Sex & relationship

Ini 4 Cara Mudah Menyembuhkan Hati Yang Diselingkuhi

By : Vanessa Masli - 2022-09-28 09:00:01 Ini 4 Cara Mudah Menyembuhkan Hati Yang Diselingkuhi

Saat kamu mengakhiri sebuah hubungan, apalagi karena diselingkuhi, tentu butuh waktu untuk kembali menjalani hari dengan hati yang lebih tenang. Mulai dari membiasakan diri untuk melanjutkan hidup tanpa kehadirannya, memaafkan kesalahannya, hingga menghindari kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri saat kamu diselingkuhi.


Namun, hati yang terluka tetap bisa kamu sembuhkan dan Her World sudah merangkum beberapa cara untuk menyembuhkan hati yang diselingkuhi untuk dicoba.


1. Kenali perasaanmu


Kamu enggak perlu terlihat kuat setelah putus, apalagi ketika hatimu masih dekat dengan perasaan sakit hati setelah hubungan yang berakhir. Mungkin cara untuk bisa menyembuhkan hatimu adalah dengan mengenali perasaan di dalamnya. Coba refleksikan rasa sakit, kecewa, hingga sedih yang kamu rasakan. Mengenali dan mengakui keberadaan perasaan-perasaan tersebut menjadi langkah awal untuk kembali menata hati.


2. Hindari bertanya seputar perselingkuhan itu


Mungkin kamu ingin tahu alasannya, mungkin kamu merasa perlu tahu motifnya. Namun, hatimu akan jauh dari kata sembuh ketika kamu berusaha temukan jawaban-jawaban itu. Sebab, mendengarkan detail perselingkuhan ini bisa menimbulkan luka lebih dalam dan membuatmu sulit untuk melepaskan dia.



(Kenali perasaanmu tanpa banyak bertanya tentang perselingkuhannya. Foto: Dok. Rachel Claire/Pexels)


(Baca Juga: Bisa Jadi Korban Selingkuh, Ini 4 Zodiak Yang Paling Naif)


3. Pusatkan perhatian pada dirimu


Gunakan waktu ini untuk memberi perhatian ekstra pada dirimu. Mungkin ini bisa jadi cara untuk menyembuhkan hatimu yang diselingkuhi, dengan fokus pada diri sendiri. Entah mulai dari berusaha mengenali perasaan diri, mencoba hobi-hobi yang sempat ditinggalkan, atau berbagai hal yang bisa sejenak membuatmu lupa akan rasa sakit itu dan pelan-pelan bantumu untuk lebih bisa menjalani hari.


4. Ungkapkan perasaanmu


Entah ke keluarga atau sahabat terdekat, kamu perlu dukungan untuk bisa kembali menata hati. Namun dukungan tersebut belum tentu bisa kamu dapatkan sepenuhnya, kalau kamu enggak mengungkapkan apa yang dirasakan lebih dulu. Jadi, keluarga maupun sahabat yang berusaha membantumu pun, setidaknya, bisa memahami perasaanmu dan menemukan cara membantu yang lebih mudah untukmu.


(Baca Juga: 5 Kepribadian Wanita yang Suka Menangis, Kamu Salah Satunya?)


Itu dia beberapa cara untuk menyembuhkan hati yang diselingkuhi. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship