Hair & beauty

5 Cara Ampuh Atasi Jerawat Kistik Agar Tetap Percaya Diri

By : Her World Indonesia - 2022-09-22 12:00:01 5 Cara Ampuh Atasi Jerawat Kistik Agar Tetap Percaya Diri

Jerawat memiliki banyak tipe, penyebabnya pun dapat beragam. Salah satu tipe jerawat yang sering dirasakan oleh anak muda hingga orang dewasa adalah cystic acne (jerawat kistik). Jerawat kistik adalah sejenis jerawat inflamasi yang memiliki nanah dan tertanam di lapisan kulit terdalam. Jerawat kistik identik dengan penampilannya yang bewarna kemerahan seperti ruam dan berukuran kecil seperti kacang polong. 


Jerawat umum terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat ke dalam pori-pori kulit. Pada jerawat kistik, bakteri juga masuk ke dalam pori-pori sehingga menyebabkan pembengkakan atau peradangan. Jerawat kistik disebut sebagai tipe jerawat yang paling parah dan bisa menyakitkan jika tidak ditangani. Selain wajah, jerawat kistik juga bisa muncul di berbagai area tubuh lho, seperti punggung, dada, leher, dan lengan.


Jerawat kistik termasuk tipe jerawat yang perlu pengobatan secepatnya. Apa saja sih cara ampuh untuk mengatasi jerawat kistik? Berikut Her World kupas di bawah ini.

1. Spot Treatment



(Penggunaan spot treatment untuk mengatasi jerawat kistik. Foto: Dok. energyy/iStock)


Spot treatment merupakan sejenis salep, krim, atau gel yang digunakan khusus pada area kulit bermasalah dan bisa bekerja dengan cepat dan tepat. Spot treatment untuk merawat jerawat kini mudah ditemukan di berbagai toko kecantikan. Namun, perlu diingat beberapa kandungan penting yang bisa membantu mengobati jerawat kistik, seperti:


Benzoyl peroxide, berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Retinoid, berfungsi untuk menghilangkan jerawat sekaligus komedo dan menyingkirkan sel kulit mati.

Azelaic acyd atau salicylic acid, berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menyingkirkan sel kulit mati berlebihan, dan membantu memperbaiki warna kulit tidak merata.


2. Antibiotik


Bakteri merupakan penyebab utama munculnya jerawat kistik. Berkat bakteri, jerawat bisa mengalami peradangan atau pembengkakan yang cukup parah. Bakteri dalam jerawat ini bisa dihilangkan dengan mengonsumsi antibiotik, baik dalam bentuk pil minum atau krim. Perlu diingat, penggunaan antibiotik untuk jerawat hanya boleh dilakukan dalam jangka pendek.


(Baca Juga: Cara Mudah Florence Pugh Mengatasi Jerawat, Tertarik Coba?)


3. Terapi Hormon


Cara ampuh lain untuk mengatasi jerawat kistik adalah melalui terapi hormon. Terapi hormon bisa dilakukan melalui konsumsi obat seperti sprinolakton untuk mengurangi peradangan jerawat. Selain jerawat, jenis obat ini juga ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebihan. Meski efektif, obat ini perlu digunakan hati-hati sesuai dengan takaran yang telah diberikan.


4. Isotretinoin


(Konsumsi obat untuk mengatasi jerawat kistik. Foto: Dok. JESHOOTS.com/Pexels)


(Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Ampuh Menebalkan Alis dan Bulu Mata)


Obat lain yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi jerawat kistik adalah isotretinoin. Isotretinoin sudah lama dikenal sebagai obat yang ampuh untuk mengobati jerawat parah. Obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah kanker kulit tertentu. Digolongkan sebagai obat keras, dosis penggunaan isotretinoin perlu diperhatikan dengan teliti.


5. Perawatan Dokter


Apabila jerawat kistik tak kunjung hilang, mungkin kamu perlu mempertimbangkan sesi perawatan dengan dokter spesialis kulit, terutama dokter yang khusus merawat jerawat kistik. Perawatan dokter membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan sampai jerawat hilang sepenuhnya. Meski perawatannya cukup lama, dokter bisa membantu mengobati jerawat kistik sampai tuntas hingga menyembuhkan bekas jerawat.


Jerawat kistik membutuhkan cara pengobatan yang tidak bisa sembarangan. Terutama, kamu perlu mengurangi kebiasaan buruk menyentuh jerawat kistik dengan tangan kotor atau dipencet secara paksa. Coba cara-cara di atas untuk mengatasi jerawat kistik yang lebih ampuh!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)



Hair & beauty