-abu.

4. Olive (Zaitun)

Undertone ini termasuk yang cukup unik karena termasuk undertone hangat dengan sedikit campuran warna hijau. Jika kamu memiliki undertone ini, foundation dengan warna keemasan bisa jadi pilihanmu.


(Baca Juga: 7 Rekomendasi Pembersih Make-Up Untuk Kulit Berjerawat)


Itu adalah cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui undertone kulit dan warna foundation yang tepat. Gimana, apa kamu sudah coba?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)


Hair & beauty