Life & health

Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan

By : Her World Indonesia - 2022-09-15 18:10:01 Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan

Air es atau air dingin memang menjadi andalan setiap orang dikala musim panas melanda. Banyak orang sudah terbiasa untuk mengkonsumsi air dingin karena efeknya yang menyegarkan apabila dibandingkan dengan air biasa. Walau air dingin menjadi favorit banyak kalangan, terdapat juga beberapa orang yang sengaja menghindari air dingin karena dianggap dapat menimbulkan penyakit tertentu. Nyatanya, air dingin juga memiliki khasiatnya tersendiri yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh manusia.


Cara pembuatan air dingin sangat sederhana, cukup tambahkan es batu dalam segelas air atau taruh air dalam kulkas untuk beberapa menit. Walau terkesan simpel, air dingin memiliki manfaat tersendiri yang enggak bisa didapatkan dari air biasa, loh. Apa saja manfaatnya? Simak terus, ya.


1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Banyak orang mengira kebiasaan minum air dingin dapat menambah berat badan dengan memperlambat metabolisme tubuh. Kebalikannya, justru konsumsi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat metabolisme tubuh. Menurut penelitian, meminum enam gelas air dingin sehari dapat mengurangi kalori tubuh yang setara dengan berjalan kaki selama 15 menit.


(Baca Juga: Berencana Mengecilkan Paha? 6 Makanan Ini Bisa Membantu)


2. Menghidrasi Tubuh

Air memang memiliki fungsi utama untuk menghidrasi tubuh. Terutama setelah aktivitas di cuaca yang panas atau olahraga berat, air dingin cocok untuk dikonsumsi karena memiliki efek menyegarkan. Selain itu, penelitian juga mengatakan bahwa tubuh manusia dapat menyerap air bersuhu dingin lebih cepat daripada air biasa, yang pada akhirnya membantu megurangi efek samping dari dehidrasi. Saat menghidrasi tubuh dengan air dingin, hal ini juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit terutama untuk wajah agar bisa terlihat lebih sehat, halus, dan tidak kering.

3. Bentuk Detox


(Konsumsi air dingin untuk detox. Foto: Dok. Doucefleur/iStock)


Selain menghidrasi tubuh, saat dikonsumi air dingin juga bekerja sebagai pengusir racun dari dalam tubuh. Minum lebih banyak air dingin dianjurkan sebagai bentuk detox yang dapat mencegah penumpukan racun pada sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Terhindar dari Penyakit


Soal kesehatan, air dingin tentunya memiliki banyak manfaat terutama dalam menghindarkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit batu ginjal yang bila diabaikan bisa berakibat fatal pada tubuh manusia. Penyakit batu ginjal bisa disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya adalah kebiasaan kurang minum air. Penyakit batu ginjal dapat dihindari dengan memperbanyak konsumsi air putih, dan tentunya air dingin bisa membantu apabila rasa yang lebih segar. Melalui konsumsi air dingin, cairan yang masuk dalam tubuh dapat membantu kinerja ginjal yang sehat dan teratur.


(Baca Juga: Cocok Untuk Diet, Simak Manfaat Lainnya Labu Kuning)


5. Meningkatkan Konsentrasi


Air dingin yang masuk ke dalam tubuh turut mengaktifkan sensor di bawah kulit manusia, yang kemudian dapat meningkatkan detak jantung dan adrenalin. Adrenalin ini penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam meningkatkan konsentrasi. Sama dengan kafein dalam kopi yang dapat meningkatkan konsentrasi, dengan meminum air dingin manusia bisa lebih produktif untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari.


Itu dia manfaat dari mengkonsumsi air dingin. Jangan lupa konsumsi air dingin untuk merasakan khasiatnya, ya!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Life & health