Life & health

Nusantics "Biome Beauty", Pionir Ramah Microbiome Indonesia

By : Her World Indonesia - 2022-09-28 18:00:01 Nusantics

Nusantics baru saja merilis inovasi terbarunya yaitu Biome Beauty yang diklaim sebagai skincare brandMicrobiome Friendly’ pertama di Indonesia. Dikenal sebagai perusahaan bioteknologi berbasis teknologi genomics, tidak mengejutkan bahwa ciptaan terbaru Nusantics menggabungkan konsep teknologi mutakhir miliknya dengan bahan-bahan alami untuk menciptakan produk skincare yang dijamin dapat melindungi serta meningkatkan kesehatan kulit.


Selain ‘Microbiome Friendly’, produk skincare Biome Beauty dari Nusantics juga telah diformulasikan dan diuji secara klinis sekaligus mempromosikan clean beauty, yang tidak hanya baik bagi kulit tetapi juga menjaga lingkungan.


Microbiome sendiri merupakan sejenis virus, jamur, bakteri, atau archaea yang ada di tubuh seluruh manusia dan seringkali dianggap sebagai sumber penyakit. Nyatanya, melalui penelitian Nusantics ditemukan bahwa keberagaman dan keseimbangan microbiome dalam tubuh manusia justru berperan penting dalam meningkatkan imunitas.


Nusantics juga menemukan fakta bahwa microbiome ini sangat penting bagi kesehatan bayi, terutama pada kandungan asi yang dihasilkan oleh ibu menyusui. “Bayi saja membutuhkan microbiome agar tetap sehat, kenapa tidak kulit wajah?” ungkap Sharlini Eriza Putri, Co-Founder dan CEO Nusantics.


(Pembicara dalam perilisan Biome Beauty by Nusantics. Foto: Dok. Nusantics)

Selain itu, motivasi Nusantics untuk menciptakan Biome Beauty didorong dengan fakta bahwa microbiome dalam kulit memiliki peran penting dalam menjaga skin barrier agar tetap sehat. “Microbiome kulit yang seimbang akan memperkuat skin barrier hingga mampu melindungi kulit dan membantu menjaga kulit terhadap virus dan bakteri berbahaya.


Apabila microbiome kulit tidak seimbang, maka hal ini juga bisa merusak skin barrier dan membuatnya lebih rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat, beruntusan, warna kulit tidak merata, kusam, dan lain sebagainya. Hal ini yang menjadi penting bagi kami untuk mempromosikan skincare ramah microbiome agar bisa menjaga kondisi kulit yang sehat,” tutur Dokter Spesialis Kulit, dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK.


(Rangkaian produk skincare Biome Beauty by Nusantics. Foto: Dok. Nusantics)

(Baca Juga: Strategi Nu Skin "Empower Me" untuk Kesehatan Luar Dalam)

Biome Beauty juga hadir akibat keresahan Nusantics terhadap sifat konsumerisme orang Indonesia yang membeli produk skincare yang tidak tepat pada masalah kulit masing-masing, melainkan hanya mengikuti tren semata. Pemakaian produk skincare yang kurang tepat ini akhirnya dapat merusak skin barrier bahkan menumbuhkan lebih banyak masalah kulit seperti jamur, infeksi, hingga peradangan.

Mengenai hal ini, Ilma Nakya, selaku Brand Manager Nusantics mengatakan, “Nusantics Biome Beauty hadir sebagai solusi untuk masalah kulit kebanyakan orang Indonesia yang didominasi bakteri atau jamur melalui keseimbangan microbiome. Kami, Nusantics percaya bahwa keberagaman dan keseimbangan microbiome-lah yang akan menghasilkan kulit sehat.”


(Hero product Biome Beauty by Nusantics. Foto: Dok. Nusantics)

Seluruh produk Biome Beauty telah teruji secara in vivo, atau produknya telah melewati proses pengujian dengan parameter microbiome langsung di kulit manusia yang merupakan gold standard uji klinis. Biome Beauty menawarkan dua kategori produk skincare, yaitu Biome Treatment Essence dan Biome Essence Spray.


Biome Treatment Essence tersedia atas dua varian yang disebut juga sebagai Hero Product, yaitu Gotu Kola dan Galactomyces yang masing-masing cocok digunakan untuk kondisi kulit sensitif, break out, kemerahan, hingga jerawat kecil dan besar.

(Baca Juga: Cara Mudah Florence Pugh Mengatasi Jerawat, Tertarik Coba?)

Sedangkan Biome Essence Spray memiliki empat varian berbeda yaitu Chamomile, Tea Tree, Lavender, dan Witch Hazel. Keempatnya memiliki target masalah kulit yang berbeda, seperti Chamomile untuk menenangkan kulit, Tea Tree untuk kulit berjerawat, Lavender untuk kulit kusam, serta Witch Hazel untuk sebum control. Meski begitu, Biome Essence Spray tetap cocok digunakan untuk seluruh jenis kulit dan bisa diaplikasikan kapan saja.

Microbiome merupakan hal penting yang harus kita jaga untuk kesehatan kulit kita. Bagaimana, sudah tertarik mencoba produk ‘Microbiome Friendly’ dari Biome Beauty by Nusantics?


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Life & health