Sex & relationship

Perlu Tahu, Ini 6 Alasan Orang Selingkuh Dari Pasangannya

By : Her World Indonesia - 2022-09-21 21:00:01 Perlu Tahu, Ini 6 Alasan Orang Selingkuh Dari Pasangannya

Akhir-akhir ini, sedang banyak isu perselingkuhan yang ramai diperbincangkan di media sosial. Perselingkuhan sendiri merupkan masalah fatal yang bisa dialami oleh tiap pasangan hingga membuat perbuatannya susah untuk dimaafkan. Selain menghasilkan trauma, pasangan berselingkuh juga dapat menimbulkan trust issues dan perasaan tidak aman yang susah untuk dihilangkan. Belum lagi jika pasangan sengaja berbohong untuk menyembunyikan perselingkuhan yang ia lakukan. Selingkuh juga menjadi bukti bahwa seseorang telah mengingkar janji dan komitmen yang sebelumnya telah dibuat bersama saat pertama kali menjalin hubungan. 


Sebenarnya ada banyak alasan orang selingkuh tentunya tidak bisa diterima, karena perbuatan ini berarti seseorang tak lagi menghargai perasaan pasangannya sendiri. Meski begitu, terdapat beberapa alasan yang sering digunakan oleh orang berselingkuh selama ini. Apa saja alasannya? Simak terus, ya.


1. Balas Dendam


Alasan terbanyak orang selingkuh adalah sebagai bentuk balas dendam untuk sang pasangan yang sebelumnya juga pernah berselingkuh. Meski selingkuh atas balas dendam justru memperburuk keadaan, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang merasa hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk closure, atau dalam kata lain an eye for an eye.


2. Isu dalam Berkomitmen


(Isu berkomitmen menjadi alasan orang selingkuh. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


(Baca Juga: Hindari 5 Tipe Wanita Ini yang Mudah Selingkuh dari Pasangan)


Baik wanita atau pria, jika mereka tidak menganggap serius suatu hubungan maka mereka akan cenderung untuk bermain dengan yang lain. Hal ini dapat terjadi karena mereka memiliki isu dalam berkomitmen atau susah untuk diikat dalam satu hubungan saja. Melainkan, mereka lebih senang untuk menerima perhatian dari banyak pihak yang akhirnya dapat memicu perselingkuhan.


3. Tak Lagi Jatuh Cinta

Jika kamu mulai bosan dengan pasangan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memulai diskusi atau saling berkomunikasi untuk menemukan solusi terbaik. Sayangnya, dalam hal ini tidak semua orang ingin berkomunikasi bersama pasangan, melainkan memiliki jalan mudah dengan beralih pada hati yang lain. Jika tak lagi cinta jadi alasan orang selingkuh, ini sama sekali tak bisa dimaafkan.


4. Hubungan Jarak Jauh

Banyak pasangan harus melewati masa hubungan jarak jauh karena alasan pendidikan atau pekerjaan. Pada masa inilah kesetiaan seseorang akan diuji. Sayangnya, terdapat beberapa orang yang masuk dalam jebakan ‘genit’ sementara untuk mengisi kekosongan sosok pasangan yang kini berjarak jauh dengannya.


5. Ingin Hal Baru


(Ingin hal baru menjadi alasan orang untuk selingkuh. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


(Baca Juga: Selain Toxic, Ini 4 Alasan Kamu Harus Putus dengan Pasangan)


Tiap orang pastinya ingin merasakan hal baru yang menyenangkan. Apabila dalam hubungan tak ada lagi kegiatan menyenangkan yang ditunggu-tunggu, hal ini bisa memicu pasangan menjadi bosan dan ingin mencari kesenangan di tempat lain. Selain itu, pihak berselingkuh juga akan terus mencari orang lain yang mau untuk diajak melakukan hal-hal baru, yang mana pengalaman ini sebelumnya tidak ia dapatkan dari pasangannya sendiri.


6. Perasaan Insecure

Perasaan insecure dalam hubungan bisa didorong oleh banyak hal, tapi kebanyakan berasal dari perbedaan status atau kehidupan status antar pasangan. Apabila salah satu pasangan merasa insecure akan hal ini, ia akan cenderung beralih untuk mencari orang baru dengan kondisi dan situasi yang sama dengannya.


Berikut adalah beberapa alasan orang selingkuh dari pasangannya. Apabila pasangan meninggalkanmu karena salah satu alasan di atas, ingat bahwa they’re not worth your tears and time!


(Penulis: Natasha Fitranda Putri)

Sex & relationship